Usia 19 Bulan

Friday, October 23, 2020

Satu bulan berlalu. Apa ya yang terlihat signifikan di bulan ini? Rasanya tertutup oleh sakit yang datang secara beruntun. Niat hati pergi ke Puskesmas untuk imunisasi DPT ulangan, eh malah tertunda, karena

1. Demam Dengue

2. Kaki terkilir

Bulan kemarin udah lincah mau lari, bulan ini belajar lagi. Bulan lalu, traking kenaikan BB nya sudah membaik, bulan ini hanya naik 1 ons. Alhamdulillah, tetap bersyukur dengan keadaan saat ini.


Mau Main Mainan

Sebelumnya mainan menumpuk di pojokan, mungkin karena anaknya kurang tertarik jadi dibiarkan begitu saja. Ku coba pindahkan kotak mainan di tempat yang mudah ia jangkau. Ternyata dia mau bermain. 


Dia main transfer kelereng dari satu mangkok ke mangkok yang lain. Setiap kali berhasil, ku beri semangat "YEEAAAYYY" sambil tepuk tangan. Dia pun jadi ikut bersemangat dan memainkannya terus. Saking semangatnya, bangun tidur yang dicari "ndok. ndok." -- sendok.

Dia juga suka permainan cangkir yang dibalik dan menebak cangkir mana yang ada kelerengnya. Kalau lagi main sendiri, nanti dia yang akan membalik cangkirnya, membukanya, dan bilang "kosyong." 

"Ibu. Ibu. Ibu." minta ibunya main juga.


Selain itu, dia juga suka main mobil-mobilan (milik sepupunya). "Obing. Obing." 

 

Meski sudah mau main mainan, tapi HP tetap jadi barang kesukaan. Kalau dulu tontonannya lagu-lagu berbahasa Indonesia, sekarang dia suka nonton konten berbahasa Inggris; Elmo, The Wheel On The Bus (Bipp bippp), Old MacDonald Had a Farm (iyaiya), dan sebagainya.


Mulai Mengenal Warna

Warna pertama yang dikuasainya adalah hitam. Ketika diperlihatkan spidol dan ditanya "item mana?" dia akan menunjukkan warna yang benar. Meski belum bisa menyebutkan warna yang lain, dia sudah sadar akan kesamaan warna. Misal buka beberapa spidol, dia bisa menutup kembali spidol dengan pasangan tutupnya dengan tepat. Kalau salah ambil tutup, dia akan membukanya kembali dan menutup dengan tutup yang sesuai.

 

Suka Menyanyi

Bulan lalu sudah mulai suka bernyanyi, tapi baru sepenggal-sepenggal. Sekarang udah hampir full 1 lagu bisa mengikuti. Lagu kesukaannya:

Tik tik bunyi hujan

Topi saya bundar

Burung kakak tua

Cicak-cicak di dinding

 

Belajar Mengucapkan Dua Suku Kata

Nggak tau sih ini masuk kategori atau bukan, tapi dia bisa berkata:

Bapaaak, sakit.

Adeekk, nangis. 

Mbaaah, bebek.

Kucing bobok. 

Hape mana?


Suka Menyamakan Obyek di Foto

Anakku sudah kenal konsep "SAMA" sekitar umur 17 bulan menuju 18 bulan. Waktu itu aku menunjukkan gambar kepik di flash card dengan tempat sikat gigi bentuk kepik juga. "Kepik. Sama ya? Sama kan?" Sejak saat itu konsep tersebut semakin berkembang.

 

Nah, di usia 19 bulan ini, dia suka banget nunjuk-nunjuk foto di dinding lalu menyamakan dengan obyek aslinya.

"Bapak. Sama." sambil nunjuk bapaknya.

"Akung. Sama."

"Uti." pergi ke belakang, nyari Uti.

Waktu Om nya datang, dia mau digendong, dan mengajak ke figura yang ada gambar Om, hanya sekedar untuk bilang "Sama. Om. Sama."

 

HAHAHA.

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.