Kata Ajaib

Ada tiga kata yang sangat ajaib
Yang bisa mengubah hidup kita
Caranya mudah saja
Dengarkanlah dan ikuti aku
Yang pertama, katakan tolong
Setiap kau minta bantuan
Yang kedua, terima kasih
Saat ada yang datang membantu
Lalu ketiga, ucapkanlah maaf
Jika kau sakiti siapa pun
Katakan semua setulus hati
Dan keajaiban akan terjadi

Pernah dengar lagu di atas belum? Sebuah lagu ciptaan Tere yang dinyanyikan oleh Dara yang saat ini usianya sekitar 10 tahun. Tiga Kata Ajaib, sebuah lagu sederhana namun memiliki makna yang luar biasa, selalu ada keajaiban dibalik 3 kata tersebut.
Coba kita sadari, di usia kita sekarang ini, seberapa seringkah kita menerapkan 3 kata ajaib itu? Tolong, Terima Kasih, Maaf. Begitu sederhana namun tanpa kita sadari jarang sekali kita menggunakan kata itu.


Tolong
Kata ini kita gunakan saat kita meminta bantuan. Keajaiban apa yang kau dapatkan? Pernahkah ketika kita meminta bantuan orang lain, namun orang itu justru marah-marah? “ngapain nyuruh-nyuruh? Punya kaki - tangan buat apa?” Menyakitkan ya?Terdengar menyakitkan memang, apalagi jika kita memang benar-benar butuh bantuan. Jangan salah, bisa saja orang itu berbuat demikian karena cara kita yang salah. Kita minta bantuan namun dengan nada memerintah,membentak, dan kasar. Terang saja orang akan malas membantu. Disitulah letak keajaiban kata TOLONG. Dengan sebuah kata tolong kita bisa menaikkan rasa percaya diri seseorang. Mengapa demikian? Jika kita di posisi orang yang dimintai tolong, bagaimana perasaan kita saat terlontar kata tolong dari orang yang meminta bantuan? Pastilah kita merasa kalau kita dianggap ada dan kehadiran kita benar-benar diharapkan. Bukankah salah satu tujuan kita hidup kita adalah saling tolong menolong antar sesama? Coba saja bayangkan ketika kita hidup sendirian, tiada kawan. Kesepian bukan? Lantas apakah kesepian akan kita pelihara dibandingkan bantuan yang takseberapa kita berikan. Dan tentu saja jangan lupa bubuhkan kata TOLONG di setiap bantuan yang kita pinta.

Terima Kasih
“Terima kasih telah membantu”. Sebuah kalimat yang begitu menentramkan hati, menurunkan suhu di keadaan sekitar. Terima kasih bukan hanya digunakan saat orang lain telah selesai membantu kita. Terima kasih bisa gunakan sebagai tanda penghargaan atas apa yang orang berikan ke kita. Cinta, perhatian, kasih sayang, jasa, semua itu perlu kita berikan ucapan “Terima Kasih”. Seberapa seringkah kita mengucapkan terima kasih kita ke orang tua. Pasti jarang sekali. Padahal orang tua adalah orang yang paling berjasa dan senantiasa mencurahkan kasih sayang dan cintanya yang tulus kepada kita. Mungkin kita gengsi, malu, atau apapun itu. Namun, jika kita berpikir jauh, mengapa kita harus gengsi? Mengapa harus malu? Betul?

Maaf
Siapa di antara kita yang hanya saat lebaran minta maaf? Tidakkah kalian betapa ajaibnya kata yang satu ini? Sulit memang saat mengucap maaf. Ego yang besar biasanya yang menghambat. Gengsi dan malu lagi-lagi hadir. Padahal satu kata maaf bisa mengubah dunia.

1 comment:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top