0

Manfaat Kopi

Tugas menumpuk, deadline mengejar. Rasanya bukan mahasiswa jika semua itu tidak dirasakan. Bukan maksud hati untuk menunda-nunda tugas yang diberikan, namun sering kali saking banyaknya tugas, semuanya jadi keteteran, dan hasilnya begadanglah kita. 
Berbicara mengenai begadang, tentu tidak baik bagi kesehatan. Tidur larut malam dan paginya kita tidak memiliki tenaga yang cukup untuk menjalani aktivitas karena mengantuk. Tapi, apa mau dikata, tugas yang menjadi tanggung jawab kita harus terselesaikan. Mau tak mau, begadang itu perlu. Bagi yang tidak terbiasa, maka niat saja tidak cukup untuk membuat mata tetap terjaga. Oleh karena itu, sering kali 'kopi' menjadi pahlawan bagi para kawanan begadang. Dengan minum kopi, sedikit banyak rasa kantuk mereka menghilang dan konsentrasi bertambah. Namun, mengingat kopi memiliki kafein yang memiliki efek negatif bagi kesehatan tubuh, akankah kopi tetap menjadi pahlawan? 
Sederet sumber menyebutkan bahaya yang disebabkan minum kopi. Kopi memicu tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih cepat karena kandungan kafein yang ada pada kopi. Namun, hal itu berlaku bagi mereka yang berlebihan dalam mengkonsumsi kopi.
Sebenarnya, kopi memiliki manfaat jika kita tepat dalam mengkonsumsinya. Tidak disarankan untuk meminum kopi melebihi tiga gelas dalam sehari karena bukan manfaat yang akan kita dapatkan, namun justru bahaya bagi kesehatan kita. Apa saja manfaat kopi?
1. Meningkatkan konsentrasi
Kopi mengandung kafein yang dapat memicu tekanan dan detak jantung. Itulah sebabnya mengapa ketika kita meminum kopi, kita menjadi lebih segar dan terjaga. Sangat tepat bagi mahasiswa yang mengejar deadline tugas untuk tidak tidur semalaman. Namun, jangan jadikan kebiasaan karena kafein dapat menimbulkan ketagihan. Jika sudah ketagihan, maka kopi yang dikonsumsi akan sulit dikontrol dan justru menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

2. Mengatasi penyakit jantung dan stroke
Kandungan kopi ternyata bisa mengatasi penyakit jantung dan stroke. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika kita tidak menerapkan pola hidup yang sehat. Kopi akan lebih terasa manfaatnya jika diimbangi dengan makan makanan yang sehat, hindari makanan berlemak, berolahraga, dan tidak merokok.

3. Mengatasi keluhan diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan karena meningkatnya kadar gula dalam darah. Dengan meminum kopi tiap hari, penderita diabetes diharapkan mampu menurunkan kadar gula darahnya sampai 50%. Hal ini berlaku jika kopi diseduh dengan gula yang tidak terlalu banyak. Jika mengkonsumsi kopi dengan gula yang berlebihan, justru akan menambah kadar gula.

4. Menghambat penurunan fungsi otak pada manula
Kopi menghambat penurunan fungsi kognitif terutama pada wanita karena wanita lebih peka terhadap kafein.
5. Menghaluskan kulit
Kopi mengandung antioksidan dan beberapa zat penting yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Manfaat ini bisa dirasakan dengan memanfaatkan kopi sebagai masker wajah dan lulur tubuh, bukan dengan mengkonsumsinya sebagai minuman.

Ternyata banyak juga manfaat yang bisa kita dapatkan dari kopi. Walaupun dibayang-bayangi dengan bahaya kopi bagi kesehatan, asalkan kita mengkonsumsinya dengan bijak dan tidak berlebihan, maka kita tak perlu khawatir. ^^

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top