7

Ayo Piknik! Piknik itu Penting!

Kamu bosan dengan aktivitas sehari-hari? 
Sekolah dengan tugas menumpuk dan PR menggunung
Kuliah dengan kuis dadakan dan laporan tiada akhir
Kerja dengan target yang harus dicapai dan tekanan dari atasan
Lelah? Mungkin Anda butuh piknik

Piknik itu diperlukan bagi semua orang. Semua instansi maupun organisasi pasti pernah mengadakan piknik. Tujuannya buat apa sih? Agar kita tidak jenuh dengan rutinitas harian kita. Ketika jenuh sudah menyerang, maka produktivitas seseorang akan berkurang. Para pelajar semangat belajarnya jadi menurun. Para pekerja tidak lagi bisa berpikir kreatif dan inovatif. Itulah kenapa piknik itu penting.

Dulu sewaktu SD, sekolahku mengadakan piknik ke Goa Jatijajar dan sekitarnya. Piknik ini merupakan gabungan dari kelas 4,5,6.
Waktu SMP kelas 8, sekolahku mengadakan piknik ke Jakarta, mengunjungi Dufan, TMII, Kampung China, dan sebagainya.
SMA kelas 11, sekolahku mengadakan piknik ke Bali. Naik kapal menyebrangi lautan menuju pulau di sebelah Pulau Jawa.

Saat kuliah, pihak kampus tidak mengadakan piknik. Tapi biasanya, para mahasiswa merencanakan sendiri aktivitas pikniknya. Sama halnya denganku, aku yang kuliah di Jakarta, sering kali pergi piknik beramai-ramai bersama teman-teman sekelas. Berhubung kami masih mahasiswa yang notabene isi kantongnya terbatas, maka tempat piknik yang kami kunjungi masih sekitaran Jakarta; Monas, Ragunan, Ancol, dan lainnya. Meski demikian, piknik jarak pendek ini cukup menyegarkan pikiran kami dan membuat kami kembali semangat kuliah.
Tahun 2011. Piknik ke Monas. Masih pakai seragam kampus.
Kini, saat sudah bekerja, piknik menjadi hal yang wajib untukku. Meski perusahaan setahun sekali mengadakan acara piknik dalam event Family Day / Employee Day, rasanya masih kurang. Beban pekerjaan sering kali membuat kita lebih cepat merasa lelah, bosan, dan stress sehingga membutuhkan lebih banyak piknik. 

Demikian pula denganku. Aku sering pergi piknik diluar dari acara kantor. Beberapa kali ikut Open Trip yang diadakan oleh travel atau pergi piknik bersama teman-teman kuliah dulu. Kali ini bukan budget yang menjadi kendala. Tapi, waktu. Biasanya harus mengambil jatah cuti atau masuk kerja setengah hari. Misalnya:  
waktu piknik ke Belitung; pergi Sabtu pagi - pulang Senin pagi. Aku masuk kantor Senin siang.
Tahun 2014. Pergi bertujuh.
waktu piknik ke Karimun Jawa & Semarang. Aku cuti satu hari di tanggal 30 April 2015
Tahun 2015. Berlima masih di Pelabuhan Kartini
waktu piknik ke Malang. Aku ijin setengah hari di hari Jumat karena mengejar jadwal kereta yang berangkat siang hari.
Tahun 2015. Berbanyak orang di puncak Gn. Bromo
Ketika ingin pergi piknik tapi tak ingin mengambil cuti atau ijin setengah hari, biasanya aku cari one day trip atau piknik yang dilakukan hanya sehari. Misalnya waktu mengunjungi 3 pulau di Kepulauan Seribu atau waktu pergi ke Pura Parahyangan Agung Jagattkarta. 
Satu dari tiga pulau yang dikunjungi dalam sehari
Sayangnya liburan di Bogor waktu itu bisa dikatakan gagal. Hari itu pura ditutup karena sedang digunakan untuk acara keagamaan. Aku pikir pura itu sudah menjadi tempat wisata, tapi ternyata masih aktif digunakan.
Pura tidak menerima kunjungan
Akhirnya, kami yang pagi-pagi dari Bekasi menuju Bogor via KRL hanya bisa menikmati luaran pura.
Tahun 2015. Berempat di luar kawasan Pura
Untuk mengobati kekecewaan, akhirnya aku bersama ketiga temanku memutuskan untuk wisata kuliner. Temanku yang asli Bogor membawa kami ke Taman Kencana. Disana ada berbagai macam tempat untuk hang out / nongki - nongki cantik.

Pilihan kami jatuh di sebuah kedai yang menyajikan lasagna dan pizza. Meski harus masuk di waiting list terlebih dahulu, kami tidak menyesal makan disana. Enak. Tak jadi ke pura, tak apalah, yang penting bisa makan enak.
Enaaaaaaaaaaakkkkkkk
Hmmm... mungkin jika diberi kesempatan liburan di Bogor (lagi), perlu mencoba semua jajanan yang ada di sekitaran Taman Kencana. Kenyang. Kenyang :D Mencoba menginap di Padjadjaran Suite Hotels rasanya oke juga!

Yuk ah, segera atur schedule buat piknik. Ingat ya, Piknik itu Penting!!!

7 comments:

  1. Ngtaur jadwal mah gampang aja kak. Ngatur budget mah yang susyeeehh xD xD

    ReplyDelete
  2. Hehehe... piknik itu emang butuh kombinasi waktu dan budget yang baik ekekekek

    Tapi kata ibuku, pengalaman itu mahal harganya. Jadi klo emang ada tabungan, pake gih buat jalan2, piknik nyari pengalaman :)

    ReplyDelete
  3. piknik bareng temen2 itu memang sangat menyenangkan :)

    ReplyDelete
  4. mantabb bisa sampe karimun jawa dan gunung bromo. piknik itu bikin seneng tp kalo over bujet bisa bikin senep hehe

    ReplyDelete
  5. Kedai kita ya mbak?? heheh.. saya sellu pengen makan disana, tapi sayangnya selalu masuk waiting list, trus batal deehh.. Maklum, udah keroncongan :DDD

    ReplyDelete
  6. Bener seenggaknya tiap weekend harus cari yang bening-bening hehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top