0

NEOP

Orientasi. Tentu kata itu tak asing di telinga kita. Apalagi dipadupadankan dengan kata anak baru, maka dalam benak kita segera hadir istilah MOS (Masa Orientasi Siswa) dan OSPEK (Orientasi Pengenalan Kampus).

Saat ini, program orientasi seperti MOS dan OSPEK banyak ditentang keberadaannya. Dengan alasan adanya senioritas dan perpeloncoan, banyak orang menjadi kontra dengan kegiatan MOS dan OSPEK. Padahal jika menilik pada kata orientasi yang menjadi dasar pada kegiatan tersebut, maka tak ada yang salah dengan MOS dan OSPEK.

Sebenarnya, apa sih orientasi itu?
Menurut KBBI, orientasi adalah peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dsb) yg tepat dan benar;
Peninjauan bisa diartikan sebagai proses atau cara sehingga orientasi memiliki arti proses/cara yang dilakukan untuk menentukan sikap yang tepat dan benar.


Melihat pengertian orientasi, dapat kita simpulkan bahwa program orientasi merupakan kegiatan yang positif dimana nantinya kita akan bisa menentukan sikap yang tepat dan benar dimana kita berada.

MOS dilakukan agar nantinya siswa-siswa baru dapat mengenali lingkungan sekolahnya dan mampu bersikap dengan benar di sekolah.
Begitu juga dengan OSPEK. Mahasiswa akan mengenali kampusnya dan akan bertingkah laku sesuai dengan aturan yang berlaku di kampus.

Nah, berbicara orientasi, sebagai seorang karyawan baru, aku pun mendapatkan program orientasi. Jika di Polman Astra, program tersebut diberi nama POP (Polman Orientation Program). Aku mengikuti program tersebut selama satu hari di bulan-bulan awal aku magang dulu. Dan sekarang, di IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia), aku mengikuti sebuah program orientasi yang diberi nama NEOP (New Employee Orientation Program). NEOP kali ini diikuti oleh sekitar 25 karyawan baru dan dilaksanakan pada tanggal 16-18 Oktober 2013 (2,5 hari) di ITC (Isuzu Training Center).

Hari Pertama, 16 Oktober 2013, pukul 13.00 WIB
Sebagai bagian dari Astra Group, maka yang pertama kami pelajari dalam NEOP adalah mengenai Astra bisnis. Siapa itu Astra? Line Bisnis Astra ada berapa? bla bla bla semua tentang Astra. Setelah mengenal Astra maka hal utama yang perlu ditanamkan dalam diri kami masing-masing adalah 'Catur Dharma'. 

Bagi insan Astra, tak ada yang tak tahu tentang Catur Dharma, yaitu: 
  1. Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara
  2. Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan
  3. Menghargai Individu dan Membina Kerja Sama
  4. Senantiasa Berusaha Mencapai yang Terbaik
Selanjutnya, kami belajar mengenai ISUZU bisnis. Kapan IAMI berdiri? Siapa shareholdernya? Produk apa saja yang dihasilkan? Kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan IAMI untuk para customernya?

Kami pun diajak berkeliling sepanjang plant yang ada di Pondok Ungu, mulai dari produksi unit hingga ke bagian spare part.

Hari Kedua, 17 Oktober 2013, pukul 08.00 WIB
Kami belajar mengenai AMS atau Astra Management System yang salah satunya mengajarkan untuk Focus on customer. Siapakah customer itu? next process is our customer.

Kami juga mempelajari lebih dalam mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam Catur Dharma Astra. Dan sebagai warga IAMI, maka kami pun dikenalkan dengan TRUCK, nilai-nilai yang selaras dengan Catur Dharma, yang mampu memberikan pijakan bagi kami dalam bersikap sehari-hari.
Trustworthy
Responsible for excellent
Unity for Synergy
Creative
Keep on delighting Customer

Hari Ketiga, 18 Oktober 2013, pukul 08.00 WIB
Kami belajar Product Information dimana kami harus mengenali produk-produk IAMI.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top