0

Mengenal Dorama Lebih Dekat

Manusia itu diciptakan dengan unik dan berbeda ya. Salah satunya dari selera menonton. Ada yang suka film western atau hollywood, ada yang suka drakor alias drama Korea, ada yang suka nonton bollywood dari India, dan ada yang suka dorama Jepang. Mungkin pula ada yang suka menonton film-film dari negara Thailand. Semua punya keunikan masing-masing yang membuat para penonton setia untuk selalu mengikuti kisah-kisahnya.

Aku lebih tertarik dengan dorama Jepang dan akhir-akhir ini aku baru tahu kalau tontonan dari Negara Sakura tersebut ada jenis-jenisnya, tak hanya bisa disebut drama (espisodenya banyak) dan film (satu episode selesai).

Berikut beberapa jenis tersebut:

Asadora

Asadora merupakan kependekan dari Asa Dorama atau dorama pagi. Sesuai namanya, drama ini disiarkan pagi-pagi dengan durasi hanya 15 menit per episode. Biasanya drama ini disiarkan selama 26 minggu. Karena durasinya yang singkat tersebut, maka jangan heran kalau jumlah episodenya bisa mencapai ratusan (tapi tidak melebihi jumlah episode sinetron Indonesia kok... hehe)

Asadora identik dengan tokoh utamanya wanita yang menceritakan kisah perjuangan wanita tersebut mulai dari 0 hingga dia sukses. Salah satu asadora yang terkenal adalah Oshin.
Ini nih asadora yang mungkin bisa jadi pilihan untuk ditonton:
1. Amachan
2. Gegege no Nyobo
3. Carnation
4. Mare
5. Asa ga Kita

Tanpatsu

Tanpatsu bisa diartikan "one-shot" atau jika di Indonesia lebih dikenal sebagai FTV (Film Televisi), yaitu satu film yang diselesaikan dalam satu cerita. Meski bisa dikatakan satu episode, tanpatsu bisa saja memiliki beberapa part cerita sehingga jumlahnya tak lagi satu episode, walaupun itu jarang.
Tanpatsu biasa ada sebelum drama musiman dimulai. Beberapa diantaranya dibuat untuk menyambut movie/dramanya. Untuk durasi per-episodenya ada yang hanya 45 menit, namun ada pula yang seperti film yaitu 1.5 jam - 2 jam.

Jika download di ainodorama.web.id, tanpatsu ini ditandai dengan kata SP.

Berikut daftar tanpatsu yang bisa jadi pilihan:
1. Chou Gentei Nouryoku SP
2. Hana Chan no Misoshiru SP
3. Kono Machi no Inochi SP
4. Meitantei Catherine SP

Renzoku 

Renzoku berarti series/serial. Ini yang biasa disebut dorama atau lebih mudahnya seperti sinetron di Indonesia. Renzoku terbagi menjadi 4 jadwal penayangan sesuai musim: Winter (Januari-Maret), Spring (April-Mei), Summer (Juni-Agustus), dan Autumn (September-Desember). Jadi, satu drama renzoku ditayangkan dalam satu musim, yaitu 3 bulan.

Itulah sebabnya drama renzoku rata-rata hanya memiliki 11 episode (kurang lebih 3 bulan) dengan durasi 45 menit tiap episodenya. Dua/tiga minggu sebelum renzoku tayang, biasanya diisi dengan tanpatsu.
Perbedaan cerita di masing-masing musim hampir tidak ada. Tapi, saat musim spring, lebih banyak berisi drama renzoku dengan genre romance, musim summer diisi dengan genre horror. Namun, setiap musim biasanya ada genre crime, detective, medic, dst.

Pilihan renzoku yang bisa ditonton:
1. Sukina Hito ga Iru Koto
2. Umi no Ue no Shinryoujo
3. Omukai Death
4. Gokusen
5. Yowakutemo Katemasu

Sumber :  Fanpage AinoDorama.Web.Id

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top