5 Tips Hidup Sehat

Saturday, December 01, 2018
Puji syukur alhamdulillah aku bukan tipe orang yang gampang sakit. Paling banter pilek dan batuk. Meskipun demikian, aku tiap hari ke rumah sakit. Iya lah, kerja disana.

Akan tetapi, bulan Mei lalu aku didiagnosa kena penyakit maag. Walah, padahal sebelumnya tak pernah ada riwayat sakit maag. Mungkin penyebab utamanya karena aku suka minum kopi saat perut kosong yang mengakibatkan keasaman lambung meningkat. Tapi alhamdulillah obat belum sampai habis, aku sudah sembuh dan maag nya tidak kambuh.

Sehat itu menjadi sesuatu yang sangat berharga ya saat kita merasakan sakit. Untuk itu sebisa mungkin jaga kesehatan. Nah ini dia tips sehat dari ku.

1. Perbanyak Minum Air Putih
Minuman berwarna dan berasa pasti jauh lebih enak ya, tapi tentu tak lebih sehat dibanding air putih biasa. Padahal air putih terbukti banyak manfaatnya lho. Air putih bisa mencegah dehidrasi sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan.

2. Makan Sehat dan Teratur
Makan sehat kurang efektif jika tidak dilakukan secara teratur. Jangan sering telat makan karena justru akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan. Telat makan bisa membuat kita gampang lelah karena pasokan level glukosa menjadi rendah.
 
3. Istirahat yang Cukup
Jangan biasakan tubuh untuk begadang, entah itu untuk kejar deadline atau maraton drama/film yang ditonton. Kurangnya kita dalam mengistirahatkan tubuh akan berpengaruh sekali pada sistem imun kita karena sistem kekebalan tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri saat kita tidur. Lha kalau kita tidak tidur? Ya siap-siap kekebalan tubuh kita menurun. Akibatnya, kita gampang sakit.

4. Perhatikan Alarm Tubuh
Ketika kita sudah merasa ada yang 'aneh' dengan tubuh kita, artinya tubuh sudah memberikan alarm untuk kita perhatikan. Misalnya tanda-tanda pilek sudah ku rasakan, maka yang perlu ku lakukan; perbanyak makan, tidak memforsir diri (istirahat), dan juga minum vitamin C. 

5. Jangan Lupa Bahagia
Ini nih yang terpenting, BA-HA-GIA. Hindari stres nggak penting, jangan terlalu dibawa perasaan, apalagi sampai dipikirkan yang banget-banget. Demi bahagia, boleh banget melanggar semua tips diatas, misal minum kopi, makan junk food, begadang nonton film. Tapi inget, semua ada batasnya, apalagi kalau tubuh sudah memberikan alarm. Hentikan semua kebiasaan tidak sehat, tapi tetap harus bahagia.

Tidak merokok dan minum alkohol nggak masuk dalam tips karena itu udah jelas-jelas banget nggak sehat ya. Apalagi pakai narkoba, beuuuh.

Sayangi tubuhmu gaes, kalau bukan kamu, siapa lagi?

#Day 12

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.