0

Perkembangan Anak Bergantung pada Orang Tua

Pada dasarnya setiap anak terlahir sama. Namun, cara anak berbicara, tingkah lakunya, tingkat kecerdasannya, sangat dipengaruhi oleh peran orang tua. Aku menyaksikan sendiri bagaimana seorang anak itu cerminan orang tuanya.

Ketika merasakan tingkah laku anak yang begitu tidak sopan, berlaku kasar, maka kita lihat saja orang tuanya. "Oh, ternyata orang tuanya tidak memperdulikan anaknya dan membiarkan lingkungan membangun karakternya." Mungkin tidak masalah jika lingkungannya baik, tapi apa jadinya jika lingkungannya kurang baik sementara orang tua sudah tidak mau peduli? Mereka tidak memberikan batas-batas yang akhirnya membuat anak kebablasan dalam bersikap.

Dan menurutku, tingkat kepedulian orang tua sedikit banyak dipengaruhi oleh tingkat pendidikan orang tua. Semakin tinggi jenjang pendidikan orang tua, maka anak semakin terurus. Orang tua cenderung protektif dan menjaga anaknya tidak keluar jalur. Sementara itu, semakin rendah tingkat pendidikan orang tua, mereka cenderung membiarkan anaknya tumbuh apa adanya.

Oleh karena itu, tak ada kata sia-sia dari menuntut ilmu setinggi mungkin, khususnya wanita. Meskipun berakhir sama yakni sebagai ibu rumah tangga, lulusan S1 akan lebih mampu mendidik anaknya dibandingkan mereka yang (maaf) hanya lulusan SMA.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top