Monday, January 27, 2014

Masih Membungkam

Aku masih disini, hanya bisa melihat siluet wajahmu dengan diam-diam. Bersikap sebiasa mungkin agar tak ada orang yang menyadarinya. Berharap mataku tak bertemu dengan matamu di suatu titik karena aku pasti malu mengakuinya jikalau aku selalu memperhatikanmu.

Ada perasaan aneh dalam diri ini. Entah itu benci, kesal, atau justru itu... cinta? Entahlah. Yang ku rasa kau menjadi sosok yang berbeda. Dan kau ... semakin menjauh meski ragamu tak berpindah sedikit pun. 

Dulu, kau masih mau membagi sedikit tawamu untukku. Tapi kini... kau lempar pandanganmu untukku pun tidak. Sebegitu asingkah aku di matamu? Atau justru aku yang nampak mengasingkan diri. Bukankah waktu itu..?

Ah sudahlah. Aku benci mengingat yang lalu. Aku pun tak banyak berangan masa depan denganmu. Namun, yang perlu kau tahu, aku tak kan berubah. Mata ini tetap setia mengawasi tiap gerak gerik lakumu, meski mulut ini membungkam hanya tuk sekedar menyapamu.

*efek baca Kancut Keblenger - Digital Love dan Sepasang Kaos Kaki Hitam, jadi pengen nulis tentang cinta-cintaan #halah 

Tuesday, January 21, 2014

Day 16: Top 5 Blog Favorit

Blog Favorit? Anggap saja; blog yang sering aku kunjungi, yang selalu aku cek apakah ada postingan terbaru, dan yang membuat aku ingin membaca semua tulisannya.

Mungkin Top 5 Blog Favorit ini terlalu subyektif karena aku memasukkan unsur "kepo" dan menambahkan "nepotisme" ke dalamnya.

Dan hasilnya, inilah Top 5 Blog Favorit;
Pemilik blog ini bernama Adininggar Khintana Dewi. Siapa yang tak kenal dia. Berulang kali namanya ku sebut dalam blog ini. Dia adalah teman sekelas (waktu kuliah), teman seorganisasi, teman sekosan, bahkan teman sekamar.

Banyak kejadian dan peristiwa yang ku lalui bersamanya. Dan itu semua kami ceritakan di blogku dan blognya. Itulah yang membuatku sering mengunjungi blognya. Barangkali ada kisah kami berdua yang ia ceritakan di blognya. Dan menurutku, mengunjungi blognya merupakan wujud kepedulianku padanya. Aku ingin tahu apa yang ia lakukan, kerjakan, dan rasakan.

Monday, January 20, 2014

Day 15: Kekuatan Super?

Kekuatan super yg kamu inginkan dan bagaimana kamu akan menggunakannya.

Membahas kekuatan super mengingatkan ku pada Para Penyihir Fairy Tail. Ah, anime yang satu itu memang nggak  ada matinya. Jadi pengen nonton lagi. 

Entah mengapa aku selalu ingin punya kekuatan untuk bisa tidak-menampakkan-diri. Mungkin kekuatannya mirip dengan Harry Potter yang memakai Jubah Penghilang. 

Aku ingin mendengar orang-orang yang membicarakan ku di belakang (dalam artian mereka membahas tentang diriku dan aku tak mengetahuinya). Aku penasaran, aku di mata orang lain dikenal sebagai pribadi yang bagaimana. Apakah kebaikanku yang dikenang orang lain atau justru hal-hal negatif tentangku yang mereka bicarakan. Dengan mengetahui hal tersebut, setidaknya aku bisa intropeksi diri.

Kekuatan super lainnya? Entahlah. Masih belum kepikiran. Bagiku, pemberian-Nya jauh lebih dari sekedar kata cukup.

Sunday, January 19, 2014

Day 14: Lima Tahun Mendatang

"Hallo... adek mpun maem dereng?"
Hallo... adek sudah makan belum?

"Sampun? Pinter! Maem nopo wau?"
Sudah? Anak pintar! Makan apa tadi? 

"Haa? Iwak? Enak mboten?"
Haa? Ikan? Enak nggak?

"Adek mboten nakal to?"
Adek nggak nakal kan?

"Dinten setu dolan yo dek? Purun mboten?"
Hari Sabtu main yuk dek. Mau nggak?

"Purun? Dolan ten Gembira Loka nggih? Ningali gajah, macan, boyo. Purun mboten?"
Mau? Main ke Gembira Loka ya? Lihat gajah, harimau, buaya. Mau nggak?

Yuk Berjilbab!

31. Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

QS. An - Nur (24): 31
***

Wednesday, January 15, 2014

Alhamdulillah

 
Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepada kamu. Adakah pencipta selain Allah yang memberi rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada tuhan selain Dia, maka betapa kamu bisa dipalingkan?
Al-Fathir: 3
***

Blog 'Dia' Ulang Tahun

Sore ini, setelah bermandikan air hujan ditambah celana basah karena menerjang banjir se-kemiri (baca: mata kaki), jariku usil scroll-down timeline twitter dan terhenti pada retweetan seseorang yang me-retweet tweetan berikut. *ngomong apa sih?*

 
Coz it contains the keyword "giveaway", tanpa pikir panjang aku langsung meluncur ke link yang tersedia. Dan apa yang terjadi? Jeengg.. jeeengg... jeenngg...
Sssstt.... ada giveaway... yuk yuk pada ikutan. Si empunya blog sedang merayakan setahunnya dia nulis di platform blogdetik
Dia? Dia siapa?
Dia adalah Rully/randeskop/chairul/umam/chairulumam/andeskop. Jangan tanya saya siapa nama aslinya karena saya pun baru berkenalan dengannya. Salam kenal, Bang!

Tuesday, January 14, 2014

Jauhilah Kecurigaan

12. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

QS. Al-Hujurat : 12
***

Monday, January 13, 2014

Ayo Belajar

11. Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

QS. Al Mujaadilah: 11

Friday, January 10, 2014

Sabar

Muĥammad:31 - Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu.
****
Malam ini aku tak membuka laptop sama sekali. Aku sedang tak enak badan. Pusing pengantar pilek cukup membuatku tak berdaya. Selepas makan malam aku langsung tertidur. Dan kini aku terbangun.

Di saat sakit seperti inilah, seseorang baru akan tersadar betapa berharganya kesehatan. Untuk itu, yuk yang sekarang sehat banyak-banyak bersyukur dan menjaga kesehatannya dengan baik. Yang sekarang sedang sakit, bersabarlah. Alloh sedang menguji kita dengan sakit tersebut. Mendekatlah pada-Nya karena Dialah Sang Pemilik Kekuasaan.

Thursday, January 09, 2014

Damai lah... Damai

Kamar-kamar (Al-Ĥujurāt):10 - Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

***

Acep, laptopku, baru saja dipinjam kawanku. Meski malam ini aku berniat untuk mengerjakan tugas kuliah, namun rasanya lebih baik jika malam ini laptopku ku pinjamkan dulu. Toh pinjamnya cuma malam ini dan deadline tugas kuliahku masih hari Minggu.

Aku ingat malam ini aku belum menulis #1ayat1day. Aku pun menulis ini lewat hape.

Awalnya, aku ingin menulis ayat tentang anjuran untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Seperti yang ku lakukan saat ini bersama Mbak Iswari. Iya, kami sedang berlomba-lomba untuk.menakhlukkan tantangan 1 day 1 juz. Aku sudah masuk di hari kedua. Begitu pula dengan mbak iswari. Namun berhubung, dia sedang datang bulan, maka ia menghentikan program ini sejenak.

Tak menemukan ayat yang dimaksud, rupanya aku menemukan ayat di atas. Dan ku rasa ayatnya ngena banget.

Di sekeliling kita pasti banyak sekali perselisihan, rasa tidak suka yang menyebabkan permusuhan. Jujur aku tak suka. Aku tak suka orang beradu mulut mempermasalahkan sesuatu tanpa ada habisnya. Pethenthengan, kalau aku menyebutnya dalam bahasa Jawa. Ada juga model permusuhan dimana kedua belah pihak saling menjatuhkan saat mereka di daerah kekuasaan mereka. Sementara di depan, mereka seakan tak punya masalah apa-apa. Aku pun tak menyukai model permusuhan seperti itu.

Ingat, kita semua bersaudara euy. Yuk ah damai!!!

Wednesday, January 08, 2014

Jangan Bersedih

139. Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

QS. Ali 'Imran (3): 139

Tuesday, January 07, 2014

Doa


285. Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat." (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali." 

Monday, January 06, 2014

Tahajud Yuk

79. Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. 
QS. Al-Isra' (17): 79

***

Sunday, January 05, 2014

Day 13: Dua Tahun Lalu dan Kini

Seberapa jauh kamu berubah di dalam 2 tahun terakhir ini?

Melirik ke kalender di atas meja, tak terasa tahun telah berganti. 2014. Harapan baru mulai berkembang disana sini, bak musim semi yang memekarkan jutaan bunga yang lama tak terlihat dan dedaunan yang lama tak menaungi. #ngomong opo seh?

2012. Dua tahun yang lalu...
Aku masih duduk dengan seragam biruku dengan bordir putih bertuliskan "POLMAN ASTRA". Kini seragam itu telah ku tanggalkan. Digantikan dengan seragam putih dengan bordir merah bertuliskan "ISUZU". 

Secara sifat dan perilaku tak ada yang berubah dariku. Aku tetap menjadi aku. Aku yang lebih banyak mendengarkan daripada minta didengarkan. Aku yang lebih banyak menebar senyum daripada membuat orang lain tersenyum. Aku yang masih suka tidur di sembarang tempat. Dan aku seperti yang kalian kenal.

Bersyukur dan Terima Kasih

152. Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu[98], dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.
[98]. Maksudnya: Aku limpahkan rahmat dan ampunan-Ku kepadamu. 

QS Al-Baqarah (2): 152

Kawan,
Masihkah kau bisa menghirup udara segar pagi ini?
Masihkah kau bisa membuka mata melihat lingkungan sekitar?
Masihkah kau bisa menggerakkan anggota badanmu untuk beraktivitas?

Subhanallah..
Banyak hal yang bisa kita syukuri pagi ini, Kawan..
Mari kita ucapkan hamdallah bersama-sama..
Alhamdulillah..

Saturday, January 04, 2014

Day 12: Acara TV

Siapa disini yang sering nonton TV di rumah? di rumah tetangga? di kosan? di kosan tetangga?
Apa sih acara TV yang jadi favorit kamu?

Semenjak lulus SMA, aku jarang nonton TV, secara aku menjadi anak kosan yang di dalam kamarnya tidak ada televisi. Aku yang saat itu sedang menjalin persahabatan dengan Acep pun lebih senang berkelana di dunia maya yang lebih luas. Alhasil, aku sering ketinggalan sinetron maupun FTV yang hadir di layar kaca.

Terlalu lama meninggalkan televisi membuat selera nonton TV ku menurun. Meskipun saat itu akhirnya hadir sebuah televisi di kamar kosan, nyatanya tak membuatku gemar nonton TV. Bukan. Bukan karena televisi yang banyak semutnya, namun lebih ke acara TV yang tak menarik hati ini.

Teman Iblis

71. (Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah." 

72. Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya." 

73. Lalu seluruh malaikat-malaikat itu bersujud semuanya, 
74. kecuali iblis; dia menyombongkan diri dan adalah dia termasuk orang-orang yang kafir.

75. Allah berfirman: "Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?."

76. Iblis berkata: "Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah."

77. Allah berfirman: "Maka keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk,
78. Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan."

Friday, January 03, 2014

Sifat Manusia


8. Dan apabila manusia itu ditimpa kemudharatan, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali kepada-Nya; kemudian apabila Tuhan memberikan nikmat-Nya kepadanya lupalah dia akan kemudharatan yang pernah dia berdoa (kepada Allah) untuk (menghilangkannya) sebelum itu, dan dia mengada-adakan sekutu-sekutu bagi Allah untuk menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah: "Bersenang-senanglah dengan kekafiranmu itu sementara waktu; sesungguhnya kamu termasuk penghuni neraka." 

QS. Az Zumar (39) : 8

Thursday, January 02, 2014

Apakah Itu Kamu?

Menikah. Siapa yang tak ingin menikah? Dari keluarga biasa maupun dari keluarga berada. Dari yang tampangnya pas-pas maupun dari yang merasa wajahnya rupawan. Dari yang tinggal di tengah kota maupun dari yang tinggal di pedalaman.

Urusan jodoh memang sudah menjadi ketentuan-Nya. Setiap dari kita telah diciptakan dengan pasangan kita masing-masing. 

“Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz Dzariyat: 49)

Tidak Sama

أَمْ نَجْعَلُ الَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّـلِحَـتِ كَالْمُفْسِدِينَ فِى الاٌّرْضِ أَمْ نَجْعَلُ الْمُتَّقِينَ كَالْفُجَّارِ
28. Patutkah Kami menganggap orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh sama dengan orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi? Patutkah (pula) Kami menganggap orang- orang yang bertakwa sama dengan orang-orang yang berbuat ma'siat?
QS. Shaad (38) : 28
***

Wednesday, January 01, 2014

Anak SMA Kece

Haii.. ada Anak SMA kece nih..
Keren dan Cerdas..
Anak SMA
Praktikum Biologi
Menjadi Anak SMA itu selalu menyenangkan. Mungkin menjadi kenangan paling indah selama hidup di dunia ini. Belajar bersama. Bermain bersama. Bereksperimen hal-hal baru tentang segala sesuatu berbau ilmu.

Tata Surya dalam Al-Quran

وَءَايَةٌ لَّهُمُ الَّيْلُ نَسْلَخُ مِنْهُ النَّهَارَ فَإِذَا هُم مُّظْلِمُونَ

37. Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan.

وَالشَّمْسُ تَجْرِى لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَـا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ
38. dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

وَالْقَمَرَ قَدَّرْنَـهُ مَنَازِلَ حَتَّى عَادَ كَالعُرجُونِ الْقَدِيمِ
39. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua[1267].
[1267]. Maksudnya: bulan-bulan itu pada awal bulan, kecil berbentuk sabit, kemudian sesudah menempati manzilah-manzilah, dia menjadi purnama, kemudian pada manzilah terakhir kelihatan seperti tandan kering yang melengkung.

لاَ الشَّمْسُ يَنبَغِى لَهَآ أَن تدْرِكَ القَمَرَ وَلاَ الَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ وَكُلٌّ فِى فَلَكٍ يَسْبَحُونَ
40. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

(QS. Yaasiin : 37 - 40)