Sekilas tentang IP Messenger

Seminggu ini (4-8 Maret 2013) terasa menyenangkan. Berseragam biru, berkumpul bersama bertiga puluh (walau kehadiran per harinya tak genap ber-30). Rasanya seperti kembali lagi menjadi mahasiswa setelah dua bulan menjalani praktik kerja industri (prakerin) di perusahaan-perusahaan yang telah ditentukan. Dan seminggu ini, kami, MI 2010 Family kembali dikumpulkan untuk menghadiri Seminar PK untuk berbagi cerita prakerin di tempat magang (perusahaan) masing-masing. Dari cerita-cerita itulah, pengalaman kami tersampaikan satu sama lain. Kami bisa saling  mengerti keadaan masing-masing selama dua bulan terpisah. Tak hanya itu, dari seminar PK itu, ilmu baru juga kami dapatkan dan salah satu yang menarik perhatianku yaitu IP messenger. Apakah IP messenger itu?
logo IP Messenger
IP messenger merupakan suatu software yang dapat digunakan untuk saling mengirim pesan (chatting) dalam suatu jaringan local (LAN/WiFi). Software ini juga dapat digunakan untuk mentransfer file maupun folder dengan kecepatan kira-kira 10 MBps. Fungsi transfer file tersebut menggunakan port 2425/UDP.

IP messenger berbasis TCP dan UDP/IP sehingga tidak memerlukan server khusus. Untuk bisa melakukan chatting dan transfer file, komputer kedua belah pihak harus menjalankan aplikasi IP messenger ini. Saat mentransfer file, cukup drag file ke aplikasi dan pilih komputer sasaran (jangan lupa untuk mematikan firewall).
IP messenger sangat sederhana, ringan, dan ringkas. Ukurannya yang kecil sehingga sangat cocok jika digunakan di perkantoran. Sayangnya, tampilan layar saat chatting tergolong masih ala kadarnya, tidak ada emoticon, dan belum bisa membuat chat per Grup. Namun, melihat kehandalan dari IP messenger, rasanya hal tersebut tak kan menjadi masalah bagi para pengguna IP messenger.
Dari cerita kawanku dimana tempat mereka magang telah menggunakan IP messenger ini, ternyata IP messenger tidak hanya bisa transfer file dan chatting. Rupanya melalui IP messenger ini, mereka menambahkan batch programming yang bisa menampilkan pesan pop-up yang berisi reminder event dari Calender Of Event (COE) yang mereka buat. Menarik ya?!
Bagi yang ingin mendownload software IP Messenger, silahkan klik disini!

1 comment:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top