0

Libre Pengganti .doc

"Besok laporan harus dikumpulkan dalam bentuk buku sebelum jam 16.00"
Pesan singkat itu terkirim ke semua penjuru di kawasan Jabodetabek. Sebuah pesan yang ku kirimkan kepada kawan-kawan yang beberapa bulan terakhir berjuang keras melalui masa-masa praktik kerja. Kini saatnya bagi mereka (dan aku) mengumpulkan laporan sebagai dokumentasi dari apa yang telah kami lakukan. Beragam respon ku terima setelah mengirim pesan singkat itu.
Buku? Hardcover? Bukan dijilid biasa? Warnanya apa? Pakai pembatas? Besok? Ada kompensasi? Jilid dimana?
(Awalnya) aku menanggapi pertanyaan-pertanyaan itu dengan baik.
Sungguh beruntung ketika seorang teman berbaik hati menawari kami jasa untuk 'mau dititipi laporan' untuk menjilidkan laporan kami dengan syarat SORE ini laporan sudah harus dicetak (print). Oke, sebuah pesan singkat kembali ku kirimkan ke semua penjuru (di kawasan Jabodetabek) yang mengabarkan adanya berita bahagia ini. Dan bagaimanakah respon mereka sekarang?
"Nitip print dooooong..."
Dari tiga kata itu, bermuncullah beragam permintaan dari beberapa kawanku. Salah satunya...
"Kakak, Yuli nitip print ya."
"Boleh."
Beberapa saat kemudian,
"Kakak, laporannya ada yang salah di penomoran halaman."
"Apa iya? Yah, disana Yuli nggak ada .doc"
Aku menggarisbawahi satu pernyataan yang begitu menarik perhatianku. "nggak ada doc". Bagaimana bisa? Umumnya suatu perusahaan sudah menyediakan Microsoft Office (Ms. Office) untuk mendukung jalannya proses bisnis. Jangankan suatu perusahaan, sebuah komputer/PC/laptop sangat membutuhkan Ms. Office sebagai software pertama yang harus diinstall saat pertama kali PC terinstall Sistem Operasi. Ms.Office ini sangat penting untuk membuat dokumen, file presentasi, grafik, dan sebagainya. Walaupun pada akhirnya, karena Ms.Office ini berbayar dan mempunyai licensi, hampir semua orang memilih menggunakan versi bajakan dari Ms.Office. Lantas bagaimana? Apakah memang harus membeli Ms.Office dengan harga yang mahal? Atau bisa 'bertahan' tanpa kehadiran Ms.Office?
Dan setelah aku mencari tahu, ternyata Yuli, kawanku yang 'ngga ada doc', menggunakan libre. Apa itu libre?
Logo LibreOffice
Libre atau Libre Office.org merupakan aplikasi office open source yang memiliki fitur mirip Ms. Office. Libre dikembangkan oleh Sun Microsystems. Software ini bisa digunakan di Windows, Machintosh (Mac OS), dan linux.
Libre Office memiliki 6 aplikasi document processing, yaitu: 
  1. Libre Office Writer (alternatif Microsoft Word), 
  2. Libre Office Calc (alternatif Microsoft Excel), 
  3. Libre Office Impress (alternatif Microsoft Powerpoint), 
  4. Libre office draw (alternatif Microsoft visio), 
  5. Libre office Math (alternatif Microsoft Equation), 
  6. Libre Office Base (alternatif Microsoft Access).
Bagaimana menurut kalian? Jika kita memang dituntut untuk menggunakan Ms. Office asli, namun uang belum mencukupi, maka ada baiknya kita menggunakan libre karena software ini bisa didownload dan diinstall. Kegunaannya pun hampir sama dengan Ms. Office. Menarik ya? ^^

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top