5

Manfaat/Kegunaan Blog

Semakin sering kita blogwalking ke blog milik blogger lain, maka semakin banyak tahu bagaimana seorang blogger dalam memperlakukan blognya. Alasan para blogger menjalankan aktivitas ngeblog pun ada berbagai macam, seperti yang dipaparkan salah seorang member Warung Blogger;

Melihat alasan-alasan tersebut, maka terlihat bahwasanya blog memiliki banyak kegunaan, manfaat, dan fungsi. Manfaat tersebut tentu akan sangat terasa bagi si pemilik blog.

Kegunaan blog berbeda-beda, sesuai dengan alasan mengapa seseorang itu membuat blog. Jika seseorang hanya ikut-ikut-an membuat blog tanpa tahu alasannya, maka dia akan kesulitan mengetahui apa sih manfaat blog?

Jika menilik Wamubutabi, blog yang aku kelola, maka aku merasakan betapa manfaatnya aku memiliki blog. Dan inilah peran Wamubutabi dalam kehidupanku;

1. Tempat berkarya
Awal mula membuat blog di bulan Oktober 2010, aku masih belum tahu mengapa aku membuat blog. Namun, mengingat aku dulu suka menulis cerpen, maka postingan pertamaku pun ku isi dengan cerpen buatanku. Selanjutnya, aku pun memposting cerpenku yang lain, hingga muncullah label Cerpen. Sayangnya, karena sekarang ide untuk membuat cerpen seakan menguap, maka label Cerpen tersebut tak bertambah jumlahnya.

Penasaran dengan cerpen-cerpen buatanku? Monggo kalau mau baca-baca ^^

2. Menyimpan kenangan
Hal yang paling ku suka dari Wamubutabi adalah karena dia mampu menyimpan kenangan. Bukan berupa curhatan, namun cerita-cerita yang sekiranya aku akan senang ketika membacanya kembali. Wamubutabi memberikan label 31 untuk kenangan-kenangan indahku bersama teman-teman seperjuangan di Polman Astra, Jakarta. Kisah-kisah unforgetable bersama MI 2010 Female dan MI 2010 Male dalam hangatnya MI 2010 Family.

Mungkin nanti-nanti blog ini akan penuh terisi kenangan-kenangan tiga tahun menjalani hari-hari bersama Komponen 31 di Polman Astra.

Ada yang tak tahu Polman Astra? Bisa baca disini.

3. Mengungkapkan ekspresi
Blog bisa digunakan untuk mengungkapkan ekspresi? Bagaimana bisa?
Tentu saja bisa. Melalui kisah-kisah yang diceritakan di blog, para pembaca tentunya akan tahu apa yang sedang dirasakan penulis. Apakah si pemilik blog sedang senang, sedih, galau, atau semacamnya. Di blog ini aku memberi label D.I.A, K.A.M.U, C.I.N.T.A

Di label tersebut ada postingan yang mengungkap ekspresiku, aku yang sedang merindu, aku yang sedang sedih, aku yang sedang bahagia, dan aku yang hanya sekedar mengucapkan selamat ultah.

4. Berbagi informasi
Sama halnya dengan pemilik blog lainnya, tentunya ada harapan bahwa blog yang dikelola bisa memberikan informasi/ilmu/motivasi/sesuatu yang bermanfaat bagi para pembacanya. Di blog ini terdapat beberapa label yang sekiranya bisa memberikan informasi bagi pembaca, ada label Tips yang memberikan tips-tips. Ada pula label Tahukah Kamu? yang setidaknya jika dibaca, kita bisa mendapat sedikit informasi dari postingan yang ada.

5. Pengingat diri
Aku selalu terpesona oleh ayat-ayat-Nya. Oleh karena itu, aku membuat label Miracle Of Al-Quran yang berisi postingan-postingan yang minimal dalam satu postingan terdapat satu ayat yang begitu menginspirasi, yang selalu mengingatkan diri ini bahwa ada yang Maha Kuasa yang selalu mengamati sehingga aku bisa lebih mensyukuri kehidupan ini.

Postingan berjudul Janji-Janji-Nya mampu mengingatkan diri ini bahwasanya kehidupan hanya sementara, maka nikmatilah. Meski sedih, banyak masalah, tak boleh mengeluh, mengomel, dan sebagainya karena Alloh SWT telah memberikan janji-janji-Nya dan akan selalu menepatinya. 

6. Penyalur hobi
Aku suka menulis, maka cocok lah kalau blog digunakan sebagai penyalur hobi yang mampu menampung tulisan-tulisan kita.

Selain itu, semenjak aku mengenal anime, aku pun menjadi suka menonton anime dan dari anime-anime yang aku tonton, aku pun bisa menghasilkan tulisan yang bisa ku posting di blog ini, yakni di label Anime. Di label tersebut terdapat beberapa postingan yang berisi review dari anime yang aku tonton, namun ada pula yang berisi informasi/hal-hal apa saja yang ku dapatkan dari menonton anime, salah satunya di postingan Japan in Anime.

7. Mencari rejeki
Jika para blogger lain mengoptimalkan blognya dengan Google AdSense untuk menambah penghasilan, maka aku cukup mengikuti blog contest dan giveaway untuk mencari rejeki lewat blog. Pada label Contest dan Giveaway terdapat postingan-postingan yang aku ikut sertakan dalam blog contest maupun giveaway.

Salah satu postingan yang berhasil menjadi satu diantara tiga pemenang adalah PMDK MI 2010. Aku pun mendapatkan satu buah buku dan pulsa Rp 50.000 dari penyelenggara. Alhamdulillah, blog ini mampu menghantarkan rejeki bagi pemiliknya ^^

Itulah kegunaan/manfaat Wamubutabi (nama blog ini) dari kacamata Meo^^nk (pemilik blog ini). Bagaimana denganmu? Apa nama blog yang kamu kelola? Dan apa manfaat yang kamu rasakan dari blog yang kamu miliki? Ceritakan disini^^

5 comments:

  1. Ada juga manfaat ngeblog karena ingin memanfaatkan waktu luang dengan menulis/ terapi buat menyembuhkan luka *eeeh* dan berbagi hal yang bermanfaat meski hanya lewat tulisan.

    Ngeblog itu seruuuuuuuuuu, ibaratnya warna-warni deh :D

    ReplyDelete
  2. Macam-macam orang memiliki tujuan berbeda. Ada yang hanya digunakan untuk menyalurkan tulisan atau cerpen. Bahkan ada yang digunakan untuk menambah uang saku.

    Yang lebih spektakuler lagi adalah untuk dijual.

    ReplyDelete
  3. semua point saya banged itu..kecuali point terakhir. mudah2an point terakhir bisa secepatnya dapet :)

    ReplyDelete
  4. @Titis: Sipp, betul banget itu Mbak ^^

    @HP Yitno: dijual?? wah klo saya ngga tega tuh buat ngejual blog yang dikelola :D
    tapi kan setiap orang punya tujuan masing2 yak :D

    @Yulita: sipp. coba lagi mbak untuk poin yang terakhir, pasti nanti ketemu di pos rejekinya :D

    ReplyDelete
  5. Kalau aku lebih ke monetize mungkin, soalnya lewat blog ternyata lebih mudah dan menyenangkan :)
    di tunggu kunjungan baliknya ya

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top