0

Studi Kasus Volkswagen


Analisis Volkswagen

A. Sejarah
Volkswagen awalnya didirikan pada tahun 1937 oleh serikat dagang Nazi, yaitu Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront). Sampai pada awal 1930-an pabrikan otomotif Jerman masih banyak terdiri dari pabrikan mobil mewah, dan rata-rata orang Jerman tidak bisa membeli lebih daripada sebuah motor.
Melihat sebuah pasar potensial, beberapa pabrikan mobil membuat proyek mereka sendiri-sendiri untuk “mobil rakyat” seperti Mercedes 170H, Adler AutoBahn, Steyr 55, Hanomag 1.3L, dan lainnya.
Adolf Hitler menyatakan akan membuat sebuah “mobil rakyat” (Volkswagen). Hitler menginginkan sebuah mobil standar berkapasitas 2 dewasa dan 3 anak dan berkecepatan 100 km/jam (62 mil/jam). Mobil rakyat ini nantinya akan tersedia bagi rakyat Nazi dengan harga 990 Reichsmark, seharga sebuah motor kecil pada saat itu (pendapatan rata-rata penduduk saat itu sekitar 32 Reichsmark per minggu).
Insinyur yang terpilih untuk mengembangkan projek mobil ini adalah Ferdinand Porsche. 22 Juni 1934, Dr. Ferdinand Porsche setuju untuk membuatkan mobil rakyat tersebut untuk Hitler.
Maka, perubahan pun dimulai dengan diusahakannya perbaikan pada efisiensi bahan bakar, daya tahan, penggunaan mudah, dan suku cadang yang murah dan efisien. Pada skema bantuan yang diberikan pemerintah pada rakyat Jerman, terdapat kata-kata ("Fünf Mark die Woche musst Du sparen, willst Du im eigenen Wagen fahren" – "Lima marks per minggu harus kamu simpan, jika kamu mau mengendarai mobil milikmu sendiri").Prototipe mobil tersebut muncul tahun 1936 dengan nama “KdF-Wagen” yang dibuat di Stuttgart.
Selama Perang Dunia, pabrik mobil ini menjadi target utama tentara sekutu. Tentara Inggris termasuk pihak yang sangat bersemangat untuk menguasainya. Mereka memerlukan mobil transportasi yang ringan, dan sifat ini dmiliki Kdf Wagen. Saat proses perebutan terjadi, sebagian pabrik mobil ini pun hancur digempur bom. Hasilnya, saat Perang Dunia berakhir, pabrik mobil ini berhasil diambil alih oleh pasukan Inggris.
Di awal tahun 1945, pasukan Inggris menunjuk Mayor Ivan Hirst untuk memimpin pabrik mobil tersbeut. Di akhir tahun tersebut, KdF wagen mampu membuat 2.000 mobil dari sisa-sisa suku cadang yang masih tertinggal di pabrik. Di tahun itu pula, nama KdF oleh tentara Inggris diganti menjadi Volkswagen. Dari sinilah kemudian mobil VW terus berkembang hingga saat ini.

SEKILAS VWoA
Volkswagen of America adalah anak perusahaan AS perusahaan mobil Volkswagen di Jerman. Dibentuk pada bulan April 1955 di Englewood Cliffs, New Jersey untuk standarisasi layanan dealer di Amerika Serikat, tumbuh menjadi 909 dealer Volkswagen di Amerika Serikat pada tahun 1965 di bawah kepemimpinan Dr Carl Hahn. Di bawah dia dan penggantinya sebagai presiden Volkswagen of America, J. Stuart Perkins, penjualan VW di AS naik menjadi 569.696 mobil pada tahun 1970, sebuah puncak sepanjang masa, ketika Volkswagen mencapai 7 persen pasar mobil AS dan memiliki lebih dari seribu dealer AS . Volkswagen Beetle adalah penjual perusahaan terbaik di Amerika Serikat.

B. Teknologi

1.    VW Kembangkan Teknologi ‘Mobil Pintar’
CALIFORNIA (DP) — Volkswagen (VW) menggandeng Silicon Valley, sebuah perusahaan IT semacam Google dan Oracle Corporation, untuk mengembangkan teknologi mobil pintar seperti self-parking car, dan bahkan bisa menghampiri pengemudi melalui panggilan telepon.
Pabrikan asal Wolfsburg ini telah membuka laboratorium elektronik baru di Belmont, California, yang bertugas menciptakan teknologi teranyar yang akan diaplikasikan mobil-mobil masa depan.
Untuk pengembangan teknologi baru ini VW harus merogoh kantong USD$ 20 juta dengan 100 staf teknisi dan desainer.
Fitur yang menarik adalah rancangan mobil bisa mencari tempat parkir sendiri serta bisa menjemput pemilik mobil atau pengemudi hanya melalui panggilan telepon.
Selain itu juga dikembangkan, sistem sensor yang bisa melihat obyek dalam tiga dimensi untuk mendeteksi kondisi lalu lintas, perubahan batas kecepatan bahkan mempercepat atau melambatkan mobil  sesuai kondisi yang dibutuhkan.
Terdapat pula navigasi berbasis Google Earth — bisa menampilkan tampilan kondisi jalanan sesungguhnya bukan hanya alamat yang akan dituju.


2.    VW Kembangkan Teknologi Temporary Auto Pilot (TAP)
Belum lama ini Volkswagen Dan Microsoft telah bekerjasama membagun sebuah server yang nantinya akan digunakan didalam mobil sebagai salah satu sarana hiburan berteknologi canggih yang mampu menyimpan file besar. Ada kemungkinan dengan hadirnya server ini bisa mengakhiri penggunaan Compact Disc (CD) pada perangkat elektronik khususnya bagi mobil Volkswagen seri terbaru.
Sebelumnya Volkswagen juga pernah menjalin kerjasama dengan perusahaan otomotif lainnya seperti Ford Motor Company membangun SYNC platform dan Toyota Motor Corporation untuk mengembangkan Entune system. Tujuan dari kerjasama Volkswagen dan Microsoft adalah untuk menyediakan sebuah paket software infotainment untuk meningkatkan kinerja software infotainment di dalam kendaraan dan untuk mendorong inovasi berkendara.
Dalam membangun server ini Microsoft juga telah menjalin kerjasama dengan pemasok software yakni e.solutions. Belum diketahui pasti kapan server ini mulai diperlihatkan dan menempati mobil-mobil Volkswagen, fitur-fitur yang ada akan terkait langsung dengan layanan seperti yang terdapat di mobil AUDI meliputi Google Maps and in-car internet.


3.    Volkswagen dan Microsoft Bangun Server
Perusahaan volkswagen sedang menguji sebuah "Temporary Auto Pilot" (TAP) sistem yang akan memungkinkan mobil berjalan sendiri dengan kecepatan hingga 80 mil perjam di jalan raya. dengan bundling sistem otomatis termasuk cruise control dan sistem pemantau jalur, TAP Volkswagen mempertahankan jarak yang aman antara kendaraan di depan dan di belakang pengemudi dan menyesuaikan kecepatan, juga menjaga mobil dalam penanda jalur.
Volkswagen, saat ini dalam pengujian, naik sampai 80 mph dan mempertahankan kontrol melalui bundel berbagai sensor ditempatkan secara strategis di sekitar kendaraan. Namun para pejabat perusahaan mengatakan pengemudi akan selalu memegang kendali, meskipun otomatisasi. Mereka mengatakan sistem ini hanya keuntungan keamanan tambahan untuk pengemudi, seperti set ekstra mata di jalan.


C. Masalah + Solusi
Ø       Masalah 1
Antara 1992 sampai 2002, para eksekutif Volkswagen of America (VWoA) fokus mengubah merek VW dan Audi di sekitar pasar AS. Kegiatan Pemasaran dan penjualan adalah prioritas yang membutuhkan pendanaan.

Ø  Solusi
TI dianggap sebagai sumber biaya overhead yang akan disimpan pada tingkat subsisten sehingga semua dana yang tersedia dapat digunakan di pasar
Pada tahun 1992, VWoA menandatangani perjanjian 10 tahun dengan Perot Systems, sebuah penyedia layanan TI, untuk mengurangi jangka pendek biaya TI.
Perot Systems adalah penyedia seluruh dunia jasa teknologi informasi dan solusi bisnis. Melalui pendekatan fleksibel dan kolaboratif. Perot Sistem mengintegrasikan keahlian dari seluruh perusahaan untuk memberikan solusi kustom yang memungkinkan klien untuk mempercepat pertumbuhan, merampingkan operasi dan menciptakan tingkatan baru dari nilai pelanggan. Berkantor pusat di Plano, Texas, Perot Systems melaporkan 2003 pendapatan sebesar $ 1,5 miliar. Perusahaan ini memiliki lebih dari 15.000 rekan terletak di Amerika Utara, Eropa, dan Asia.
Perot menerima tanggung jawab untuk pemeliharaan, perbaikan, dan operasi dari lingkungan produksi IT. Setelah  kontrak outsourcing ini ditandatangani, VWoA mengurangi internal staf IT menjadi kurang dari 10 orang. Namun, selama tujuh tahun ke depan, VWoA semakin menambah staf untuk departemen IT internal menjadi 28 karyawan.

Ø       Masalah 2
Pada tahun 1999,Volkswagen AG (VWAG) menciptakan perusahaan baru di AS yaitu gedasUSA Inc. GedasUSA adalah anak perusahaan AS Gedas AG, konsolidator operasional TI dalam kelompok Volkswagen global perusahaan. meskipun gedas adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki VWAG, Gedas didirikan dengan mandat untuk membebankan suku pasar eksternal dalam memberikan pelayanan kepada perusahaan lain milik VW.
GedasUSA Inc, baru perusahaan Grup diciptakan di Amerika Serikat. Tanggung jawab GedasUSA adalah untuk mengelola kontrak outsourcing dengan Perot Systems dan akan bertanggung jawab atas operasi TI pada waktu berakhirnya kontrak Perot pada tahun 2002. Juga di tahun ini, VWoA membentuk sebuah tim. Tujuan tim ini adalah untuk menciptakan aset pemasaran digital dan berinteraksi dengan pelanggan dengan cara baru.
Untuk mempercepat pertumbuhan GedasUSA, semua 28 orang dari internal departemen TI VWoA dipindahkan ke GedasUSA sehingga VWoA kekurangan staff di bidang IT.

Ø  Solusi
Pada tahun 1999, VWoA mendirikan "tim eBusiness" untuk tujuan menciptakan aset pemasaran digital dan berinteraksi dengan pelanggan dengan cara baru. tim eBusiness yang terletak di setiap VW dan merek Audi, serta dalam bagian penjualan dan distribusi unit kendaraan bisnis. Unit ini mengembangkan hubungan dengan penyedia mereka sendiri pihak ketiga untuk pengembangan dan pemeliharaan aplikasi Web
 
Ø       Masalah 3
Antara 1999 dan 2001, gedasUSA, Perot Sistem, dan tim eBusiness VWoA bekerja sama untuk membangun kembali lingkungan TI untuk mendukung VW dan merek Audi tumbuh sangat cepat. Namun, semakin jelas terlihat bahwa fungsi TI tidak berjalan optimal dalam VWoA. Tanggung jawab untuk mengelola TI terbagi di berbagai provider tanpa adanya suatu organisasi tunggal yang memantau secara keseluruhan. Selanjutnya, unit usaha dalam VWoA adalah semakin khawatir bahwa masalah IT terletak pada jadwal dan biaya.

Ø  Solusi
Pada tahun 2002, ELT  ( Executive Leader Team) memutuskan bahwa sebuah unit bisnis baru yang diperlukan dalam VWoA yang bisa menjadi titik tunggal pemerintahan untuk semua masalah IT. Bahwa organisasi baru ini akan mengkonsolidasikan elemen teknis dari tim eBusiness dan bertindak sebagai titik kontak untuk gedasUSA, yang pada gilirannya akan bertindak untuk memimpin IT dalam  mitra pengiriman. Untuk mencapai hal ini, Matulovic telah dipindahkan dari markas VWAG di Wolfsburg, Jerman ke Amerika Serikat untuk merancang, membangun, dan kemudian memimpin organisasi baru. Pada kedatangannya, Matulovic   mengatur untuk  menciptakan Departemen IT internal, yang disebut Bussiness Process, Tecnology and Organization (BPTO). Sejak penciptaan baru BPTO, proyek TI secara bertahap menjadi di-jadwal dan on-budget. Matulovic menciptakan sebuah departement IT internal baru yang diberi nama “Bussiness Process, Technology and Organization (BPTO)”



Ø       Masalah 4
Dalam kepemimpinan Matulovic, VWoA membangun sebuah Proyek IT namun pendanaan kurang. Dana yang diajukan untuk request project sebesar $210 juta. Namun, dana yang diberikan oleh VWAG hanya sebesar $60 juta.

Ø  Solusi
Dana yang tersedia hanya $60 juta dari dana yang diajukan $210 juta. Sehingga dibuatlah prioritas IT
Selain itu, digunakan juga sistem ranking untuk mengetahui project mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

D. Kesimpulan
Sebagai seorang IT diperlukan sebuah prioritas dalam mengerjakan beberapa project dimana kita akan mendahulukan/memprioritaskan project yang sifatnya urgent.


REFERENSI

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top