Anakku Bisa Duduk Sendiri!

Thursday, November 21, 2019
Ya Allah, terharu sekali rasanya hari ini bisa melihat anakku bisa duduk sendiri di usianya 7m29d alias 8 bulan kurang 2 hari.

Pertamanya nggak lihat secara langsung. Berawal dari dia tengkurap, main sendiri, sementara aku asyik lihat layar HP, ku tengok lagi ke arah ya kok posisinya udah duduk? Dibantu bapaknya, kayaknya enggak deh.

Malam harinya baru bisa lihat prosesnya, bagaimana Si Kecil bisa duduk sendiri, meskipun masih rada sempoyongan. Tapi ku bangga huhu.

Anak kecil tuh ya kalau emang udah waktunya, dia akan bisa dengan sendirinya. Dia tahu kapan harus bisa tengkurap, kapan harus bisa berbalik dari tengkurap ke terlentang, dan sebagainya. Tugas orang tua hanya menstimulasinya dan percaya bahwa anaknya pasti bisa. Jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisinya agar terus tumbuh sesuai usianya.

Soal duduk ini, sebenarnya anakku belajar sendiri sih. Dia suka berguling hingga pinggir kasur. Saat di tepian aku hanya memberikan instruksi, "kalau mau turun, kakinya dulu Dek" sambil pegang kakinya. Nggak yang langsung berhasil sih. Kadang dia tetap maju lurus sehingga posisinya nyungsep atau justru berguling sehingga badannya jatuh kebawah. Lama kelamaan ku rasa dia belajar. Kaki dulu yang diturunkan, selanjutnya dia memposisikan diri untuk duduk. Aku hanya mengawasi saja, memastikan jika tubuhnya oleng, dia tidak akan jatuh terbentur.


Sekarang ini Si Dia udah mulai menolak untuk didudukkan. Tiap kali diposisikan, kakinya pasti lurus, minta berdiri. Artinya dia lagi mempersiapkan diri untuk tahap perkembangan selanjutnya; berdiri, rambatan, jalan.

Kadang suka takjub sendiri lihat perkembangan anak. Begitu Allah menciptakan makhluk Nya dengan sempurna 💕

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.