Kebiasaan Tidur Malam

Saturday, October 19, 2019
Sudah dua minggu ini anakku mempunyai kebiasaan tidur yang salah. Hmm, salah menurut siapa ya? 🤔

Jadi, menjelang magrib si bayi akan tidur. Maksimal jam 19.00 WIB dia akan terbangun. Selanjutnya nanti pukul 21.00-an dia akan tidur lagi. Herannya 30-45 menit kemudian, dia akan terbangun dan akan tidur kembali di jam 23.00 - 00.30 WIB. Pokoknya tidur di jam 8 - 9 malam nggak akan bertahan lama, pasti terbangun, dan susah untuk tidur kembali. Itu yang terjadi selama dua minggu ini. Sebelumnya mentok jam 22.00 dia akan tidur sampai pagi.

Kondisi ini sungguh membuat ku lelah. Kalau aku bisa bertahan dari rasa kantuk, ku temani anakku sampai dia tertidur. Kalau tidak bisa, ya pasti ketiduran. Dua kali sudah anakku jatuh dari kasur gara-gara aku menjaganya sambil tidur. Yang pertama dia nangis kenceng, yang kedua dia kalem sambil main karpet.
Saat jatuh yang kedua
Kadang mikir mungkin anak ini butuh waktu lebih banyak dengan orang tua nya karena seharian kerja. Pengen nemenin, ngajak bercanda tapi kok ya aku ngantuk. Apalagi kalau bapaknya bocah udah tidur duluan, ngantuk nya jadi berlipat-lipat. Yang bikin emosi jiwa dan raga itu kalau sepanjang malam dia gelisah dan rewel. Ditaruh nangis, digendong nggak betah, wajahnya terlihat ngantuk tapi nggak tidur tidur 😑😒

Akan tetapi, rasa lelah dan kurang tidur yang ku rasakan bukan menjadi masalah besar, yang ku khawatirkan hanyalah tumbuh kembang anakku. Pernah dengar tentang hormon pertumbuhan yang aktif saat tidur? Hormon ini puncaknya jam 23.00 sampai 02.00 dan tidak muncul kalau tidak tidur nyenyak. Itulah sebabnya anak harus tidur di jam 20.00 - 21.00 agar di jam 23.00 tidurnya sudah pulas.


Lha kalau baru tidur di atas jam 23.00 piye
Rasanya sangat kacau, apalagi waktu posyandu kemarin BB nya hanya naik 300 gram dari yang seharusnnya 700 gram (total akumulasi KBM karena bulan lalu bolos posyandu). Grafik KMS nya sedikit lagi menabrak garis kuning bawah. Hiks SEDIH. 

Selain itu, karena tidurnya terlalu malam, paginya tentu saja susah bangun. Jam 06.00 harus selalu ku oprak-oprak agar dia bangun untuk kemudian ku mandikan. Pernah satu hari, selesai dia mandi, pakai baju, dia langsung tertidur tanpa digendong dan diayun. WOW, ngantuk berat ya Nak. Jadi ya gitu deh, habis mandi, pasti lanjut tidur, baru kemudian makan pagi. Sarapannya jadi kesiangan, makan siangnya jadi kesorean.

😣😣😣

Entah harus darimana memperbaikinya, sungguh ku tak tahu. Tulisan ini hanya sebagai stress release atas kondisi saat ini. Aku yakin nanti ada saatnya anakku akan tidur dengan teratur, makan yang banyak, dan bisa tumbuh dengan optimal.

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.