Anakku Bisa Berjalan!

Monday, March 16, 2020
MasyaAllah, anakku sudah bisa berjalan.

AKHIRNYA YA AKHIRNYA. Haha, ngegas.


Lega banget rasanya karena benar-benar mengikuti perkembangan tahap demi tahap hingga akhirnya bisa berjalan kesana kemari.

Ku ceritakan lagi, anak ini mulai minta titah di usia 8 bulan lebih. Di usia 9 bulan ku sewakan push walker sebagai alat bantu jalan tapi nggak efektif dan jarang dipakai karena langkahnya masih gontai, belum bisa lepas tangan. Terlalu dini untuk memakai alat itu karena saking semangatnya Si Emak yang pengen anak gadisnya segera berjalan. Sebulan sewa akhirnya ku kembalikan. 

Ya sudahlah itu sebulan penuh titah tangan terus sampai pegel. Hingga usia 10 bulan lebih aku mulai mengeluhkan lelah, padahal anaknya masih terus semangat belajar. Usia 10,5 bulan frekuensi titah mulai berkurang, lebih senang merangkak dan merambat.

Selain titah dan membiarkan anak mengeksplorasi ruang gerak, aku juga menstimulasi dengan cara berhadapan dua orang dewasa kemudian memposisikan bayi berdiri dan berjalan menuju dan dari orang dewasa. Awal-awal pasti oleng dan ngambruk begitu di depan orang dewasa. Jaraknya dari yang pendek, lama-lama diperpanjang. Kegiatan tersebut selalu diulang-ulang saat usianya menginjak 11 bulan. Kalau sedang tidak mau, nggak perlu dipaksa. Bayi juga butuh istirahat.

Dari yang awalnya titah 2 tangan, perlahan lepas 1 tangan ketika langkahnya mulai tegak (tidak gontai). Makin lama, kaki bayi makin kuat. Selain stimulasi yang diberikan, bayi juga belajar sendiri. Belajar berdiri dari posisi duduk dan belajar duduk dari posisi berdiri.

Dan akhirnya, usia 11m19d sudah bisa berdiri (tanpa pegangan) - jalan - berhenti (duduk). Sebelum hari itu, sudah bisa sih, tapi berdirinya masih pegangan benda dan jaraknya juga pendek-pendek. Sekarang alhamdulillah, jalan dengan jarak yang lumayan jauh, meski kadang terjatuh karena belum bisa menghindari benda-benda di depannya. Untuk area yang bertingkat masih belum bisa.

PR selanjutnya; belajar ngomong ya Dek :)

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.