6

PHP Sabahat .NET

Sesaat setelah membaca tulisan berjudul WELCOME PHP, I am not afraid of you!!! yang ditulis Oma, jiwaku merasa terpanggil untuk menulis sebuah tulisan serupa sekaligus menjawab pertanyaan yang disampaikannya. Mengapa ada orang yang berkata PHP lebih enak dari .NET? Karena aku termasuk golongan orang tersebut, maka aku akan mencoba menjawab mengapa aku tergila-gila dengan PHP.
Walaupun tak secanggih .NET, PHP juga memberikan fasilitas ctrl+spasi, hanya saja untuk perintah-perintah tertentu seperti mysql_query, mysql_fecth_array, dan lain-lain. Autopost back di .NET juga bisa diatasi dengan menambahkan javascript di PHP.
Yah, kedua hal tersebut cuma sebagai tanggapan dari apa yang dia tulis. Lalu, apa yang jadi alasan mengapa PHP itu lebih menyenangkan?
  1. Open source PHP itu banyak banget. Jadi, mau nambah fitur apapun bisa di search di google. Tinggal masukin keyword, "cara membuat forum dengan php", "cara membuat shopping cart dengan php", maka puluhan source code bisa diambil dengan mudah. Apalagi biasanya di sumber-sumber tersebut ada Demo nya. Jadi, lihat dulu demo aplikasinya, kalau cocok ambil source code nya, dan pasang di aplikasi kita. Mudah bukan?
  2. Lebih kreatif dan inovatif. Dengan menggunakan bahasa PHP, kita bisa dengan mudahnya mengganti tampilan aplikasi menjadi lebih menarik. Menarik bukan berarti alay. Kita tinggal pasang template css yang keren, ubah-ubah dikit css-nya dan tinggal masukin source code PHP nya. Dan bagi yang terlampau kreatif biasanya bikin template sendiri. Mantep pokoknya, ngga kaku.
  3. Source code PHP itu mudah dan sederhana. Kalau kita tahu konsep PHP itu seperti apa, maka kita tak perlu menghapal codingan. Kalau kita tidak tahu konsepnya gimana? Ya, tinggal searching aja.
  4. Main PHP itu areanya cuma di localhost\xampp\htdocs. Kalau pake .NET bisa mainan di aplikasinya, mainan di IIS. Kadang-kadang bisa main di aplikasi, tapi ngga bisa main di IIS. Bingung jadinya.
  5. Kalau di PHP error itu wajar, kurang titik koma lah, kurang tutup kurung lah, atau biasanya kesalahan-kesalahan kecil lainnya. Nah, aplikasi di jalankan dan muncullah error-error tersebut, maka kita tak akan terkejut karena pesan kesalahan hanya satu dua baris. Sedangkan error di .NET, jreeennngggg.. satu halaman memunculkan pesan kesalahan. 
Contoh pesan kesalahan pada .NET
Namun demikian, PHP tetap menjaga persahabatan dengan .NET. Ada hal-hal dimana PHP memiliki keunggulan lebih dan ada saatnya .NET menunjukkan dirinya yang luar biasa. Laporan menggunakan Crystal Report yang dimiliki .NET nyatanya lebih keren dibandingkan laporan PDF yang dihasilkan PHP dan kemudahan menggunakan javascript di PHP menjadikan PHP terlihat lebih cantik dibandingkan .NET. 
Segala sesuatunya memiliki kelebihan dan kekurangan, dan apapun itu PERSAHABATAN tetaplah nomor SATU #nggaNyambung

6 comments:

  1. kurang setuju, bagusan C++...:D

    ReplyDelete
  2. sapa hayo yg komen d atas..:D

    ReplyDelete
  3. kayaknya aku tau nih siapa yang komen :p

    apapun pilihan anda, berikan yang terbaik.
    betul tidak?
    :D

    ReplyDelete
  4. tambahan dari Abyan Haigis: bedanya? php itu free source, flexible dan bisa banyak ide yang dituangkan tapi belum tersedia ini itu untuk script dan lain-lain tapi kalo .net itu bayar dan agak kaku tapi sudah banyak tersedia banyak hal didalamnya contoh, sudah include ajax script, gridview with dataset dan lain lain yang belum tentu tersedia di free source seperti php. tapi tergantung masing masing pengguna dalam kenikmatan ngoding dengan menggunakan framework mana apakah .net atau php

    ReplyDelete
  5. ikut nimbrung donk ?
    bisa minta bantuan untuk code php saya ingin :
    1. membuat combobox yang apabila kita pilih idsiswa maka di kolom bawah muncul nama siswa dan bawahnya alamat siswa (tidak bisa dirubah/berdasarkan isian dari master siswa.
    2. apabila kita nulis 1000 maka pada saat input di kolom berikutnya tulisan 1000 menjadi 1.000,00 otomatis dan dibawahnya langsung muncul seribu rupiah.
    3. saya buat file dengan nama cetaksurat.php
    pada saat saya input data di laporandata.php masuk tetapi di cetaksurat.php kenapa tidak masuk.
    mohon bantuannya.
    terima kasih
    ynnrny@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. heii nurany..
    mungkin link ini bisa membantu

    http://ri32.wordpress.com/2010/12/07/membuat-autocomplete-suggest-box-menggunakan-php-dan-mysql/

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top