Tips Sederhana Mengubah Template Blog

Sunday, April 22, 2018
Suka ngiri nggak sih waktu blogwalking nemu blog yang template nya menarik dan enak dilihat, serasa ingin punya template yang bagus juga.

Aku sih yes!

Berbekal itu, aku berhasil mengubah template blog ini, YEAY! Akhirnya aku bisa move on dari Penciling template by Eternal Thinker yang sudah bertahun-tahun ku gunakan.

Sekarang rasanya lebih fresh dan kekinian. Kalau aku perhatikan, kebanyakan blog sekarang didominasi warna putih dengan tampilan yang sederhana tapi terlihat elegan. Nah, mulailah perburuan template baru ini.

Gimana pada akhirnya aku memakai template sekarang ini, simak yuk tips sederhana dariku, barangkali bisa membantu para blogger, khususnya pemula, untuk mengubah template blog mereka.

1. Cari template yang diinginkan
Kadang suka bingung ya harus masukkan keyword apa saat mencari template. Ketik sembarang kata kunci, hasil pencarian tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Tapi tak perlu bingung lagi, ada cara mudahnya. Cari blog yang templatenya ingin kamu pakai. Lihat bagian paling bawah blog, biasanya akan tertera siapa designer/creator/distributor dari template tersebut. Misalnya di blog ini, tertulis:


Selanjutnya, klik hyperlink aktif tersebut. Nanti kita akan diarahkan ke web dimana kita bisa mengunduh template blog sesuai yang kita inginkan.

Jika tidak ada tulisan "Free Download", itu artinya si empunya blog tadi memang menyediakan anggaran khusus untuk membeli template. Kalau kita tak punya budget, cari blog favorit lainnya yang menggunakan template gratisan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah basic platform yang kita miliki harus sama dengan blog acuan kita. Kalau blog kita platformnya blogspot, berarti cari blog yang menggunakan platform blogspot juga.

2. Buat header blog
Kalau template sudah di download, langkah selanjutnya membuat header blog. Nggak apa-apa sih kalau template mau coba langsung diupload ke Dashboard Blogger untuk lihat hasilnya seperti apa. Tapi menurutku, sebaiknya kita sediakan header blognya terlebih dahulu agar saat template diupload, header sekalian dipasang, dan akan terbayang hasil akhirnya.

Kalau kita jago menggambar, kita bisa gunakan aplikasi macam Corel Draw atau Photoshop. Tapi kalau tidak bisa, kita bisa buat versi yang sederhana, seperti header blogku saat ini.
Tulisan dan pot bunga aku buat di PicsArt. Kartun cewek aku buat di Cartoon Maker. Selanjutnya, aku gabung pakai Paint. Selesai deh. 😅

3. Upload template dan jangan panik
Setelah template diupload, jangan kaget kalau tampilannya justru malah berantakan. Kadang ada script yang tidak sesuai dari template sebelumnya. Jadi, tak perlu panik. Kita hanya perlu mengatur ulang.

Baca file panduan/dokumentasi, bawaan dari template yang didownload, kalau ada. Kalau nggak ada, ya kita coba utak-atik di Dashboard - Layout, sambil googling agar lebih mudah.

Nah, itu sedikit tips dariku untuk mengubah template / tampilan blog.

Bagaimana menurutmu tentang tampilan blogku sekarang ini? Boleh dong kasih saran yang membangun. Aku akan sangat menghargainya. Terima kasih.

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.