Friday, June 28, 2013

[UnTu] Botol Parfum

Ketika pulang magang, di depan pintu kamar kosan.
“Mbak Intan, ada paketan buat Mbak Intan.” Teriak Mbak Melin, tetangga kamar di kosan, pada Tunni.
“Oh, iya apa, Mbak? Saya nggak ngerasa dikirimi atau beli sesuatu?” kata Tunni.
“Parfum kali, hadiah giveaway-mu.” Kata Unni.
“Oh, iya. Dari Mbak Atik ini. Huhuhuhu. Mbak Atik so sweet sekalii.”

Unni membuka pintu kamar. Sementara itu, Tunni begitu tak sabar tuk membuka paket berwarna coklat.
“Harus difoto nih, sebagai bentuk apresiasi.” Kata Tunni.

Namun, sungguh disayangkan karena sore itu lampu di kamar UnTu tidak menyala. Konslet dan harus ganti lampu. Akan tetapi, Tunni tak peduli. Ia tetap mengambil foto bungkusan yang belum dibuka itu.

Setelah bungkusan dibuka, taraaa.. ada sepucuk surat dan sebuah kotak yang berisi parfum. Meski mati lampu, Tunni girang setengah mati menerima paket itu. Suratnya ia baca dan kotaknya ia buka. Apa yang terlihat?? Sebotol parfum.

Thursday, June 27, 2013

[UnTu] Cari Siapa?

Unni dan Tunni (UnTu) tengah berdiri di depan pintu masuk sebuah ruangan yang terletak di depan lift. Sebut saja lantai 5 Polman Astra, tempat mereka magang. Pintu tersebut bisa terbuka dengan 3 cara:
1. Pakai kartu identitas
2. Pencet tombol yang ada di balik pintu (sisi dalam ruangan)
3. Pencet tombol yang ada di ruang kasir (biasanya yang mencet Mbak Dhika dan Mbak Novi)

UnTu tidak punya kartu identitas yang punya hak akses untuk membuka pintu. Sementara itu ruang kasir terlihat kosong, tak ada Mbak Dhika maupun Mbak Novi. Hanya tersisa pilihan kedua agar pintu bisa terbuka. Sayangnya tidak ada orang yang berlalu lalang yang bisa dimintai tolong untuk memencet tombol agar pintu terbuka.

Tiba-tiba muncullah sosok Bu Ellen. Beliau adalah kepala keuangan. Melihat UnTu yang mengenaskan di ambang pintu, Bu Ellen membuka pintu untuk UnTu. Pintu terbuka.
"Cari siapa?" kata Bu Ellen.
"Kami magang disini, Bu." jawab Tunni dengan nada sedikit tinggi.
UnTu pun berlalu meninggal Bu Ellen yang entah bagaimana ekspresinya.

Wednesday, June 26, 2013

My Truly Friend

Adininggar Khintana 'orIenka'
sebuah nama yang ku temukan di fanpage Politeknik Manufaktur Astra. Mengetahui dia adalah salah satu penerima beasiswa Polman Astra 2010 prodi Manajemen Informatika, langsung saja ku Add Friend akun facebooknya. Toh, nantinya dia juga akan jadi temanku di dunia nyata. 

Permintaan pertemanan ku di dunia maya tak segera di-respond olehnya. Harus menunggu beberapa hari hingga akhirnya sebuah pesan muncul di notifikasi facebook.
"Hai, aku Intan dari Pati. Kamu prodi MI juga ya? Salam kenal. Boleh minta nomer hape kamu?"
081915459085. Langsung ku berikan nomerku saat itu. Berharap kami bisa akrab sebelum kami bertemu di Polman Astra.

Awalnya, aku sempat salah menebak nama panggilannya. Ku kira ia dipanggil Khintan, namun ternyata 'Intan' lah nama panggilannya. Intan sendiri mungkin tak menyangka bahwa aku yang bernama Mia zTerz RedDish di facebook ternyata juga penerima beasiswa Polman Astra 2010. Dari daftar calon mahasiswa Polman Astra, pasti ia kesulitan menemukan nama asliku.

Launching UnTu

"Sahabat itu adalah air, meskipun emas lebih berharga daripada air, tapi faktanya manusia lebih membutuhkan air melebihi emas" (senyumsyukurbahagia.blogspot.com)

Persahabatan ada karena tak hanya aku di dunia ini. Persahabatan terjalin karena ada aku dan kamu, kalian, juga mereka. Persahabatan itu indah karena persahabatan merujuk pada kebersamaan. Bersama menjalani hari-hari, bersama berbagi kisah kebahagian dan kesedihan, bersama mengungkapkan apa yang dirasakan, bersama dalam setiap kesempatan, dan jutaan kebersamaan yang lainnya.

Persahabatan memang menciptakan berbagai kisah yang tak pernah habis tuk diceritakan. Begitu pula denganku. Bersama seorang sahabat aku merangkai banyak cerita. Cerita bahagia, cerita sedih, hingga cerita memalukan.

Sahabat. Panggil saja dia "Intan". Bersamanyalah berbagai cerita tercipta. Aku bersama Wamubutabi, blogku, akan mendokumentasikan berbagai kisah yang aku alami bersama Intan. Kisah ini ku tuliskan sebagai "Kisah Unni dan Tunni" atau untuk mempersingkat kita sebut saja "UnTu". 

Tuesday, June 25, 2013

Ketagihan Belanja Online

Wanita mana yang tak kalap mata saat melihat diskon besar-besar. Ketika jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, ketika melihat iklan di televisi, ketika melihat selebaran yang disebar dimana-mana. Rasanya dua kata itu sulit untuk dipisahkan, wanita dan diskon. 

Begitu pula denganku. Tiap pagi, demi menambah wawasan dan agar selalu update dengan berita terkini, aku selalu sempatkan untuk membuka http://id.yahoo.com. Sayangnya, mata ini tak bisa untuk tidak melirik ke promo barang sehari-hari dengan harga yang cukup miring. Tangan ini pun tak bisa untuk tidak meng-klik ke iklan tersebut.  Qoo10. Toko online yang berhasil menarik perhatianku untuk mencoba transaksi pembelian.
http://qoo10.co.id/

Monday, June 24, 2013

Pentingnya SIM ^^


Pagi ini (3/5/2013) aku bangun seperti biasa. Namun, ketika mata ini terbuka, tak ku dapati sebuah kamar yang biasa ku tempati. Ah iya, malam ini aku tidur di kamar temanku, Lia, bersama Siti dan Intan. Kami bertiga sengaja menginap di rumah Lia yang berada di Bekasi karena hari ini kami akan wawancara kerja di PT. Aisin Indonesia yang terletak di Cikarang.

Pukul 06.30 WIB, kami sudah siap. Ternyata di depan rumah Lia sudah ada Imam. Dia satu-satunya cowok yang dipanggil untuk wawancara kerja selain aku, Intan, Siti, dan Lia. Kami pun segera berangkat dengen nebeng mobil ayah Lia yang juga bekerja di daerah Cikarang.

Jalan hari ini lancar. Tak macet seperti biasanya. Jadwal wawancara pukul 08.00 WIB pun terkejar meski dalam perjalanan Imam sudah ditelpon Mbak Amel, HRD PT. Aisin Indonesia.

[Review] Love Live!

Pernah dengar istilah boy band atau girl band
Boy band atau girl band adalah grup musik yang terdiri dari setidaknya tiga orang muda yang biasanya menyanyi dalam harmoni dan melakukan tarian koreografi. Para anggota dari boy band dan girl band biasanya tidak memainkan instrumen musik sebagai bagian dari kinerja boy band dan membedakan antara boy band dengan grup band biasa. (sumber : id.shvoong.com)

Super Junior, Girl Generation merupakan contoh boy band dan girl band yang berasal dari Negeri Gingseng. Di Indonesia pun tak ingin kalah. Banyak bermunculan boy band dan girl band seperti Smash, CherryBelle dan sebagainya.

Kini semakin semarak pula dengan hadirnya Idol Group. Idol Group tak beda dengan girl band meski ada beberapa pihak yang secara terang-terangan menolak jika keduanya disamakan. Idol Group identik dengan girlband yang berasal Jepang. Sebut saja AKB48 dan juga JKT48 yang menjadi sister group dari AKB48.

Saturday, June 22, 2013

Selamat Ulang Tahun, Jakarta

22 Juni 2013.
Selamat Ulang Tahun yang ke 486, Jakarta.
Meski aku bukan warga asli Jakarta, meski tahun ini baru tahun ketigaku di Jakarta, aku rasa aku sudah mulai cinta Jakarta.

credit

Friday, June 21, 2013

Jatuh Cinta Padamu^^

Buat aku aku jatuh cinta padamu;

Bukan karena dahsyatnya rayuan gombalmu kepadaku, namun seberapa hebat kau merayu Penciptamu.

Bukan seberapa banyak hartamu untukku,  namun seberapa kaya imanmu padaNya.

Bukan ketampanan yang memesonaku, namun setampan apa kau di hadapanNya.

Bukan ketidaktelatanmu saat janjian bertemu denganku, namun seberapa sigap kau memenuhi panggilanNya.

Dibuang Sayang

Blog itu layaknya sebuah cermin. Ia bisa memantulkan wajah asli dari sang pemilik blog. Dilihat dari tulisan di blog, seseorang akan terlihat kesehariannya; bagaimana cara dia bicara, bagaimana cara dia berinteraksi dengan orang lain. Lewat cerita yang disampaikan, seseorang akan terlihat seperti apa dia di dunia nyata; apa pekerjaannya, apa yang dilakukan setiap hari, apa hobinya. Lewat tampilan blog, tercermin pula seperti apa sosok si pemilik blog; apakah peduli penampilan, apakah cinta kerapian dan kebersihan. Semuanya terpancar melalui blog.

Ku lihat sejenak blogku, Wamubutabi. Terlihat rapi. Cantik lagi. *menurutku*. Namun, ku rasa sidebar kananku sudah terlalu panjang, apalagi sejak ikut giveaway yang mengharuskan memasang banner. Ingin sekali aku memangkasnya, namun diri ini tak tega. 

Thursday, June 20, 2013

Cita-cita dan Impianku Kini

“Anak-anak, apa cita-cita kalian?”
Sebuah pertanyaan sederhana yang sering kali dilontarkan seorang guru pada murid didiknya. Pertanyaan ini sederhana, sesederhana jawaban para anak didiknya. 
“Saya ingin jadi dokter, Bu Guru.”
“Saya ingin jadi pilot.”
“Saya ingin menjadi seorang guru.”

Dokter. Pilot. Guru. Presiden. Kata sederhana yang biasa dijadikan jawaban oleh anak-anak ketika ditanya apa yang menjadi cita-cita atau impian saat ia dewasa kelak.
Apakah pertanyaan semacam itu hanya basa-basi belaka? Penghangat suasana saat di ruang kelas? Pengisi jam kosong saat guru utama berhalangan datang mengajar?
Tidak. tentu saja tidak. Pertanyaan tentang cita-cita atau impian adalah pengantar kesuksesan di kehidupan nyata. Seseorang yang punya cita-cita akan tahu apa yang dilakukannya. Kegiatan yang dikerjakan pun terarah karena mereka punya tujuan. 

Wednesday, June 19, 2013

Kegalauan Tugas Akhir

" ... Behavioral state machine menggambarkan perubahan yang akan dilalui sebuah object selama masa hidupnya...."

Sepotong kalimat itu membuatku berpikir keras. Berpikir untuk mengerti apa maksudnya, berpikir apa yang harus ku lakukan setelah membacanya, berpikir mengapa ada orang yang mencetuskan teori itu semua.

Tak hanya sepotong kalimat di atas. Masih ada banyak potongan kalimat yang tak kalah keras tuk dipikirkan. Mengapa harus sebegitu keras dipikirkan? karena kalimat-kalimat itu nantinya akan menjadi bagian dalam sebuah buku bercover tebal dengan judul Tugas Akhir.

Tugas Akhir oh Tugas Akhir,,
kau benar-benar menyita perhatianku akhir-akhir ini..
memaksaku tuk selalu memikirkanmu..

TA oh TA...

Saturday, June 15, 2013

Cip Motor

“…Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksa-Nya.” (Al Maidah: 2)

Baru-baru ini aku dimintai tolong oleh seorang teman. Permintaannya cukup sederhana, memasang banner / logo toko online miliknya. Tanpa basa-basi aku pun mengiyakan. Dia adalah Cip Motor.

Cip Motor adalah Toko Aksesoris Sepeda Motor Online. Website ini dibuat sendiri oleh temanku. Awalnya hanya sebagai tugas dari mata kuliah Pemrograman 7 (PHP) dan karena memang ia punya usaha sendiri terkait aksesoris sepeda motor, maka ia pun membeli domain sendiri untuk webnya tersebut. 
tampilan Cip Motor

Friday, June 14, 2013

Sedikit tentang Lucky Star

YES or NO
wallpaper hp/laptop/pc kalian sesuatu yang berhubungan dengan kesukaan kalian terhadap Jepang.
kalo YES, gambar apa?

Sebuah postingan sederhana dari page Harajuku Playground . Langsung aku cek HP. Tak ada gambar yang berbau Jepang. Cek PC. Wealaahh.. PC ku ada di rumah. Cek laptop dan taraaaa.. aku menemukan gambar ini di layar desktopku.
Gambar ini aku dapatkan langsung dari screenshoot anime yang berjudul "Lucky Star". Lihat deh mukanya, nggak nguatiin, apalagi andeng-andeng di bawah matanya yang berbentuk strip tebal (-). Pipinya yang merah merona. Mulutnya yang begitu menggemaskan.

Mari Mencari Rejeki-Nya #2

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Monday, June 10, 2013

Surat Cintaku

Aku tersenyum simpul menatap surat cinta yang dikirimkan oleh kekasihku. Kapten Bhirawa, demikian aku menyebutnya. Ah, itu hanyalah panggilan sayangku untuk Kang Pardi. Rasanya nama Kapten Bhirawa lebih tepat menggambarkan sosoknya yang tegas dan lantang. Ia juga romantis. Tak pernah ia telat mengirimiku surat tiap bulannya. Membuat hati ini selalu tak sabar menanti Pak Pos menyambangi rumahku di awal bulan.

Masih ingat pertama kali aku bertemu dengannya di perempatan kota Surabaya. Dia, aih… senyumnya begitu menawan, membuatku tak bisa mengalihkan pandanganku saat menatap matanya. Dia, aih… tak ku sangka ia mengajakku berkenalan, meremas jariku yang dingin saking terpesona. Dia, aih… rasanya kenangan itu tak terlupakan.

Sunday, June 09, 2013

Rejeki Saya

Alloh SWT Maha Adil.
Setuju? Harus setuju.
Alhamdulillah, setelah banyak kali mengikuti kompetisi blog dan blog giveaway, masih terselip rejeki saya disana. Hadiah? Yey. Yah, meski masih bisa dihitung jari, rejeki ini wajib disyukuri bukan?
Yaps, ini nih hadiah-hadiah yang pernah ku peroleh dari hasil ikut giveaway:
* Terima Kasih buat yang sudah memberi saya hadiah*
1. Satu set alas piring makan (isi 6), satu paket Bali Ratih (berisi Body Butter, Body Scrub dan Body Lotion) dan satu Abon Cabe Chili dari Keluarga Qudsy di Giveaway Ultah Samara

Saturday, June 08, 2013

Seminar Keputrian 2013

Gunting sampah yang tidak penting. Omongan orang, dengarkan dan analisasi. Jika sesuai dengan diri kita, maka instropeksi diri. Jika omongan orang kita rasa tidak penting, maka biarkanlah, jangan diambil hati.
Gunting sampah yang tidak penting. Terkadang EGP (Emang Gue Pikirin) itu perlu, tapi hanya untuk keadaan tertentu. Tidak mungkin kan jika seseorang mengajak pada kebaikan, kita mengabaikannya begitu saja.
Demikianlah yang disampaikan Ustadzah Kadariyah dalam Seminar Keputrian Rohis Asy-Syabab 2013 yang diselenggarakan hari ini, Sabtu, 8 Juni 2013 di Ruang 403 – 404 Politeknik Manufaktur Astra.
Seminar Keputrian ini merupakan seminar ketiga yang diadakan oleh Keputrian Rohis Polman Astra. Seminar kali ini mengangkat tema, “Be A Smart Akhwat for Golden Generation” dengan pembicara Ustadzah Kadariyah dan talkshow bersama Ustadzah Wirianingsih, seorang ibu dengan 10 anak penghapal Al-Qur’an.

Wednesday, June 05, 2013

Menyemai Cinta

Cinta. Cinta adalah anugerah terbesar dalam kehidupan. Cinta merupakan penyejuk dalam setiap kesempatan. Tanpa cinta hidup terasa kering kerontang, tanpa makna. Itulah sebabnya mengapa kita harus selalu menebar benih-benih cinta, menyemainya agar tercipta suatu kehidupan yang penuh oleh cinta.
 
Dalam agama terdapat pula perintah untuk menyemai cinta. Cinta pada Sang Pencipta, cinta pada kekasih-Nya, dan cinta pada sesama makhluk-Nya. Menyenangkan sekali hidup dengan bergelimang cinta.
 
Setiap segmen dalam hidup ini membutuhkan cinta agar tercipta kedamaian dan kasih sayang. Salah satunya saat kita menjalani aktivitas sehari-hari. Misalnya makan. Kita makan karena kita lapar. Namun, tanpa menghadirkan cinta pada makanan yang kita makan, maka aktivitas makan tersebut tidak terasa nikmat. Hanya sebatas kenyang tanpa merasakan lezatnya tiap makanan yang masuk ke mulut kita.
 
Terkadang kita dihadapkan oleh suatu keadaan dimana kita tidak bisa menghadirkan suatu cinta. Entah mungkin karena dalam keadaan tertekan, terpaksa, atau yang lainnya. Namun, mau tak mau kita harus bisa menikmati setiap potongan kisah dalam kehidupan ini. Bagaimana caranya? Dengan menyemai cinta.


Tuesday, June 04, 2013

Aku dan Rumah

Kini aku (masih) duduk sendiri, memegang erat buku gambar dan pensil yang masih tetap runcing. Tak ada yang beda. Hanya saja buku gambar yang dulu masih bersih kini sudah hampir penuh tak menyisakan banyak ruang kosong. Dan lihatlah, pintu depan rumah tempatku duduk sepanjang waktu kini terbuka lebar memperbolehkanku masuk. Masih ingat pertama kali aku mengunjungi rumah ini. Pintu itu, pintu yang sama seperti yang kulihat saat ini, terbuka lebar, sangat lebar, namun perlahan tertutup. Mungkin karena aku hanya membawa buku gambar kosong dan pensil yang belum diraut, sang pemilik rumah tak menginjinkan aku masuk melalui pintu depan. Aku pun hanya diam, terpaku dan merenung. Ku duduk di bawah naungan pohon rindang yang tumbuh di depan rumah itu. Ku ambil rautanku, ku tajamkan pensilku. Ku buka buku gambarku dan mulai melukis.

Satu per satu gambarku mulai terlihat. Meski tak begitu indah, namun masih layak untuk ditempel di dinding ruangan. Pemilik rumah pun hanya melihatku dari jendela tanpa ada niat untuk mengajak ku masuk dalam rumahnya. Sementara itu aku terus menggambar, meraut pensilku yang sudah tumpul, dilanjutkan dengan menggambar kembali.

Monday, June 03, 2013

Al Masih putera Maryam #2

110. (Ingatlah), ketika Allah mengatakan: "Hai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan ijin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir diantara mereka berkata: "Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata." 

111. Dan (ingatlah), ketika Aku ilhamkan kepada pengikut Isa yang setia: "Berimanlah kamu kepada-Ku dan kepada rasul-Ku." Mereka menjawab: Kami telah beriman dan saksikanlah (wahai rasul) bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang patuh (kepada seruanmu)."

Al Masih putera Maryam

72. Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam", padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu." Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.

 73. Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.

 74. Maka mengapa mereka tidak bertaubat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya ?. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 

[Review] Tasogare Otome X Amnesia

Setelah sekian lama vakum dari dunia ‘nonton’ anime, akhirnya kemarin bisa menyelesaikan satu anime berjumlah 12 episode. Anime ini not recommended buat yang belum memasuki 17 tahun karena anime ini bergenre ecchi *terus kenapa masih ditonton? Soalnya aku terkesan pada episode pertamanya. Secara keseluruhan pun ceritanya menarik*

Berawal dari aku yang sendiri di kosan, pintu kamar sebelah dan kamar depan tergembok rapat, menyisakan aku yang seorang diri di dalam kamar bertemankan  kecoa-kecoa yang sekarat setelah dini hari diadakan penyemprotan (fogging).

Memasuki siang hari, perut ini terasa lapar setelah menggusah *mengusir* tiga kecoa yang masuk ke kamar secara beruntun. Kecoa pertama masuk dan ku biarkan. Kecoa kedua mengikuti, hatiku mulai panas. Disusul kecoa ketiga, aku mulai mengambil sapu tuk memaksa mereka keluar dari kamarku.
Berpeluh. Aku pun mandi. Selanjutnya pergi ke warung sebelah tuk mendapatkan sesuap sebungkus nasi. Dan seperti kebiasaanku bersama teman sekamarku *ehh, kemana teman sekamarku?* saat jam makan harus ada tontonan, televisi misalnya. Berhubung saat itu aku tengah malas menonton tipi karena kondisi tipi yang bersemut, maka aku mengobrak-abrik koleksi animeku, tentunya yang belum pernah ku tonton. Pilihanku jatuh pada folder terakhir, Tasogare Otome X Amnesia.