4

Sekilas tentang GREEEEN

Beberapa waktu yang lalu aku telah selesai menonton satu film dari Negeri Sakura berjudul Strobe Edge. Salah satu yang membekas dari film tersebut adalah original soundtrack (OST) yang sampai saat ini masih nyaman di telingaku. 
cover film Strobe Edge
OST dari film yang dibintangi oleh Sota Fukushi ini berjudul "Ai no Uta" yang dibawakan oleh GREEEEN, vocal grup asal Fukushima, Jepang. Awal mula aku mendengar lagu tersebut, aku langsung jatuh cinta. Dan sudah jadi kebiasaanku, ketika aku suka pada sebuah lagu, maka aku akan mencari lagu lain yang dibawakan oleh penyanyi yang sama. Jadilah aku mulai mendengarkan lagu-lagu GREEEEN yang lain. Aku pun jatuh cinta pada mereka. Lagu-lagunya (menurutku) enak didengar. Apalagi mereka memiliki suara yang khas.

Penasaran dengan para personil GREEEEN, aku pun mulai googling tentang mereka. Dimulai dari Google Images yang semuanya menampilkan logo berwarna hijau bertuliskan GREEEEN. Tak ada gambar yang menampilkan wajah mereka. 
It's GREEEEN and its member
Ku coba searching di Youtube. Biasanya, para penyanyi memiliki video klip yang diunggah di website tersebut sebagai media promosi. Dan saat ku cek, lagu mereka memang bisa ditemukan di Youtube, tapi seluruh video tak ada satupun yang menampilkan sosok mereka. 

Setelah coba baca-baca beberapa artikel, rupanya GREEEEN ini merupakan artis anonim, yang artinya para fans mereka hanya dapat mengenali mereka melalui karya-karya mereka sementara wajah para anggota tetap dirahasiakan. Mengapa demikian?

GREEEEN memiliki anggota yang semuanya laki-laki; Hide, Navi, 92 (baca: Kuni), dan Soh. Keempat anggota tersebut merupakan mahasiswa kedokteran gigi saat memulai debut mereka pada tahun 2007. Dengan alasan fokus kuliah dan tidak ingin kuliah mereka terganggu dengan kehidupan artis, maka mereka menyembunyikan identitas mereka dengan menjadi artis anonim. 

Awalnya mereka berniat akan memperlihatkan wajah mereka saat sudah lulus menjadi dokter gigi. Tapi saat mereka lulus pada tahun 2009, mereka tetap merahasiakan identitas mereka agar tidak mengganggu karier mereka sebagai dokter gigi. Lucu ya. Di satu sisi mereka punya kehidupan sebagai dokter gigi, tapi di sisi lain mereka tetap asyik berkarya.

Ada yang penasaran nggak sih kenapa GREEEEN harus menggunakan huruf 'E' sebanyak itu?
Huruf 'E' tersebut berjumlah 4 buah yang menunjukkan jumlah anggota GREEEEN. Eits, coba perhatikan penulisan GREEEEN dalam logo mereka.
logo GREEEEN
Logo mereka menggambarkan mulut yang tersenyum memperlihatkan gigi. Namanya juga dokter gigi, jadi tak jauh-jauh dari gigi ya. Tapi lagu-lagu mereka tak ada yang bahas gigi kok. Hehehe.
Kebanyakan lagu dari GREEEEN dijadikan sebagai soundtrack (OST) dari film/drama Jepang. Contohnya lagu Kiseki dari drama Rookies. Lagu Setsuna sebagai OST film Voice. Mungkin dari situlah GREEEEN bisa terkenal sampai sekarang. Mereka hampir tidak pernah melakukan konser untuk mempromosikan lagu-lagu mereka. Sekalinya mereka konser, mereka tetap tidak memperlihatkan wajah asli mereka. Konser mereka dilakukan seperti konser virtual idol, dimana hanya proyeksi dari personil GREEEEN yang melakukan konser.
Konser GREEEEN
Kenapa mereka bersikeras menutupi identitasnya? Karena fokus mereka adalah sebagai dokter gigi. Bisa dibayangkan bukan? Jika mereka memperlihatkan wajah mereka, rumah sakit akan dipenuhi oleh mereka yang meminta tanda tangan. Hihihi.

Sukses terus ya buat mereka :)

Oia, video dibawah ini merupakan salah satu lagu favoritku. Aku ambil dari Youtube. Jangan protes ya kalau para personil GREEEEN tidak kelihatan di video ini. Udah tahu alasannya kan?

Lagu di atas berjudul "UNITY". Aku tak tahu isinya bercerita tentang apa. Belum ada terjemahan dari liriknya. Tapi yang membuatku suka dengan lagu ini yaitu mereka menyisipkan nama mereka diantara lirik yang mereka nyanyikan;

Ikuze H!I!D!E! dekitaranya zettai ni wakasu kono ba wo ok?
NAVI wabi sabi kikasu utagoe okonomi wa dore?
Tsugi ni tsunagete
SOH ittemina “hoo” kikoeruka?
Tooku na hou wa dou?tsuitekina “Go”!
Saigo ni wa 92 kore ga party tune orera hashincchu!!


Bagaimana pendapatmu tentang mereka?
:D

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Greeeen
http://faridazroel.blogspot.co.id/2013/09/greeeen-karya-luar-biasa-dari-hal-biasa.html
http://www.jpopasia.com/lyrics/29421/greeeen/unity.html
http://laughy.jp/1423406446318198525

4 comments:

  1. Uniiik, kebayang klo aku jadi fans mereka, bakal mati penasaran gimana wajah para personil Greeeen hahaha.

    Bagus nih mbak informasinya, aku baru tau klo ada Band yang anonim kek gini.
    Makasih ya sudah ikutan giveaway saya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak. Apalagi mereka menjadi anonim gitu bukan karena cari sensasional :3

      Delete
  2. Wah berarti mereka ga pernah nge-live dong kalo gitu, unik banget ya dimana ga ada konser,jumpw fans atau sekedar minta tanda tangan hihihi

    ReplyDelete
  3. Pertama tau lagu Greeeen dari coverannya Lefty Hand Cream yg jdulnya Michi. Mereka itu unik banget. Sumpaah suka banget sama band ini. Disaat yang lain haus akan popularitas, Greeeen justru hadir sebagai anonim untuk berkarya di dunia musik. mantaps jiwa

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top