Ketika ASI Seret dan BB Anak Turun

Friday, August 02, 2019
Akhirnya ya ngalamin juga yang namanya ASI seret. Zzzz KZL!
Aku beruntung ketika pulang pasca operasi odontektomi, anakku tak bingung puting. Dia masih menyusu seperti biasa, tapi entah mengapa aku merasa kurang percaya diri.

Selama 3 hari aku istirahat di rumah (cuti), bayiku minum langsung tanpa dot. Dia lancar menyusu, perlekatannya oke, tapi aku merasa aliran ASI nya melambat. Biasanya PD akan kencang saat disedot si bayi, tapi sekarang terasa lembek. Mungkin karena aku kurang asupan juga kali ya. Aku masih kesusahan untuk makan. Jadilah makan (bubur) hanya tiga kali dan minum air setelah makan. Belum lagi 5 jenis obat yang ku konsumsi, membuatku makin tidak percaya diri untuk menyusui si bayi. Apalagi sekarang ini sedang menstruasi.

Di hari pertama aku cuti, bayiku tidur sepanjang hari. Sorenya ku dapati popok yang ringan dan warnanya keruh. Aku mulai khawatir dia kurang minum.

Di hari kedua, malam hari, bayiku sering terbangun dan terlihat gelisah. Dia ingin mengempeng sepanjang malam sampai aku merasa capek dan pegal serta nipple terasa perih. Hiks. Apa mungkin ASI ku memang kurang mencukupi.

Di hari ketiga, jadwalnya imunisasi, kaget banget waktu lihat timbangan yang menunjukkan BB anak turun 4 ons. Sebelumnya 6.2kg turun jadi 5.8kg, WEH GAK SALAH TUH TIMBANGAN??? Sedih sesedih sedihnya. Harusnya posyandu tanggal 12 besok targetnya 6.7kg kenapa kembali ke 5.8kg? SELISIHNYA TERLALU JAUUUUHHHHH. Gimana bisa kekejar 9ons dalam 10 hari?

Huft.

Kalau pikiran sudah carut marut gini, makin seret lah ASI ku. Mau dipompa seperti apa juga pasti hasilnya dikit. Terbukti kan cuma basahin pantat botol. Padahal besok sudah masuk kerja, niat hati ingin memberikan ASIP yang fresh sepertinya gagal. Untung masih punya simpanan ASIP meskipun stok lama.

Hah. Rasanya masih denial sama BB anak yang turun drastis. Semoga aja timbangannya nggak bener. Semoga aja besok masuk kerja, aku jadi lebih fresh dan bisa menghasilkan ASI yang banyak lagi. Sementara cooling down dulu, menata hati dan pikiran, untuk kemudian semangat menaikkan produksi. Butuh es krim nih buat pendinginan 😋

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.