Isuzu dan Sparepart
Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah Information Process Business Minggu ke-1
Amati perusahaan tempat Sdr bekerja atau perusahaan lain yang Sdr tertarik. Diskripsikan profile perusahaan yang menyangkut misi, visi, strategi perusahaan. Apa bidang dan jenis usahanya, pemakai barang atau jasa yang dihasilkannya, pemasoknya, serta partner usaha?
Saya bekerja di PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Divisi Sparepart.
IAMI merupakan
Agen Tunggal Pemegang Merek Isuzu di Indonesia dengan bidang usaha perakitan kendaraan bermotor merek
Isuzu, beserta komponen dan bisnis lain yang terkait.
Produk IAMI adalah kendaraan komersil
multi fungsi yang terdiri dari Panther (MPV), Isuzu Pick-up, D-Max (Pick-up 4x4), Bison
(Pick-up), N series (Light Truck/kategori
2) dan F series
(Medium Truck/
kategori 3).
Produk-produk
tersebut merupakan kendaraan niaga yang cocok untuk transportasi dan distribusi angkutan barang (Comercial Vehicle).
Penjualan kendaraan
bermerk Isuzu dilakukan oleh distributor
dan dealer resmi mobil dan truk Isuzu yang tersebar di Indonesia.
Misi:
Mempromosikan
dan meningkatkan bisnis Isuzu di Indonesia melalui kepuasan pelanggan.
Visi:
Menjadi nomor 1
di pasar nasional segmen kendaraan bermesin diesel.
Untuk mewujudkan
visi dan misi perusahaan, IAMI mempunyai strategi
yang tujuan utamanya yaitu kepuasan pelanggan. Salah satu bagian dari kepuasan
pelanggan untuk bisnis kendaraan komersil adalah ketersediaan suku cadang
(sparepart) dimana para pengguna kendaraan Isuzu dapat dilayani dengan baik
dengan downtime kendaraan yang kecil.
Salah satu program untuk menjamin
ketersediaan sparepart adalah program supply suku cadang 1x24 jam
atau gratis. Program ini telah berhasil membuat perbedaan pelayanan terhadap kompetitornya. Jika dibandingkan
dengan produsen kendaraan komersil yang lainnya seperti Mitsubishi, Hino, Man,
Nissan Diesel, Toyota, Mercedes Benz dan Volvo, hanya Isuzu yang memiliki
strategi pelayanan purna jual supply suku cadang 1x24 jam atau gratis. Dengan
adanya program supply suku cadang 1x24 Jam atau gratis, Isuzu telah
memenuhi salah satu definisi kualitas pelayanan yaitu kualitas merupakan
persepsi konsumen atas tingkat keandalan sebuah produk dalam memenuhi kebutuhan
total mereka.
Sumber:
di PT. Astra mash bnyk loker nggak ?
ReplyDeleteada kalo mau nyari bang.. hehehe
ReplyDelete