2

Jauhilah Kecurigaan

12. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

QS. Al-Hujurat : 12
***

"Kata mama aku, dimanapun kita berada, kita bakal nemuin orang yang baik sama kita dan juga bakal ketemu sama orang resek." kata Mbak Iswari di Jumat yang indah.

"Iya Mbak." kataku.

"Makanya Mia jangan terlalu terbuka sama orang. Boleh sih, tapi lebih hati-hati. Bisa jadi orang yang dekat dengan Mia, justru bakal ngomongin Mia dibelakang." lanjut Mbak Iswari sebelum aku berkomentar lebih banyak.

***

Yah, demikianlah sifat manusia. Beberapa atau sebagian besar dari kita, pasti pernah mendapati kenyataan tersebut. Kenyataan dimana kita satu sama lain saling dipergunjingkan. Si A ngomongin si B di depan si C. Si B ngomongin si C di depan si A. Begitu seterusnya. Dengan dibumbui kecurigaan/buruk sangka keadaan semakin 'panas'.
Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati?
Yuk ah, stop kebiasaan membicarakan keburukan-keburukan orang lain!

2 comments:

  1. Nasehat yg bijak, terimakasih.. Salam silaturahmi :)

    ReplyDelete
  2. adu duh..... Yang biasa gossip... Gossip... Nih... :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top