Sebelum dan Sesudah Menikah, Baca 10 Blog Ini!

Wednesday, December 05, 2018
Dari sekian banyak blog yang bertebaran di jagad dunia maya ini, kok aku bingung ya menentukan 10 blog favorit. Pasalnya aku tak rajin blogwalking. Ampun! Kalaupun berkunjung ke blog orang, pasti jadi silent reader, tak meninggalkan jejak sedikitpun. Jika cara penyampaiannya enak, ceritanya menarik, aku bisa baca semua blogpostnya. Nggak tanggung-tanggung, bisa follow tanpa berharap di follback. Tapi kalau gaya bahasanya ga sreg di hati, paling hanya bertahan di satu postingan dan bye!

Dan soal blogwalking ini, aku orangnya terlalu pilih-pilih. Maunya main ke blog yang temanya ku sukai. Apalagi yang isinya murni curhatan, aku pasti semangat membacanya, dengan catatan; penulisannya enak ku terima. Karena kadang, meski blog isinya curhatan semua, aku kurang nyaman membacanya. Bukan berarti blog dan tulisannya gak bagus, tapi menurutku, ini cocok-cocokan aja sih. Seperti misalnya, aku suka baca novel Tere Liye, nyatanya ada juga orang yang gak suka bacanya. Ya, semacam itulah.



Tahun 2018, tahun dimana aku menikah, aku memperbanyak blogwalking ke blog yang membahas relationship dan pernikahan. Bukan hanya membahas persiapan menikah saja, tapi bagaimana mereka menemukan pasangannya. Ada yang baru kenal berapa bulan, tapi berani lanjut ke jenjang pernikahan.

Dari blogwalking, aku juga jadi tahu cara pandang seseorang terhadap pernikahan. Bahwasanya menikah itu bukan hanya sekedar melepas status jomblo/single. ((dan benar terasa setelah aku menikah)).

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menikah, termasuk beberapa pertanyaan yang perlu ditanyakan ke calon pasangan. Tujuannya buat apa? Biar nggak kaget-kaget banget setelah menikah. Calon suami bilang gajinya 10 juta/bulan, setelah menikah baru ketahuan kalau punya tunggakan kartu kredit yang nggak habis-habis.

Penting juga untuk melakukan tes kesehatan sebelum menikah. Gunanya untuk mengetahui apakah punya penyakit yang bisa ditularkan ke calon anak kelak. Jika terdeteksi, segera ditanggulangi sebelum menikah, imunisasi kalau perlu, agar kelak setelah menikah, bisa mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Setelah menikah, banyak cerita juga tentang kehamilan. Ada yang dikasih cepat, ada yang lama. Ada pula yang harus melewati masa-masa keguguran terlebih dahulu. Begitu hamil, melahirkan, ada cerita lain dalam membesarkan anak. Yang ASI nya seret, anaknya kolik, dan sebagainya.

Semua cerita itu ku dapatkan dari blogwalking, diantaranya ke blog-blog berikut;
  1. Duduk Paling Depan
  2. Annisast
  3. Windiland
  4. Diari Mami Ubii
  5. Kisah Kasih Bunda
  6. Reisha.Net  
  7. Anggraeni Septi
  8. Cahaya Theprinces 
  9. Gembul Kecil Penuh Debu 
  10. Diyanika Journal
Aku merasa relate dengan apa yang ditulis di blog itu. Di usia pernikahanku yang hampir menginjak lima bulan, cerita-cerita mereka membuka luas pemikiranku. Setiap orang punya jalan cerita masing-masing, tapi kita bisa belajar satu sama lain.

Yang mau nikah atau baru aja nikah, silahkan baca-baca blog diatas :)

# Day 16

1 comment:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.