Mempersiapkan MPASI Pertama Bayi

Saturday, September 21, 2019
Menuju MPASI yang tinggal sebentar lagi, meski sudah bermodal ilmu, tapi kok masih dag dig dug nggak karuan ya. Beli perlengkapan aja masih kurang percaya diri, nanti kepakai nggak, ada yang kurang apa enggak. Uh, pusing.

Mungkin karena emang baru mau mulai dan belum nemu ritmenya. Kayak dulu pas mau mulai kembali bekerja setelah cuti melahirkan, bingung mikirin nanti minumnya gimana, siapin ASIP nya seberapa, dan sebagainya. Setelah dijalani ternyata bisa bisa saja. Pompa ASI cocok, tas ASI meski warnanya agak mencolok tetap percaya diri, botol dot alhamdulillah aman hingga saat ini bayi masih mau DBF.

Nah, kembali ke MPASI. Terlalu banyak aliran kadang menggoyahkan iman, ya menu makanannya, cara memasaknya, dan bahan utama yang digunakan. Padahal guidelines nya sudah jelas, tapi kok ya masih ragu-ragu, apalagi lihat pengalaman orang lain. Huh, dasar manusia selalu saja menengok rumput tetangga!

Baiklah, sepertinya butuh ditulis agar otak tak penuh memikirkannya. Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi MPASI Pertama Bayi.

Mindset
"MPASI itu mudah"
- apapun menu makanannya, yang penting ada karbohidrat, lemak, protein hewani
- gimanapun cara masaknya, direbus, dikukus, ditumis, yang penting mateng
- pakai bahan makanan yang ada, gak harus organik dan mahal, yang penting kandungan gizinya

Idealisme
Aturan makan sudah jelas tapi jangan berharap bisa menegakkan aturan tersebut sepenuhnya, apalagi kalau bayi dititipkan dan ditinggal kerja. #eaa. Makan tidak boleh sambil jalan-jalan, nonton, dan sebagainya, tapi kalau pengasuhnya lebih nyaman seperti itu ya mau gimana lagi. Beri kesempatan bayi untuk makan sendiri, tapi kalau pengasuhnya nggak sabar ya gimana lagi. Yang penting sudah diedukasi, lagipula kalau aku sendiri yang megang, belum tentu juga bakal bisa 100% menegakkan aturan.

Ekspektasi
Awal MPASI jangan terlalu berharap banyak bayi akan menghabiskan makanannya. Selama ini dia hanya minum ASI, makanan masih asing baginya. Maka jangan kaget kalau nantinya dia akan menyemburkan dan melepehkan apa yang kita masukkan ke mulutnya. Terus dicoba tetap kalem, dan tahan emosinya.

Peralatan
Sebenarnya peralatan MPASI bisa menggunakan yang sudah ada saja. Tak perlu mengkhususkan untuk bayi dan dibedakan dengan peralatan keluarga. Ingat "MPASI itu mudah". Kalau sudah ada panci kukusan, nggak perlu beli slow cooker. Kalau nggak mampu beli food processor / blender, pakai aja saringan biasa.

Tapi biar greget sih beli aja juga nggak apa-apa. Hahaha. Ini dia peralatan yang ku beli;


Saringan : untuk bikin puree/bubur lembut
Talenan : khusus untuk memotong makanan mateng karena talenan untuk bahan makanan mentah dan mateng perlu dibedakan
Mangkok stainless kecil : wadah saat mengukus makanan karena pernah lihat tutorial masak MPASI, makanan yang dikukus nggak ditaruh langsung di angsang/sarangan.
Alat Makan : biar centil aja sih makan di mangkok bayi, padahal bisa aja pakai mangkok biasa :p


Dikit banget ya, nanti sambil jalan sambil dilengkapi deh apa yang dibutuhkan. Semoga Si Bayi lancar makannya, tidak sembelit, dan BB naik sesuai KBM.

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.