Target Blogging Tahun 2019

Wednesday, December 19, 2018

Sebentar lagi 2018 akan meninggalkan kita semua. Saatnya membuat target-target baru untuk diwujudkan di tahun mendatang, 2019, termasuk urusan blogging. 

Puji syukur saat tulisan ini dipublish, genap sudah 100 blogpost yang ada di tahun ini, itupun terbantu dengan aku mengikuti #BPN30dayChallenge2018. Kalau tidak, paling mentok di angka 70an. Huhu.

Nah, agar tahun depan lebih semangat lagi ngeblognya, memang ada baiknya dibuatkan target. Ini dia target blogging ku di tahun 2019;

1. Jumlah Blogpost 100/tahun
Rasanya akan susah kalau menargetkan tulisan dalam satuan minggu, misal 3 tulisan/minggu. Sekalinya terlewat, akan gampang terlena. Berat, euy. Pernah menargetkan hal semacam itu, bahkan sudah merumuskan strategi untuk mencapainya. Sayangnya masih belum bisa konsisten.


2. Page View 1.000.000
Target ini bagai mimpi. Kenapa? Karena aku mencapai angka 700an itu setelah ngeblog selama waktu 8 tahun. Tapi aku melihat pergerakan angka itu, jadi mari optimis saja bahwa blog ini mampu mencapai angka itu. Nggak ada yang nggak mungkin kan?

3. Selalu Pakai Gambar Ilustrasi
Sejauh ini aku membiasakan diri untuk selalu menyisipkan gambar ilustrasi di setiap postingan. Apalagi setelah ganti template, jadi kelihatan kurang ciamik kalau dalam satu postingan tidak ada gambar.
contoh postingan tanpa gambar ilustrasi
Akan tetapi, biasanya aku asal comot aja gambar yang relevan di situs penyedia gambar gratis. Pengen banget bisa telaten edit-edit foto, ditambahi tulisan pendukung. Untuk gambar/foto dari dokumen pribadi, ditambahi watermark dan sebagainya. Sayangnya kok nggak telaten, selalu mikir 'bisa posting tulisan aja udah syukur'. Mindset seperti ini sih yang perlu diubah.

4. Aktif Share di Media Sosial
Salah satu alasan mengapa page view berjalan merangkak ya karena aku jarang membagi tulisan lewat media sosial. Selama ini aku hanya mengandalkan para pembaca yang terdampar dan tak sengaja menemukan blog ini. Aku kurang aktif menebar jaring yang bisa menarik orang untuk membaca blogku. Semoga di tahun 2019 besok, aku semakin konsisten menulis, sehingga bisa lebih aktif dalam membagikannya di media sosial, minimal 1 kali/minggu lah ya.

...

Itu dia target bloggingku di tahun 2019. Semoga bukan hanya jadi wacana yaa. Semangat!

# Day 30

2 comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.