Wednesday, October 30, 2013

Wisuda On Side of Me

"Aku nang Alfamart cedhak Masjid."
"Haa?? Oh iyo." kataku sambil mengucek mataku yang masih terlelap.
"Piye?"
"Iyo, aku mrono, takpethuk."
"Arep methuk? Yo, tak tunggu."

Aku membuka mataku. Ku lihat jam di HP ku menunjukkan pukul 04.19 WIB. Aku segera bangkit dari tempat tidurku, berganti pakaian, dan berjalan menuju pintu depan. Tak lupa aku pamitan dengan orang rumah.

"Bu, Bapak Ibuk saya sudah ada di Alfamart. Saya mau jemput mereka."
"Ya udah, biar diantar Bapak."
"Nggak usah, Bu. Saya sendiri nggak papa kok."

Aku membuka pintu depan. Ku buka pula pintu gerbang. Dengan mata yang masih sayu, aku berjalan gontai menuju tempat yang disebutkan oleh orang yang menelponku tadi. 

Tak sampai lima menit aku berjalan, seseorang di seberang sana melambai-lambai memanggiku. 'Ah, itu mereka' batinku. Aku mendekatinya dan seketika mencium tangannya. Aku pun masuk ke dalam mobil.

Wisuda

Akhirnya tibalah masanya..
Tiga tahun kuliah,,
Penuh perjuangan, penuh pengorbanan..
Namun, hari yang nanti telah tiba..
Inilah hari kemenangan kita,,
Mahasiswa Politeknik Manufaktur Astra Angkatan 2010

Wisuda XIV dan Dies Natalies XVIII
Politeknik Manufaktur Astra Angkatan
Wisuda with MI 2010 Family

Monday, October 28, 2013

Aku Sang Penjaga Telpon

Aku Mia. Aku adalah bagian dari divisi Spare Parts di sebuah perusahaan besar dengan produksi utama truck. Aku ditempatkan di bagian Marketing Area. Ditambah dengan kehadiranku, jumlah di bagian Marketing Area ada 6 orang. 
 
Sebelumnya hanya ada 4 orang di Marketing Area, masing-masing memegang areanya masing-masing. Jadetabek, Jabar, Jateng, Jatim, Sumatera, IBT. Tugas mereka adalah menjalin hubungan baik dengan orang-orang spare parts di dealer-dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka menjalankan tugas sesuai areanya masing-masing. Dengan hanya berjumlah empat orang, mereka mengalami kesulitan. Apalagi jika jadwal bepergian (ke area masing-masing) bersamaan. Akhirnya mereka merekrut satu orang lagi untuk membantu mereka. Orang tersebut menjadi bagian dari Marketing Area satu bulan lebih awal dari kehadiranku. Dikarenakan kelima orang yang mengisi posisi Marketing Area adalah para lelaki, maka mereka butuh satu orang lagi, khususnya perempuan, yang bisa menangani administrasi perkantoran, sehingga mereka bisa bebas pergi ke area masing-masing tanpa perlu khawatir administrasi mereka terbengkalai.

Sunday, October 27, 2013

Rumah MI 2010 Family

Rumah adalah tempat kita bernaung. Tempat dimana kita menemukan kebahagian dan kebersamaan. Bersama anggota keluarga mengukir cerita. Cerita indah untuk dikenang sepanjang masa.

MI 2010 Family pun memiliki rumah. Rumah, tempat untuk menghabiskan waktu berjam-berjam menjalin sinergi antarkomponennya. Saling berbagi ilmu, pengalaman, cerita, dan makanan. Semua terangkum indah dalam hangatnya MI 2010 Family di sebuah rumah. 

Dan inilah rumah pertama kami..
Lab 406, Ruang Autocad

Saturday, October 26, 2013

MI 2010 Family

Sebuah komputer dapat digunakan sebagaimana mestinya setelah komputer melakukan booting atau proses menghidupkan komputer. Salah satu tahapan pada proses booting yaitu menekan tombol power (ON) pada casing PC atau lebih dikenal dengan CPU.

CPU (Central Processing Unit) merupakan pusat pemrosesan data dari sebuah perangkat komputer. Di dalam CPU terdapat beberapa komponen yang saling terhubung satu sama lain. Ada motherboard, processor, RAM, VGA, dan sebagainya. Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing yang saling mendukung kerja CPU dalam memroses data.
Jika komputer itu diibaratkan sebagai Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra), maka MI 2010 Family bagaikan CPU yang memiliki fungsi penting bagi hidupnya komputer dimana MI 2010 Family juga memiliki komponen-komponen yang memainkan perannya masing-masing. 

Siapakah MI 2010 Family?
MI 2010 Family terdiri dari 3 kata; 
MI : Manajemen Informatika, salah satu program studi di Polman Astra
2010 : tahun terbentuknya MI 2010 Family
Family : keluarga

About Me Now

Perkenalkan, namaku Meo^^nk.
Aku berasal dari Purworejo, Jawa Tengah.
Delapan belas tahun aku menjadi gadis desa di sebuah desa di Purworejo.
Tiga tahun merantau di ibukota untuk mengenyam pendidikan di level yang lebih tinggi.
Selebihnya, aku mengembalikan kepada sang waktu untuk mengarahkanku menjadi orang yang lebih bermanfaat bagi orang lain.
Itulah aku saat aku menjadi Meo^^nk.

Sekarang nama itu sudah tak ada. Aku sudah menggantinya. Aku ingin hadir sebagai aku yang sesungguhnya karena ku rasa, aku sudah cukup menikmati masa-masa alay. Sejak berkenalan dengan dunia maya hingga tahun 2010-an, aku telah menggunakan nama-nama yang bukan nama asliku. Tengok saja fakta dan data berikut.
Email: terez_merah@yahoo.com
Facebook: Mia Teresiana > Mia ZTers RedDish
Blog: Meo^^nk

Friday, October 25, 2013

Manajemen Informatika Polman Astra

Program Studi Manajemen Informatika (MI) membekali lulusannya dengan kemampuan bidang manajemen informatika yang mengacu pada perkembangan teknologi informasi. Titik berat program studi ini adalah proses pengembangan dan pengelolaan sistem informasi beserta teknologi informasinya. Beberapa mata kuliah dalam kurikulum prodi MI menerapkan penggunaan teknologi informasi dari vendor ternama.

Visi:
"Menjadi program studi D3 terbaik di bidang informatika yang paling diminati di Indonesia, baik oleh calon mahasiswa maupun oleh industri".

Misi:
"Menghasilkan tenaga ahli madya dalam bidang informatika yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri pengguna pada umumnya, dan manufaktur khususnya".

Tuesday, October 22, 2013

"If You're Not The One"

by: DANIEL BEDINGFIELD

If you’re not the one then why does my soul feel glad today?
If you’re not the one then why does my hand fit yours this way?
If you are not mine then why does your heart return my call
If you are not mine would I have the strength to stand at all

I'll never know what the future brings
But I know you're here with me now
We’ll make it through
And I hope you are the one I share my life with

NEOP

Orientasi. Tentu kata itu tak asing di telinga kita. Apalagi dipadupadankan dengan kata anak baru, maka dalam benak kita segera hadir istilah MOS (Masa Orientasi Siswa) dan OSPEK (Orientasi Pengenalan Kampus).

Saat ini, program orientasi seperti MOS dan OSPEK banyak ditentang keberadaannya. Dengan alasan adanya senioritas dan perpeloncoan, banyak orang menjadi kontra dengan kegiatan MOS dan OSPEK. Padahal jika menilik pada kata orientasi yang menjadi dasar pada kegiatan tersebut, maka tak ada yang salah dengan MOS dan OSPEK.

Sebenarnya, apa sih orientasi itu?
Menurut KBBI, orientasi adalah peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dsb) yg tepat dan benar;
Peninjauan bisa diartikan sebagai proses atau cara sehingga orientasi memiliki arti proses/cara yang dilakukan untuk menentukan sikap yang tepat dan benar.

Friday, October 11, 2013

Aku Disini

これ は私 の 新しいまち。
Kore wa watashi no atarashī machi. 
Ini kota baru saya.

これは 私のあたらしかぞく。
Kore wa watashi no atarashi ka zo ku.
Ini keluarga baru saya.
 
Sebuah ungkapan bahagia setelah penantian panjang. Buah kesabaran, perjuangan, dan harapan setelah peluh, pengorbanan, waktu, dan tenaga telah terkuras habis.

Inilah aku saat ini. Aku yang telah menghabiskan waktu tiga tahun di Jakarta, kini telah pindah. Sebuah kota baru di provinsi baru, Jawa Barat. 

Ya. Aku sekarang ada di Bekasi. Jauh dari teman-teman seperjuangan, namun (mencoba) dekat dengan keluarga baru.

Mengapa aku disini? Karena inilah pelabuhan yang terpilih untukku. Aku tengah menjalankan rencana terbaik-Nya setelah ku lalui ini, ini, dan ini.
***

Sunday, October 06, 2013

Aku Jahat

"Kamu jahat. Aku nggak suka sama kamu."

Aku terdiam. Terhenyak. Terpaku. Mencoba mengendalikan perasaan. Marah, kesal, dan tak tahu arah. 

Sesaat aku seperti berada di batas ruang dan waktu. Mengembalikan ingatanku kala aku terdiam dan sendiri. Hening. Mata ini panas. Hati ini menahan amarah. Namun, jiwa ini mencoba bertahan. Bertahan untuk berjuang. Berjuang melawan semua rasa.

"Kau egois. Kau tak pernah tahu apa yang aku rasa bukan?"
"Kau selalu menempatkan dirimu di posisi orang lain, namun kau tak pernah menghilangkan sisimu."
"Kau tak kan bisa mengubah keadaan seperti apa yang jadi kehendakmu."

Aku terdiam. Menahan setiap suara keluar dari mulutku yang membungkam.

Bandung, We are Coming

 Hai. Aku Mia. Tebak aku dimana?
Yaps, tebakanmu benar.
Aku di Kawah Putih, Bandung.
.