9

#KUMIS 04/09/2014

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada Warung Blogger yang (akhirnya) memilih saya menjadi sponsor #KUMIS (Kamis Untuk Main kuIS). Sebenarnya saya sudah lama mencalonkan diri menjadi menjadi sponsor #KUMIS sejak Warung Blogger mempromosikan GA saya pada Februari silam. Hingga akhirnya kesempatan itu datang pada tanggal 04 September 2014.

Kemarin saya cukup kaget ketika admin Warung Blogger menelpon saya sore-sore, saya pikir urusan pekerjaan, ternyata bukan. Saya pun diminta untuk menyiapkan pertanyaan #KUMIS. Dan inilah pertanyaannya.
Mengapa saya memilih pertanyaan tersebut?
Karena saya suka menonton anime (sebut saja kartun dari Jepang). Sebagian orang mungkin berpikiran 'bocah banget sih nonton kartun'. Dan dengan mengajukan pertanyaan di atas, saya ingin tahu apakah kalian juga suka kartun seperti saya, atau ikut dengan sebagian orang yang menganggap kartun hanya sebatas tontonan anak-anak.

Menurut saya pribadi, menonton kartun jauh lebih baik daripada menonton sinetron. Sinetron Indonesia memang memberikan nilai-nilai moral yang dapat diaplikasikan di masyarakat. Namun, porsinya sangat sedikit. Sinetron lebih banyak mempertontonkan aksi kekerasan, rebutan harta/wanita/kepopuleran, bentak-bentakan, dan selalu melibatkan emosi saat menontonnya. 

Sementara itu, kartun lebih banyak memberikan pelajaran tentang kehidupan. Arti sebuah perjuangan, persahabatan, dan tentunya akan terhibur saat menontonnya.

***
Kembali ke #KUMIS. Ini daftar peserta yang berhasil saya rangkum. Kalau ada yang merasa ikut, namun tidak terdaftar disini, maafin saya yak... Mungkin belum rejekinya... Maaf-maaf :(

*diurutkan berdasarkan akun twitter
NO AKUN TWITTER KARTUN ALASAN
1 @acimbebek_  Tsubasa Krna film ini mengajarkan tentang pentingnya usaha serta kerja keras untuk meraih impian & cita-cita.
2 @Afifah_Furry Detektif Conan alasannya pinter pake banget + ganteng. Pesen satu kalo ada, buat masa depan :D
3 @Afifah_Furry Pororo krna filmnya mngajarkn arti prshabatan dan dri slah satu episodny mngajarkan arti sling memaafkan
4 @Afifah_Furry Shaun the sheep lucu,cerdik,filmnya mengajarkan penting nya satu sama lain, saling kerja sama
5 @Ana_On3 Detektif Conan krna aku suka banget sama karakter" pemainnya, terutama shinichi kudo/conan & film kartun-(1)ini bikin aku penasaran tentang akhir ceritanya dan setiap episode-nya slalu menarik utk diikuti, aku juga-(2)baca komiknya, suka bngt sama film kartun ini meski hrus sabar buat tahu endingnya shinichi kudo & Ran :)(3)
6 @andherlyanRW One Piece Ngajarin agar berusaha keras untuk mewujudkan cita2 dan persahabatan itu menguatkan
7 @anto_rock12 Naruto krn cerita smbung menyambung ttg melawan ketdk adilan serta menarik utk ditonton trs
8 @anto_rock12 Doraemon  krn ceritany menarik,lucu,serta kantong ajaib yg bsa mewujutkn keinginan manusia
9 @anto_rock12 Crayon Sinthan krn lucu,gemesin,tngkah polahnya bkin ngakak ktwa ktwi trs tnpa hentija
10 @anto_rock12 Upin Ipin krn kdua bcah trsebut lucu,inspirasi yg sngat mendidik dlm kehidpn manusia&ceritany menarik
11 @anto_rock12 Dora krn ceritany menarik mengisahkn ttg menyusuri tempat2 yg blm kta thu shg kta jdi thu tempt trsbut.
12 @areea51 Pinokio dr sisi cerita itu ngajarin kita biar jujur &ngeliat betapa tulus kasih ortu, itu msh anms tradisional
13 @argalitha Hanada anak kecil plontos yg bs lihat arwah&bantu mereka. Bs bljr kl gk cm yg hidup, matipun pny mslh. Sabar
14 @AriesStudio2 Doraemon  karna dia punya kantong ajaib yg bs mengeluarkan barang-2 yg disukai
15 @Chrisstabela Doraemon  karena lucu dan punya kantong ajaib, andai jadi nobita dan bisa minta apapun dari Doraemon
16 @cumee22 Doraemon  Soalnya kisah nya inspiratif dan lucuk. Dan dari sosok nobita kita bisa belajar banyak hal(1)mulai dari persahabatan, pengorbanan, keluarga, ceritanya jg gak ngebosenin utk ditonton(2)berulang ulang kali, pokoknya Doraemon ini the best banget lah (y) (3)
17 @Deral_audrey Barbie karena tokoh nya cantik2 n cakep banget, enak liat nya apalagi baju2 nya bagus2
18 @erowatidewi  mononoke hime karena di filmnya mengajarkan kita sbg manusia utk merawat hutan dan tdk mengeksploitasinya
19 @erowatidewi  grave of the fireflies krena filmnya menceritkan susahnya hdup pas jman perang dan susahnya dapet mkanan
20 @erowatidewi  Planes  karena mengajarkn utk mencapai sebuah impian gak ada yg namanya kata mustahil asal trus brusaha
21 @erowatidewi  ponyo on the cliff  mengjarkan pertemanan bisa tercipta dng mahluk aneh sekalipun
22 @Fitania_mlg Detektif Conan soalnya kita diajak untuk berfikir cerdas & teliti untk menemukan pemecahan masalahnya
23 @Fitania_mlg Sailor moon  soalnya buat inspirasi wanita jadi penegak kebenaran ngalahin penjahat korupsi yg berdasi
24 @Fitania_mlg Naruto krn sosoknya yg mengajarkn untk terus berusaha & yakin akan cita-cita serta rasa cinta pd shbat2nya
25 @gahayu_rina Upin Ipin karena lucuuuu, menghibur dan ceritanya mendidik.
26 @gungprass Slamdunk karna disitu ada nilai perjuangan si Rambut Merah yg keren abis
27 @gungprass EyeShield21 alesannya kekompakan tim yg dibawah rata2 bisa masuk kejurnas Univ dijepang
28 @iira_azizah Detektif Conan selain filmnya seru juga dapat mengasah otak, lumayan buat nambah pengetahuan
29 @Juliaaprima Sailor moon  karna dr Film tsb banyak anak-anak yang tahu bahwa pahlawan nggak cuma berjenis cowok
30 @Juliaaprima Honey Bee Hutch kartun ini sedih banget. Banyak pesan moral yang disampaikan.
31 @Kinaina_28  Upin Ipin karena lucu aja lw diliat, gemesin gitu, pdahal kan cuma kartun ya.
32 @LindaSetyawat12 Upin Ipin karna lucu & memberikan bnyk inspirasi & pelajaran berharga tentang agama,persahabatan & keluarga.
33 @LindaSetyawat12 Winnie The Pooh Mengisahkan persahabatan hewan berbeda spesies yg selalu rukun & saling membantu.
34 @LindaSetyawat12 Honey Bee Hutch Filmnya sedih bgt & aku terharu dgn ketegaran Hatchi yg tak pernah putus asa mencari ibunya
35 @LindaSetyawat12  Finding Nemo Karna mengajarkan kita untuk patuh kepada orang tua,bertanggung jawab,jgn mudah putus asa.
36 @Mbakmenikkk Sailor moon  karena bikin masa kecil jadi seru
37 @Mbakmenikkk Sakura kinomoto fantasy nya luar biasa
38 @Mbakmenikkk Detektif Conan Karena memaksa kits untuk ikut berpikir memecahkan masalah
39 @Mbakmenikkk Suzaku karena seru banget dengan perjalanan waktu
40 @Nuunzai_Zn Doraemon  memiliki kantong ajaib, yang denganya bisa mengeluarkan apapun yang ia butuhkan(1)masalahnya, ini bisa digunakan untuk memotivasi diri kita,bahwasanya sebenarnya kita memiliki berbagai macam(2)potensi, kreativitas yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan masalah yg menimpa kita jika kita mampu(3)memaksimalkannya dengan baik dan profesional (4)
41 @pandaaaw_ Spongebob karena mengajarkan saya agar terus rajin dan tidak bermalas-malasan.(1)Yang kedua agar jadi orang jangan pelit dan menghargai diri sendiri sebelum orang lain.(2)Yang ketiga, harus pandai pilih teman dan jangan lepaskan sahabat yg selalu disamping kita. (3)
42 @pujiefansjanet Doraemon  alasannya crita seru n penuh petualangan apa lg doraemon tu pnya kntong ajaib yg bs nolong org
43 @pujiefansjanet Upin Ipin alasannya krna kartun ni sngat mendidik n mengjarkan tntang pershbtan antara umat yg brbeda agama
44 @PutriRohaeniR  Sailor moon  krn suka dgn tokoh utama Usagi Tsukino yg sebenarnya hanya seorang gadis ceroboh(1)dan cengeng, tp ketika berubah mjd Sailor Moon ia menjadi pahlawan pembela cinta, kebenaran, & keadilan.(2)Ia sebenarnya ingin sekali menjadi gadis normal, namun melihat banyak teman yg harus ia bela&lindungi,(3)Akhirnya ia menyadari harus menjadi Sailor Moon. Ini bukan perihal mjd org lain/memiliki kepribadian ganda,(4)tp kekuatan utk mampu menutupi keinginan sndiri demi kepentingan org lain yg bisa diambil sbg pelajaran. :)(5)
45 @putrymeike Spongebob Krna mreka prnh ada utk mghburku di kala kecil :')
46 @rahiey_Mah Upin Ipin slain krn tkohnya lucu2 jg byk pljran yg bs diambl dr ksah mrka, mreka msih kcil tp skpnya dwasa.
47 @rayarry Doraemon  Film tentng arti persahabatan sebenernya. Meski kadang berantem tapi adakalanya sling membantu(1)Dmna tiap tokohnya. Mmpunyai rasa kepedulian. Meski terkdng berselimut ketakutan. Contoh suneo dan nobita(2)Dan film ini mngjrkan cara berjuang dan pantang menyerah. terbukti di beberapa film doraemon the movie(3)
48 @RiniCipta Doraemon  dr SD smpe skrg, gk bosen. Ttg Persahabatan+Petualangan+Pengetahuan.Komplit!
49 @RIRINakaDWI Frozen Di Film itu belajar bhw cinta antara kakak dan adik yg saling melindungi bisa disebut cinta sejati
50 @Rosedianadotcom Upin Ipin Krn natural, 'anak2 banget', sarat pesan & muatan lokalny kuat.
51 @ryanhasanin DragonBallZ Film ini membuktikan kalau alien bnr2 nyata, Picolo.
52 @siethi_nurjanah Doraemon  Kisah tentang robot kucing yang penuh dengan keajaiban. Film lama yg masih abadi selama puluhan thn
53 @SiKarungGoni Detektif Conan
54 @ValentineVava9 Spongebob karna smua tokoh nya lucu sprti spongebob yg pintar, rajin,mau berteman sama siapa aja,(1)patrick bodoh tapi kocak, squidword jutek,sombong, selalu sial :D & tokoh yg lain lucu semua jadi terhibur(2)kartun spongebob gak cuma lucu&konyol namun tetap ada pesan yang disampaikan dalam kartun itu(3)
55 @WE_Dewie Doraemon  aku suka sm pintu kemana sajanya biar galaunya pergi, sedihnya juga pergi
56 @weldayawelda Captain Tsubasa karna permainan bolanya keren banget,sampe terbang2, sampe skrg msh sukaaa
57 @yosep_setiawan Sword Art Online dari season 1 & 2 ga ada tandingannya, the best RPG anime ever. Dan asuna nya moeee :3
58 @yosep_setiawan Fairy Tail  Ceritanya nyentrik dan juga seru. Unik + ada sihir2 nya pada keren. Ada Lucy nya juga yg moeee :3

Dan dari sekian banyak jawaban, berikut adalah daftar kartun yang mereka sukai. Banyak macamnya yah ternyata...
KARTUN JUMLAH PEMILIH KATEGORI
Doraemon  10 1
Upin Ipin 7 1
Detektif Conan 6 2
Sailor moon  4 2
Spongebob 3 1
Honey Bee Hutch 2 2
Naruto 2 2
Barbie 1 1
Captain Tsubasa 1 1
Crayon Sinchan 1 1
Dora 1 1
Fairy Tail  1 1
Finding Nemo 1 1
Sword Art Online 1 1
Tsubasa 1 1
Winnie The Pooh 1 1
DragonBallZ 1 2
EyeShield21 1 2
One Piece 1 2
Pinokio 1 2
Pororo 1 2
Sakura kinomoto 1 2
Shaun the sheep 1 2
Slamdunk 1 2
Suzaku 1 3
Frozen 1 3
grave of the fireflies 1 3
Hanada 1 3
mononoke hime 1 3
Planes  1 3
ponyo on the cliff  1 3

Di dalam daftar tersebut ada tiga kategori dengan keterangan sebagai berikut.
Kategori 1. Saya tahu dan sering menontonnya
Kategori 2. Saya tahu dan jarang menontonnya
Kategori 3. Saya tidak tahu sama sekali

Untuk masing-masing kategori, saya pilih satu pemenang. Siapakah pemenang #KUMIS kali ini? Inilah mereka... 

9 comments:

  1. dari kecil hingga sekarang saya kartun doraemon, karena banyak juga pelajaran yg bisa diambil, juga lucu dan yang paling membuat ketawa tuh alat2nya doraemon yg selalu bikin saya terheran2 hehehe,

    eh cara ikutannya dimana yah ? apa cukup di komentar ini ja ?

    ReplyDelete
  2. sy dh twet masuk nggk yah mbk ? hehe

    ReplyDelete
  3. Kuisnya di twitter ya..
    Daftar peserta sudah saya tuliskan di atas.
    Sudah masuk list kah?

    ReplyDelete
  4. Aku suka film kartun unyil mba. Tanpa alasan aku menyukai film tersebut :)

    ReplyDelete
  5. blm masuk list mbak ....heheheh

    padahl sy dah 3x twit , apa nggak masuk yah mbak ? tapi di twiit'an saya ada ...hehe

    ReplyDelete
  6. Oh, jadi pertanyaan #KUMIS kemarin dari Mbak. Wah, banyak sekali pesertanya, ya.

    ReplyDelete
  7. wwaaahh... seru.. aku juga mau ahh jadi sponsor kuiz WB :))
    btw ikutan 1st giveaway aku yuukk, bisa diikuti oleh pria dan wanita


    http://beautyasti1.blogspot.com/2015/07/beautyasti1-first-giveaway.html

    ReplyDelete
  8. ikutan ahh.. hihihi

    http://agunghpradityo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. Ayo mengunjungi blog saya di http://rasainformasi.blogspot.com/ dan rasakan manfaatnya

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top