Tuesday, July 30, 2013

Dango Daikazoku

Ohayou, mina...
Kali ini aku aku akan membahas Dango?
Ada yang tahu Dango? Kenal Dango?

Dango (団子) adalah kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Adonan dango dibuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Kushidango adalah sebutan untuk sejumlah 3, 4, atau 5 butir dango yang ditusuk menjadi satu dengan tusukan (kushi) dari bambu. Jumlah butiran dango dalam satu tusuk bergantung pada daerahnya di Jepang.
credit

Monday, July 29, 2013

[UnTu] TA ~ A3

Hari ini, 29 Juli 2013, merupakan hari yang cukup bersejarah bagi UnTu (Unni dan Tunni) dan teman-teman MI 2010 Family. Hari ini merupakan hari pengumpulan draft TA (Tugas Akhir). 

Sunday, July 28, 2013

[Review] The World God Only Knows

God only knows
"My mind is as free as the wind But now what I should do is to fall in love"

God only knows
"I don't need that kind of real things Feels like I'm lost in the labyrinth"

God only knows
"There must be the meaning of life Somehow unexpected happenings thrill me"

God only knows
"Just believe in myself and my dream Anyone could be a hero and heroine"

God only knows
"Though it's not so easy to get through Here I am, I'm sure that things will go my way"

God only knows
"My mind is as free as the wind But now what I should do is to fall in love" 

Yatta, akhirnya bisa nonton Anime lagi. Anime kali ini berjudul The World God Only Knows atau sering disingkat TWGOK. 

Saturday, July 27, 2013

Ramadhan Terakhir

Andai Ramadhan ini adalah bulan terakhir untukku, maka satu impian yang ingin sekali aku wujudkan di bulan ini adalah ...
Kala Ramadhan tiba, hanya satu yang terlintas di benakku, menghabiskan satu bulan Ramadhan di rumah bersama kedua orang tua, Mbakku (dan suaminya), dan adikku. Bersama mereka, Ramadhan terasa begitu nikmat. Selanjutnya, kami akan merayakan Hari Kemenangan dalam balutan kebersamaan dengan kerabat lainnya.

Akan tetapi, keputusanku untuk kuliah di sebuah politeknik di Jakarta, membuat keinginanku untuk menghabiskan Ramadhan satu bulan penuh tak bisa terwujud sempurna. Saat Ramadhan datang, aku masih disibukkan dengan tugas kuliah sehingga awal Ramadhan terpaksa ku lewati tanpa kedua orang tua.

Friday, July 26, 2013

Memilih Kosan yang Baik dan Benar

"Tahun (ajaran) baru. Baju baru. Teman baru. Sekolah (juga) baru. Semuanya baru."

Mungkin demikianlah wujud kegembiraan bagi adik, kakak, saudara yang saat ini memulai kehidupan barunya di tahun ajaran yang baru. Adik-adik yang berseragam merah putih kini tengah mengenakan baju putih biru barunya. Adik-adik yang berseragam putih biru lusuh kini dengan senyum lebar memamerkan putih abu-abunya. Dan adik-adik yang sudah tiga tahun melewati masa putih abu-abu kini bangga akan almamater yang menunjukkan bahwa kini mereka bukan lagi siswa, melainkan mahasiswa.

Banyak warna-warni yang menghiasi tahun ajaran baru. Salah satunya kontroversi adanya MOS, OSPEK yang terkadang justru digunakan ajang balas dendam untuk melakukan bullying. 

OK. STOP. Aku tak akan membahas masalah MOS/OSPEK disini. Aku lebih suka membahas bagaimana cara memilih kosan yang baik dan benar. *nggak nyambung @.@

Monday, July 22, 2013

[Review] Tamako Market

Ada beberapa hal yang dapat kau peroleh dengan membiarkan sesuatu pergi.
Kebahagian bukan hanya apa yang kau miliki disini dan sekarang.
Sebuah quote sederhana yang diambil dari anime Tamako Market. Anime berjumlah 12 episode ini menceritakan seorang gadis kecil yang tinggal di distrik perbelanjaan Usagiyama. Ia bernama Tamako Kitashirakawa, anak seorang pembuat mochi (kue beras), dan sangat suka mochi. Ia ramah, periang, baik hati sehingga dikenal baik oleh orang-orang yang tinggal di distrik perbelanjaan Usagiyama. 
Tamako

Saturday, July 20, 2013

Manfaat/Kegunaan Blog

Semakin sering kita blogwalking ke blog milik blogger lain, maka semakin banyak tahu bagaimana seorang blogger dalam memperlakukan blognya. Alasan para blogger menjalankan aktivitas ngeblog pun ada berbagai macam, seperti yang dipaparkan salah seorang member Warung Blogger;

Melihat alasan-alasan tersebut, maka terlihat bahwasanya blog memiliki banyak kegunaan, manfaat, dan fungsi. Manfaat tersebut tentu akan sangat terasa bagi si pemilik blog.

Monday, July 15, 2013

Merindu Ramadhan Di Rumah

Tak terasa sudah tiga tahun aku di kota ini. Kota yang begitu keras. Kota yang kejam melebihi kejamnya ibu tiri. Apalagi kalau bukan kota Jakarta. Ya, aku di Jakarta saat ini.

Tanpa terasa pula Ramadhan kali ini merupakan Ramadhan keempat yang ku lalui di kota orang. Meski dalam keempat Ramadhan tersebut, aku hanya berpuasa selama tiga hari hingga seminggu. Selebihnya, aku menghabiskan Ramadhanku di kampung halaman, bersama bapak ibuk tercinta.

Akan tetapi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, separuh dari Ramadhan tahun ini harus ku habiskan disini, di kota tempatku menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebenarnya apa sih yang membedakan puasa di kota orang dengan puasa di rumah bersama kedua orang tua?

Banyak. Ada banyak hal yang berbeda dan yang paling terasa adalah saat sahur tiba. Biasanya jika aku di rumah, tiap waktu sahur tiba ibuk selalu membangunkan ku dengan cara missed call handphone ku, berharap nada panggilan handphone yang berisik mampu membangunkanku. Ibu pun menyalakan lampu yang lebih terang di ruang keluarga. Tak lupa ibu menyalakan televisi. Ibu menyetel suasana seperti itu  agar kami, anak-anaknya, segera bangun dan sadar harus sahur. 

Saturday, July 13, 2013

Yes! Move On!

Terkadang aku bingung bagaimana merangkai kalimat yang tepat untuk kata 'move on'. Kata move on sendiri begitu lekat maknanya dengan segera pindah ke lain hati. Entah mungkin karena patah hati, atau mungkin cinta yang tak terbalaskan untuk sepotong hati.

Akan tetapi, beberapa waktu yang lalu aku berhasil menggunakan kata move on dalam kehidupanku. Bukan dalam hal percintaan, melainkan move on dalam keterpurukan mengerjakan Tugas Akhir (TA).

Ya. Aku adalah seorang mahasiswa tingkat akhir (semester 6) jurusan Manajemen Informatika di sebuah kampus swasta di Jakarta. Sebagai calon Ahli Madya, aku harus mengerjakan TA sebagai tugas terakhir selama perkuliahan tiga tahun. 

Untuk mengerjakan TA, kami diberikan waktu enam bulan untuk mempelajari permasalahan dan menyelesaikannya. Kegiatan ini dinamakan magang. Magang tak lagi macam anak perkuliahan, namun sudah bisa dikatakan sebagai 'orang kerja' karena memang tempat magang biasanya adalah sebuah perusahaan.

Gunting Kuku

Sekitar tahun 2008, ibuku mengikuti arisan motor yang diselenggarakan di Wates, Kabupaten Kulon Progo. Rules atau aturan dari arisan motor ini yaitu pihak penyelenggara akan mengeluarkan satu motor tiap bulannya untuk diberikan kepada anggota arisan dimana para anggota ini harus membayar sejumlah uang yang telah ditentukan ke pihak penyelenggara setiap bulannya. 

Anggota arisan yang mendapatkan motor tiap bulan tidak ditentukan berdasarkan kocokan macam ibu-ibu arisan pada umumnya. Penentuan siapa yang berhak mendapatkan motor ini dilakukan dengan cara lelang. 

Misalnya begini; arisan ini dilakukan dalam jangka waktu satu tahun. Para anggota arisan diwajibkan membayar satu juta per bulan. Nah, tiap bulannya pihak penyelenggara menawarkan pada anggota, 'siapa yang akan membawa pulang motor bulan ini?' mereka yang ingin membawa pulang motor tersebut, harus melelang harga, misal dimulai dari sejuta lima ratus. Karena bulan ini pihak penyelenggara hanya mengeluarkan satu unit motor, maka dia dengan nilai lelang terbesarlah yang akan membawa pulang motor tersebut untuk bulan ini.

[UnTu] Peyek Enak

UnTu (Unni dan Tunni) bukanlah dua orang gadis pemalu, melainkan gadis yang malu-malu-in. Yah, demikianlah adanya, seperti kejadian berikut ini.

UnTu magang di kampus sendiri. Mereka mendapat meja kerja yang seruangan dengan dosen-dosen mereka, mulai dari dosen yang mengajar tingkat satu hingga dosen yang mengajar tingkat tiga. Bahkan pembimbing akademik dan pembimbing industri satu ruangan dengan mereka.

Ada hal unik di tempat UnTu magang, yakni tiap kali ada yang ulang tahun atau tiap kali ada yang bepergian jauh, mereka membawa makanan yang dibagikan ke rekan-rekan kerja. Makanan tersebut diletakkan di sebuah meja yang dapat dijangkau oleh rekan kerja seruangan.

Di ruangan tempat UnTu magang, biasanya makanan-makanan gratis tersebut diletakkan di dekat meja Mas Radix. Mas Radix adalah salah satu dosen UnTu yang mengajar mereka dari semester dua hingga semester lima.

Thursday, July 11, 2013

[UnTu] Hari Terakhir Magang

Hari ini hari terakhir UnTu (Unni dan Tunni) magang di Polman Astra. Setelah 6 bulan lamanya mereka mengabdikan diri, mengerjakan tugas-tugas dari pembimbing industri, banting-tulang dan debat panas saat mengerjakan Tugas Akhir, mereka kini bebas. Bebas dalam artian tidak lagi dalam ikatan mahasiswa magang. 

Banyak hal yang akan mereka rindukan. Kupon makan yang tiap bulan berganti warna, Wifi gratis yang kuat dan kencang, tetangga meja kerja (PaDay), sahabat yang setia memakai gelang cantiknya, nyanyian "Heeeepiiii Beeessssdeeeeyyyy" dari Pak Hud saat ada yang berulang tahun, Mas Hup (sang pembimbing industri) yang super, Ruang Rapat yang berjumlah empat, dan semua orang yang seruangan dengan UnTu.

Belajar HTML Bagi Blogger

Tentu kita tidak asing dengan gambar diatas bukan? Yaps, itu adalah tampilan saat akan membuat satu postingan baru di blog.

Pada tampilan tersebut terdapat Compose dan HTML. Saat kita memilih Compose maka akan muncul halaman kosong untuk menuliskan postingan dan jika kita pilih HTML maka akan muncul pula halaman kosong. Lantas, apa bedanya?

HTML atau Hyper Text Markup Language bisa diartikan sebagai suatu file teks sederhana yang mengandung perintah-perintah berupa TAGS sehingga sebuah web browser dapat menampilkan suatu halaman dengan display tertentu.

Tuesday, July 09, 2013

Tidak Bisa Komentar di Blog

Sejak beberapa hari yang lalu, saya kesulitan untuk menuliskan komentar di blog saya sendiri. Mungkin saya telah salah dalam mengotak-atik script HTML di blog ini. Tapi tak tahu juga.

Berdasarkan saran yang saya dapatkan di salah satu blog, saya mengganti setelan komentar menjadi Jendela munculan. Dan hasilnya seperti ini ^^

Pria-Wanita Baca Ini

Anda wanita? Baca ini^^
Pertanyaan: "Bagaimana agar kita tahu cowok itu baik hatinya, bang tere?"

Jawaban: Banyak sekali caranya. Salah-satunya (dan jelas ini hanya salah-satunya) adalah, lihatlah cara dia memperlakukan Ibunya. Kalau dia bela-belain nungguin wanita lain, bela-belain hujan2an menjemput wanita lain, tapi disuruh ibunya satu hal saja yg sepele banyak alasan, jelas tidak. Kalau dia bela-belain ngasih hadiah, ntraktir makan, dsbgnya untuk wanita lain, tapi ngasih ibunya benda murah, sederhana saja nggak pernah, jelas tidak.

Laki-laki yang baik, selalu memuliakan Ibunya--bahkan kalaupun Ibunya berlaku jahat padanya.

Monday, July 08, 2013

Ikut-ikutan == Sampah ??

orang ikut"an tanpa tau dasarnya itu lah sebenarnya hanya sampah
Sebuah kalimat sederhana, tapi nylekit, khususnya bagi mereka yang suka ikut-ikutan. Ikut-ikutan? Apa yang salah dengan ikut-ikutan? Mengapa ikut-ikutan itu ibarat sampah?

Pada umumnya, orang pacaran, orang merokok, nge-fans dengan boyband klimis, nge-gang, kelayapan malam-malam, itu karena suka ikut-ikutan. Apa selera orang disekitarnya, dia ikut. Apa trend di sebelahnya, dia nyangkut. Seakan tidak peduli misalnya anggota boyband yang ia gila ternyata hidup serumah dengan cewek lain tanpa menikah, hidup bebas, dan bertebaran perilaku sejenis lainnya. Lupa bahwa ada nasehat dalam agama ini, kelak di hari penghabisan, kita akan bersama dengan orang yang kita 'cintai' di dunia ini. Jadi, kalau suka anggota boyband, nanti akan bergabung dengan barisan mereka. Bukan barisan yang lain.

[UnTu] Pergi ke Harco

Pada suatu hari di bulan Ramadhan, UnTu (Unni dan Tunni) berkeinginan untuk pergi ke Harco Mangga Dua. Harco merupakan pusat perbelanjaan elektronik terbesar di Jakarta. Disana dijual alat-alat elektronik khususnya komputer, laptop, dan aksesorisnya. Flashdisk, mouse, earphone, headset, lengkap dijual disana. 

Bukan kali pertama UnTu pergi kesana. Yang menjadi permasalahan adalah UnTu tidak pernah pergi ke Harco berduaan. Pasti ada teman yang mendampingi mereka. Dan hari itu, tak ada teman yang bisa mengantar UnTu. Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi berdua saja.

"Mau naik motor atau naik angkot?" tanya Tunni pada Unni.
"Emmm... angkot naik apa yah? Pernah sih aku ke Harco ke Vita naik metromini 27, tapi harus dari Arta sana." jawab Unni.
"Hmm.. naik motor aja yuk." ajak Tunni.
"Ayok."
"Tapi kamu tahu jalannya kan kalo naik motor?"
"Enggg... Harco kan searah ya kalau sama Ancol. Kalau ke Ancol lurus, kalau ke Harco belok kiri."
"Terus? Tau nggak jalannya?" kata Tunni.
"Yah, paling ngikutin busway aja. Kan dari sini ke Senen. Nah, dari Senen kayaknya tinggal ngikutin busway yang ke Ancol."
"Bener nih ya?"

Giveaway "Sweet Moment" by UnTu

Assalamualaikum...

Hallooo semuanya... Happy Fasting Month... Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Senang rasanya masih bisa diberi umur bertemu dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan ini.

Ceritanya, aku lagi sedih nih. Pasalnya Ramadhan tahun ini aku tak bisa pulang dan menikmati hari-hari bersama keluarga di rumah. Akan tetapi, beruntungnya aku punya teman sekosan (dan sekamar) yang sama-sama tak bisa pulang. Bukan. Bukan karena kehabisan tiket kami tidak bisa pulang, melainkan kami harus berjuang menakhlukkan sidang Tugas Akhir yang masih belum diketahui jadwalnya.

Nah, untuk meramaikan Ramadhan kami yang sepi tanpa keluarga, kami atas nama UnTu mengadakan Giveaway. Giveaway ini bertemakan "Sweet Moment". Dalam kehidupan kita yang singkat ini, pasti hari-hari kita dipenuhi oleh momen-momen indah yang datangnya dari teman, sahabat, pacar, suami, adik, kakak, dan semuanyaaaa. 

Mau ikutan?? Yuk, baca dulu syarat dan ketentuannya.

Saturday, July 06, 2013

MI 2010 Male

[Karya kedua dari Angga Risky Margiyanti] Tak lengkap rasanya jika MI 2010 Family hanya beranggotakan MI 2010 Female. Dan inilah mereka MI 2010 Male ..


MI 2010 Male. Mereka pelengkap rasa dalam kehidupan MI 2010 Family. Terkadang menyebalkan, terkadang memecah kesunyian. Kadang menjadi seorang abang bagi adik perempuannya. Kadang menjadi guru bagi para muridnya. Namun, terkadang pula menjadi musuh bebuyutan. Kehadiran mereka sungguh berarti. Meski menjengkelkan, seakan tak peduli pada kehidupan, mereka adalah sahabat terbaik sepanjang masa.

Nantikan kisah MI 2010 Family selanjutnya ^^

Sendiri != Tidak Bahagia

"Malam minggu pergi kemana?"
"Di kosan aja."
"Jiaahhhh.. makanya nyari dong. Sedih amat nggak punya pacar."

Pernah berada dalam kondisi seperti di atas? Tenang Kawan, dunia tidak akan berakhir hanya karena tidak punya pacar. Ingat pesan dari Om Tere Liye berikut ini.
Sendiri bukan berarti tidak bahagia.

Buat apa bersama kalau itu merusak diri sendiri? Buat apa bersama, kalau bersama dalam keburukan.

Momen, tempat, orang, dan caranyalah yang menentukan. Bukan sekadar soal sendiri atau bersamanya.

*Tere Lije

Friday, July 05, 2013

[Review] Accel World

[Anime Time] Setelah beberapa saat memutuskan untuk vakum menonton anime, namun suatu hari harus kecanthol sama anime yang berjudul Accel World. Mengapa? Karena nonton satu episode langsung deh pengen tahu sampai akhir ceritanya.

Anime berjumlah 24 episode ini habis ku tonton dalam 2 hari. Itu karena ada jeda untuk belajar mempersiapkan presentasi untuk Seminar Tugas Akhir. Alhamdulillah presentasinya lancar sehingga bisa tenang ngelanjutin nonton Accel World-nya. ^^

Accel World. Anime ini menceritakan kisah yang terjadi di tahun 2043 dimana teknologi berkembang dengan cepat karena telah beredar sebuah alat yang diberi nama "Neuro Linker" yang dipasang di leher. Alat ini akan terhubung ke otak. Dengan alat ini, memungkinkan si penggunanya berkirim email, telpon, sms, dan sebagainya. Otak diibaratkan seperti komputer yang bisa diakses folder-folder di dalamnya.
neuro linker yang akan dihubungkan dengan kabel

3 Postingan yang Disukai dari Blog Arga Litha

Blog Arga Litha.
Artha Maula Amalia atau lebih akrab disapa Mbak Tha adalah pemilik blog yang mulai aktif sejak dibuat pada April 2012 tersebut. Siapakah dia?

Awalnya aku tak kenal siapa Mbak Tha, meski disana-sini, bersama blognya Arga Litha, dia dikenal sebagai ‘Ratu Kuis’. Mungkin saat itu aku masih baru dalam dunia giveaway sehingga aku tak begitu ‘ngeh’ tentang keberadaannya yang hampir selalu memenangkan tiap giveaway khususnya blog. 

Hingga suatu hari, si pemilik blog ‘Arga Litha’ tersebut meninggalkan jejak disalah satu tulisanku Biar Pintar, Jalan-jalan ke Taman Pintar. Tak ku sangka dia juga follow blogku. 

MI 2010 Female

Sebuah karya sederhana dari Angga Risky Margiyanti. Buah dari keisengan yang memiliki berjuta makna berarti. Mengingatkan akan indahnya berbagi, bersama, dan menikmati hari-hari. Senyum dan tawa turut menghiasi. Terkadang amarah, dendam, kesal tak lepas dari cerita ini. Indah. Teramat indah melewati hari-hari bersama MI 2010 Family. 

Dan inilah kami, MI 2010 Female..


~ Masih menanti MI 2010 Male ^^

Thursday, July 04, 2013

Ibuku yang Renta


“Harus berapa kali Ibu bilang, orang tua ini masih sanggup tinggal sendiri. Kau tak perlu mengajakku tinggal bersama keluargamu. Satu hal lagi, kau tak perlu antar aku tiap minggu ke pengajian. Aku masih kuat berangkat sendiri.”

“Tapi…” Aku terisak. Bukan karena ibuku yang renta ini menolak tinggal bersamaku, tapi aku juga sedih, mengingat minggu lalu Ibu salah naik bus saat pergi menghadiri pengajian.
Jumlah kata : 63 kata tanpa judul