Day1 : Kenapa Menulis Blog

Tuesday, November 20, 2018
Pada dasarnya aku suka menulis, mungkin lebih tepatnya curhat dalam bentuk tulisan. Dulu suka menulis tangan di buku harian. Begitu kenal komputer, menulisnya pindah ke Microsoft Word. Selanjutnya kenal internet, masih menulis di Microsoft Word. HAHA. Waktu itu internet bagiku masih sebatas tempat bermain facebook dan mengunduh file MP3.

Pada tahun 2010, saat kuliah, disanalah aku mengenal blog untuk pertama kalinya. Serasa menemukan wadah yang pas untuk menulis, meskipun masih bingung bagaimana memfungsikan blog. Akhirnya hanya copy-paste tulisan lama berupa cerpen. Seiring berjalannya waktu, blogku berubah menjadi online diary.
Menulis Blog
Btw, aku punya lima blog. Tiga diantaranya berisi tugas dan materi kuliah, satu murni untuk curhat tak jelas, dan satu lagi blog ini; blog untuk tulisan yang agak serius. Ketebaklah ya blog mana yang paling sering diisi, langsung lihat blog lama yang isinya curhatan semua, subhanallah, bisa bikin geleng-geleng kepala, kenapa dulu nulisnya sepolos itu. *sekarang juga masih polos*

Sampai akhirnya aku merasa lelah mengurus banyak blog. Apalagi di tahun 2013 yang lagi rame-ramenya ada lomba blog, giveaway, dan semacamnya, aku ingin dikenal di satu blog saja. Jadilah aku membesarkan blog ini, Wamubutabi.

Tahun demi tahun, blog mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari yang awalnya hanya untuk berbagi cerita, hingga kini, bisa menghasilkan pundi-pundi uang, menambah pos pemasukan. Ya siapa sih yang nggak mau uang tambahan, lumayan kan bisa buat jajan atau jalan-jalan. Aku pun berniat fokus menulis blog untuk mencari penghasilan tambahan, tapi kok jadi nggak enjoy. Apalagi nulisnya masih tergantung mood. 

Bagiku, bisa membaca perjalanan hidupku lewat blog ini, rasanya sudah cukup, karena itulah alasan sebenarnya kenapa aku menulis blog. Mengabadikan setiap momen yang terjadi dalam hidupku, baik senang maupun sedih, dan suatu hari nanti membacanya kembali, bisa memberikan kekuatan tersendiri bahwasanya 'Hei... kamu pernah melewati masa itu, kali ini kamu pasti bisa berjuang!'

Aku menyadari dari sekian banyak tulisan yang ada di blog ini, hanya sedikit sekali yang memberi manfaat bagi orang lain. Tak banyak tulisan yang penuh dengan informasi, motivasi, dan menginspirasi. Tapi setidaknya blog ini sudah berhasil menjadi tempat untukku berkeluh kesah, media untuk stress release. Karena percayalah, setelah menulis itu rasanya PLONG!
Tak mengapa jika sampai saat ini blog belum menghasilkan uang, tak mengapa jika belum banyak orang yang terbantu dengan blog kita, yang penting tetaplah menulis!

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.