Tak Menyesal Ambil Jurusan IT Saat Kuliah

Monday, June 12, 2017
Adek-adek yang baru lulus SMA, pasti mau lanjut kuliah dong?! Mau ambil jurusan apa? Kedokteran? Pendidikan? Pertanian? Kehutanan? Kenapa nggak ambil jurusan IT saja, kayak saya, hehehe

Meski dulu di pertengahan kuliah aku sempat merasa salah jurusan, frustasi dengan materi perkuliahan, lelah dengan segala macam proyek, tapi sekarang aku merasa bangga, feel so blessed, dan sangat bersyukur mengapa dulu aku kuliah ambil jurusan IT. Mengapa? Karena IT dibutuhkan dimana-mana. 

Saat kuliah D3, aku magang di Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra), kampusku sendiri. Disini aku belajar bagaimana IT 'bekerja' di organisasi yang bergerak di bidang pendidikan. Banyak hal yang membutuhkan sentuhan IT, misalnya sistem untuk perpustakaan, pendaftaran mahasiswa, pengelolaan alumni, dan sebagainya. Aku pun dikenalkan dengan istilah host to host dimana nantinya pihak kampus akan bekerja sama dengan Bank Permata untuk pembayaran uang pendaftaran mahasiswa baru. 
Baca: Mahasiswa Magang Bersama OTRS

Salah satu open source yang bisa digunakan di dunia pendidikan yaitu Moodle. Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat mengubah sebuah media pembelajaran ke dalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas digital” untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain.

Dengan menggunakan Moodle kita dapat membangun sistem dengan konsep E-Learning (pembelajaran secara elektronik) ataupun Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh). Dengan konsep ini sistem belajar mengajar akan tidak terbatas ruang dan waktu. Seorang dosen/guru/pengajar dapat memberikan materi kuliah dari mana saja. Begitu juga seorang mahasiswa/siswa dapat mengikuti kuliah dari mana saja.
Sumber : https://moodle.org/mod/forum/discuss.php?d=158093

Entah sekarang Polman Astra masih menggunakan itu atau sudah melakukan pengembangan sendiri, aplikasi Moodle sangat membantu dalam proses pembelajaran. Saat magang, aku diberi tugas untuk kostumisasi modul kuesioner pada Moodle. Suatu hal baru yang menarik untuk dipelajari.
Selesai magang dan lulus kuliah, aku bekerja di PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bisnis retail otomotif. Meski aku tidak di bagian IT, tapi aku bisa merasakan bagaimana IT dibutuhkan disini. Untuk mendukung bisnisnya, perusahaan menggunakan sistem SAP, sesuatu yang dulu ku pelajari saat kuliah, tapi tak tahu apa bentuknya. Kini aku melihat sendiri bagaimana penerapan SAP di sebuah perusahaan.

SAP (System Application and Product in data processing) adalah suatu software yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif. SAP merupakan software Enterprise Resources Planning (ERP), yaitu suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Untuk kebutuhan tertentu, SAP hanya bisa menyediakan data saja, tak bisa mengolah lebih lanjut menjadi sebuah informasi. Dan disitulah ilmu IT yang ku pelajari saat kuliah sedikit berguna. Aku membuat beberapa aplikasi web yang sumber datanya dari SAP, namun dapat menyajikan informasi yang dibutuhkan seperti pencapaian target penjualan, informasi stok, informasi PO, dan sebagainya. Ada banyak hal yang sebenarnya masih bisa dikembangkan.

Dan sekarang ini, setelah aku pindah kerja ke RSUD Dr. Tjitrowardojo yang notabene bergerak di bidang pelayanan kesehatan, aku menemukan banyak hal baru khususnya yang berkaitan dengan IT.
Jika dunia pendidikan mengenal Moodle, untuk enterprise/perusahaan menggunakan SAP, maka di rumah sakit ada yang namanya SIMRS GOS, aplikasi yang disediakan pemerintah untuk mendukung sistem informasi yang berjalan di rumah sakit, baik swasta maupun negeri. Nantinya SIMRS ini bisa berkomunikasi dengan BPJS dan terintegrasi pula dengan E-Klaim INA-CBG.

Baca: Tentang SIMRS GOS
Banyak hal baru yang ku dapatkan dan ku pelajari setelah terjun ke dunia IT. Aku bisa masuk ke berbagai organisasi, apapun proses bisnisnya. Dan aku bersyukur akan hal itu :)

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.