Day 11 : Barang yang Dikoleksi di Rumah

Friday, November 30, 2018
Aku tak punya hobi mengoleksi sesuatu. Tapi aku punya kebiasaan mengumpulkan barang dan mari kita sebut saja barang tersebut sebagai koleksi.

Apa saja benda-benda yang aku kumpulkan?


1. Kartu Identitas
Pasti kita semua punya kartu identitas. Yang jadi pertanyaan, kalau sudah habis masa berlakunya, apakah masih disimpan? Aku sih iya. Aku kumpulkan di satu tempat dan tanpa ku sadari 'loh udah banyak aja'. Ada kartu pelajar, kartu anggota pramuka, SMP dan SMA masih ada semua loh, kartu mahasiswa. Nametag saat mengikuti lomba pun masih ada.

Kadang kalau lagi bongkar-bongkar dan nemu "harta karun" itu, bisa sejenak bernostalgia mengenang kisah lama. Apalagi kalau melihat foto yang tertempel, seketika langsung menertawakan diri sendiri.

2. Koin
Sebenarnya nggak ada niatan khusus sih ngumpulin koin alias uang recehan. Dari kecil, aku dibiasakan untuk menabung. Tabungannya ya pake celengan gitu, diisi uang receh karena kalau uang kertas takut jamuran.

Pas pecah celengan, uang dikelompokkan sesuai nilai rupiahnya, selanjutnya ditukarkan ke ibuku jadi uang lembaran. Nah, biasanya kan masih ada sisa-sisa recehan yang gak punya temennya tuh, misal uang 50, 100, itu aku simpan. Aku semakin semangat waktu pemerintah mengeluarkan uang baru. Mikirnya 'uang lama nggak bakal diproduksi lagi nih', makanya uang koin yang berbeda, aku kumpulin. Nggak ada maksud dan tujuan tertentu sih, jatuhnya seneng aja 'wih masih punya uang lama. Dulu duit 50 ini bisa dapet 2 permen nih'.

3. Tiket dan struk belanja
Sebenarnya nggak ada faedahnya sama sekali sih ngumpulin beginian. Tapi selalu nggak tega buat buangnya. Misalnya lagi jalan-jalan keluar kota, biasanya aku yang jadi bendaharanya. Tiket transportasi, tiket masuk wisata, bon belanja, semuanya terkumpul di aku. Begitu selesai jalan-jalannya, tiket dan struk tersebut tak langsung ku buang. Ada cerita di balik kertas-kertas itu, tak tega buangnya T.T Akan tetapi semakin banyak kertas menumpuk, bingung juga mau diapakan. Akhirnya berujung juga di tempat sampah, tapi sebelumnya di foto dulu biar tetap ada kenang-kenangannya.

Itu dia barang-barang yang biasa aku kumpulkan. Kalau kamu, suka koleksi apa?

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.