Internet

Friday, November 15, 2013
Internet. Pertama kali ku mengenalnya tahun 2007, saat aku masuk SMA. Tepatnya saat guru kimia ku memberikan tugas untuk mencari contoh reaksi kimia. Berhubung masih jadi murid SMA baru dan belum memiliki buku pelajaran cetak, maka temanku mengajakku pergi ke warnet. Dan disitulah aku berkenalan dengan internet, bertemu dengan yang namanya “Mbah Google”.

Aku tak ingat kapan aku bertemu lagi dengan internet dan Mbah Google karena aku menemui mereka hanya saat ada tugas dari bapak/ibu guru.

Suatu hari, aku mendapat tugas dari Bu Setyo, Guru Bahasa Inggris, yaitu mengirim artikel berbahasa inggris melalui email. Disitulah aku kembali bertemu dengan internet dan kali ini aku berkenalan dengan Yahoo serta email.

Setelah aku mendapat mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) aku semakin mengenal internet. Ternyata internet itu luas. Aku pun sedikit minder saat teman-temanku jauh lebih mengenal internet. Mereka punya akun Friendster, mereka bisa ini dan itu.

Dan ketika sebuah media sosial fenomenal lahir (baca: facebook), maka semua heboh membicarakannya. Semua orang menyegerakan untuk membuat akun, dan aku hanya menyimak. Namun, seorang teman berbaik hati mengenalkanku pada facebook.
Sejak mengenal facebook, hidupku tak ada yang berubah. Karena memang aku jarang ke warnet dan komputerku di rumah tak ada fasilitas internet, maka aku tak seperti orang-orang yang menjadi 'gila' pada facebook.

Akan tetapi, di tahun 2010 aku membeli laptop baru dengan modem yang menyertainya. Berhubung saat itu aku tinggal menunggu kelulusan Ujian Nasional dan kebetulan aku sudah dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa beasiswa Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra), maka hari-hariku ku isi dengan ber-internet-an-ria. Aku selalu membuka web Polman Astra untuk mengetahui info-info terbaru seputar kampusku dan aku selalu membuka facebook untuk menyapa teman-teman baruku. Ya, melalui facebook aku berkenalan dengan teman-teman yang nantinya menjadi teman di kampusku. Disitulah aku menemukan kenikmatan facebook-an.

Pada bulan Agustus 2010 akhir, aku hijrah ke Jakarta. Sebagai calon mahasiswa Manajemen Informatika, maka laptop aku ajak juga. Dan setelah resmi menjadi mahasiswa, aku mendapat jatah komputer yang bisa aku gunakan sepanjang hari selama di lab komputer.

Komputer di kampusku lumayan di-protect. Website-website tertentu tidak bisa diakses selama jam kuliah. Contohnya saja facebook, youtube, kaskus, dan sebagainya. Website tersebut hanya bisa dibuka di jam istirahat. Dan ku manfaatkan betul waktu-waktu istirahat untuk facebook-an.

Hingga di bulan Oktober 2010, aku mulai mengenal blog. Meski belum kecanduan dengan aktivitas ngeblog, aku selalu mengisinya ketika sebuah inspirasi datang. Bahkan ketika dosen masih mengajar di depan kelas, aku dengan santainya mengetikkan huruf demi huruf dan menghasilkan sebuah postingan di blog.

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.