Kebutuhan Anak

Wednesday, August 05, 2020
Anak tuh ya kalau makannya banyak, mainnya cukup, tidurnya pasti gampang, nggak banyak drama. Nenen bentar langsung terlelap. Karena pada dasarnya kebutuhan anak ya cuma 3 itu makan, main, tidur. 

Akan tetapi, ada kalanya orang tua dihadapkan dengan GTM alias Gerakan Tutup Mulut. Alasannya kenapa? Ada banyak sebab. Mungkin bosan dengan menu yang disajikan, mungkin pengen makan sendiri, mungkin ngantuk, mungkin masih kenyang, mungkin pengen pakai piring yang sama dengan ibunya, pokoknya ada banyak kemungkinan yang menyebabkan anak tidak mau makan. Terus gimana? Ya dievaluasi dong, kira-kira anak nggak mau makan kenapa? Segala kemungkinan tadi dicoba, misal ganti menu, ganti perlengkapan makan, ubah jam makan. Kalau udah mentok dan BB anak jadi stagnan, saatnya hubungi dokter. Andai saja bayi udah bisa ngomong kenapa nggak mau makan, pasti lebih mudah ya Buibu 😅

Soal main, anak (apalagi dibawah 2 tahun) belum butuh mainan yang aneh-aneh dan mahal. Mereka menganggap semua barang yang ada di hadapannya adalah mainan. Remote TV, laci meja, selembar kertas, semua bisa dijadikan mainan. Yang mereka butuhkan hanyalah kehadiran orang tuanya untuk mendampingi mereka bereksplorasi. Selain itu, mereka juga butuh permainan fisik untuk mengeluarkan energi di tubuhnya. Berlari, loncat, lompat, bahkan kadang jungkir balik, adalah cara mereka mengeluarkan energi tersebut. Nah, sudahkah kita meluangkan waktu dan tenaga untuk menemani anak kita bermain? Kalau nggak mau anaknya loncat-loncat di sofa, ayo dong Buibu ajak anaknya main permainan fisik lainnya, misal senam bersama, main bola di halaman, dan sebagainya. 

Udah deh, kalau makannya terjaga, mainnya cukup, yakin deh tidurnya bakal nyenyak. 

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.