Ngeblog VS Tugas Akhir

Monday, May 20, 2013
Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh.

Sedari pagi rasanya otak ini sudah panas, beruap, dan mungkin jika difilmkan maka di atas kepalaku muncul kepulan asap yang siap disiram air agar tak menimbulkan kebakaran hebat. Apapun itu, rasanya kepalaku sudah mau pecah. Sehari-hari berhadapan dengan script-script koding bahasa pemrograman PHP.

Yah, demi kelancaran Tugas Akhir (TA) ku, aku harus membuat sebuah aplikasi. Bisa dibayangkan hari-hariku kini. Begitu suram. Tiap hari mengeluhkan query yang tak berkesudahan, header location yang entah mengapa selalu mengeluarkan error yang sama “Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at C:\xampp\htdocs\ …”

Jenuh rasanya. Pernah suatu ketika gara-gara query yang belum terselesaikan, aku bermimpi menyelesaikan query. Tidur jadi tak nyenyak, selalu gelisah, dan selalu terbangun setelah beberapa menit terlelap. Itulah rasanya menjalani aktivitas sebagai mahasiswa tingkat akhir di jurusan Management Informatika.

Akan tetapi, aku punya hobi yang sedikit meringankan beban pikiranku, merefreshkan sejenak otak untuk tidak berhadapan dengan sintaks HTML dan PHP. Apakah itu? Ngeblog. Istilah yang tidak asing di dunia maya. Ngeblog menggambarkan kegiatan menulis yang hasil tulisannya di-publish untuk khalayak ramai di dunia maya. Dengan Ngeblog kita (aku) dapat menceritakan segala keluh kesah, termasuk segala kepuyengan-kepusingan-kejenuhan dalam mengerjakan TA.

Awal aku magang bulan Januari 2013. Mulai bulan itu aku mulai disibukkan dengan berbagai macam tugas, implementasi lah, kostumisasi lah, dan segala macam tugas lainnya. Dan mulai bulan Mei lalu aku mulai difokuskan untuk mengerjakan TA. Hei.. tapi lihatlah banyaknya postinganku tahun 2013 ini, mulai dari Januari hingga Mei, aku justru lebih aktif menulis postingan, ikut giveaway sana sini (meski selalu ngga menang :p). Yah, semua itu aku lakukan untuk menghilangkan stress nya menyelesaikan TA.

Bisa dibayangkan seandainya saya tidak ngeblog, mungkin kepala ini benar-benar mengeluarkan asap karena saking jenuhnya dengan keadaan ini. Bangun tidur ku buka laptop, di kantor buka laptop, pulang dari kantor buka laptop, begitu seterusnya.

Saat ini fokusku dalam ngeblog memang baru sekedar hobi untuk menghilangkan kejenuhan, maka aku masih belum terlalu aktif di komunitas-komunitas blog, masih belum bisa berteman dengan blogger yang lain, apalagi kopdar-an dengan teman-teman blog. 

Ingin rasanya punya teman-teman blogger yang di dunia nyata bisa bertemu, saling sharing dan  bercerita tanpa mengenal usia, asal, dan jenis pekerjaan. Hal yang luar biasa. Mungkin aku akan mulai mencari teman blogger setelah Tugas Akhir ku ini selesai. Karena TA ku ini benar-benar memaksa ku untuk selalu memperhatikannya dan tak memperbolehkan ku untuk berlama-lama blog walking. Akan tetapi, aku selalu cari-cari waktu untuk melakukannya. Tiap kali merasa bosan, aku buka Ms. Word, mengetikan satu per satu kata, merangkai menjadi kalimat, hingga terbentuklah paragraf. Selanjutnya, Ctrl+A dan Ctrl+C kemudian Ctrl+V di halaman untuk membuat sebuah postingan baru. Dan taraaaa… postingan baru telah muncul di blogku tersayang.

Baiklah, rasanya itu sekilas tentang aku dan kegiatan ngeblog. Aku harus segera kembali ke TA ku. Aku tak boleh lama-lama meninggalkannya. Apalagi deadline yang semakin mengancam. Akhir bulan Juni ini aku harus sudah menyelesaikan aplikasi dan dokumentasi membentuk satu buku tebal bertuliskan Tugas Akhir. Hwaaa… rasanya sudah tak sabar menanti masa-masa wisuda, tersenyum bahagia, mengenakan kebaya, ber-make-up tebal dengan tawa penuh bahagia. Namun, kini aku harus hadapi dulu tantangan terberatku, Tugas Akhir. Beruntungnya aku punya blog yang bisa menampung seluruh kejenuhanku. Seandainya saya tidak punya blog, mungkin selama ini aku sudah nangis guling-guling dan berteriak, “Ibuuuu… aku pengen pulaaaannggg… ngga mau ngerjain TA” 
T.T

2 comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.