5 Situs yang Sering Dikunjungi Saat Menulis

Tuesday, December 18, 2018
Setiap pagi, begitu sampai kantor, komputer sudah menyala, hal pertama yang ku lakukan adalah buka browser Mozilla. Selanjutnya, wajib buka dua link yang harus standby setiap saat;

1) SIMRS
Aplikasi rumah sakit berbasis web yang hanya bisa diakses internal. Aku yang dulu menjadi bagian dari pengembangan aplikasi ini, kini cukup memantau apakah ada masalah (error) atau tidak.

2) WhatsApp Web
Aplikasi WhatsApp (WA) bisa dinikmati di layar komputer sehingga memudahkan untuk mengecek pesan WA. Selain telepon, para pengguna SIMRS melaporkan error via pesan WA, jadi mesti dicek setiap saat.

Di tengah-tengah kesibukan kerja, aku masih punya waktu luang untuk mengecek beberapa situs yang lain lewat Mozilla, apalagi sejak ikut #BPN30dayChallenge2018 yang 'memaksa' untuk menulis setiap hari, ku jadi rutin membuka situs-situs berikut:

1. Blogger Perempuan
Setiap hari selalu membuka https://bloggerperempuan.co.id/ meski hanya untuk mengecek tema tulisan, kira-kira tema mana saja yang terlewat atau tema mana yang bisa ditulis lebih dulu. Jujur, ikut tantangan menulis seperti ini sungguh ngos-ngos-an. Harus merangkai sebanyak 300 kata menjadi beban tersendiri, padahal mah kalau udah nulis, bisa lebih-lebih.

Selain cek tema, tentu lihat-lihat juga tulisan yang sudah disubmit teman-teman yang lain, dan pastinya submit tulisan sendiri dong!

2. Dashbord Blogger
Meski belum kepikiran mau nulis apa, harus tetap buka https://www.blogger.com/, setidaknya nyicil buat draft tulisan atau edit draft-draft yang sudah ada. Sesekali lihat Statistik, Komentar, dan Daftar Bacaan.

Kalau sudah buka dashbord, rasanya kurang puas ya kalau belum Lihat blog punya sendiri, https://www.wamubutabi.com/ Rasanya seneng lihat jumlah postingan yang bertambah setiap harinya.

3. KBBI
Aku nggak saklek setiap kata yang ditulis harus sesuai KBBI, tapi untuk beberapa kata yang terdengar asing di telinga, aku pasti mengecek terlebih dahulu ke https://kbbi.web.id/ Kalau kata tersebut tidak ditemukan, ya ku tulis dengan cetak miring. Tak selalu demikian, apalagi ini tulisan blog yang tidak perlu harus sesuai EYD banget, tapi setidaknya jadi lebih belajar soal bahasa.

4. Google
Sebenarnya terlalu global sih ya kalau menyebutkan https://www.google.com/ sebagai situs yang sering dikunjungi karena biasanya sebelum menuju situs-situs yang dimaksud, pasti larinya ke Google terlebih dulu.

Sebagai mesin pencari, Google menyediakan apa saja yang dibutuhkan, termasuk materi pendukung untuk membuat tulisan. Meski hanya tulisan tentang kehidupan sehari-hari, biasanya masih tetap butuh referensi untuk mendukung tulisan.

5. Pixabay 
Akhir-akhir ini aku selalu mengusahakan agar setiap postingan di blog harus disisipi minimal satu gambar ilustrasi. Kalau kebetulan ada dokumen pribadi yang sesuai sih, tinggal pakai aja ya. Kalau nggak ada, ya cari di internet. Aku biasanya cari di https://pixabay.com/, situs penyedia gambar gratis. Nggak perlu takut bermasalah dengan copy right deh!

# Day 29

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.