Bayi Merangkak

Tuesday, December 17, 2019

Anakku sudah bisa berpindah tempat dengan cara merayap (merangkak dengan menggunakan perut) di usia 7 bulan sekian. Perkembangan selanjutnya, ia bisa duduk sendiri.


Awalnya duduk sendiri, masih sering oleng. Lama kelamaan, duduknya makin mantap. Jatuh ke kanan atau ke belakang, dia sudah bisa mengendalikan diri. Meski masih 'dug', tapi jatuhnya pelan dan tidak menangis. Selanjutnya, dia duduk dan berputar 360 derajat.

Baru-baru ini, di usia 8m20d, dia menunjukkan perkembangan baru, yakni merangkak dengan perut terangkat. Mulanya hanya berapa langkah, terus dia duduk. Beberapa langkah lagi, lanjut menurunkan perut kembali merayap. Makin kesini, langkahnya makin banyak.

Sebenarnya aku tidak terlalu ambil pusing soal merangkak ini karena ada dokter yang mengatakan 'tak mengapa bayi tidak melalui fase merangkak, yang penting perkembangan lainnya tetap berjalan sesuai usianya'. Dan menurutku, bayiku masih dalam kategori aman sih.

Sejak memasuki usia 8 bulan, dia udah mulai berdiri di pinggir kasur (membungkuk, belum berdiri tegak), mulai dititah dan sekarang (usia hampir 9 bulan) sudah pintar cari tangan --minta dititah. Kalau nggak dituruti bisa nangis sampai keluar air mata. Pinternya, masyaAllah!

Sebentar lagi, bisa berdiri, merambat, jalan, dan lari. Kalau jalan-jalan lagi, nggak perlu digendong lagi Nak, muehehe.

Yang masih menjadi PR saat ini adalah gimana menaikkan berat badan. Sedih banget ih mulai menabrak garis kuning. Semangat ya Sayang :*

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.