Thursday, February 28, 2013

Benci. Siapa?

Semua orang memiliki kesukaan dan ketidaksukaan untuk hal-hal tertentu. Ada yang suka buah salak, ada yang suka sayur bayam. Namun, disisi lain ada yang benci setengah mati dengan buah salak dan ada yang perutnya sama sekali tidak bisa kemasukan bayam. Begitu pula untuk hal-hal yang lainnya. Seorang siswa sangat menyukai sekali mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia. Di lain pihak, ada yang sampai dibela-belain pulang malam karena ikut les Matematika.

Orang-orang ada yang sangat hobi sekali menyanyi, padahal di seberang sana ada orang-orang yang hanya diam diri karena (mungkin) suaranya 'terlalu bagus' untuk bernyanyi. Seperti halnya saat ini, (mungkin) teman kamu saat ini tengah bercucuran air mata menonton serial drama korea, padahal saat ini kamu tengah tertawa guling-guling sambil menikmati kocaknya anime. Semua orang memang memiliki selera masing-masing dalam menyukai hal-hal tertentu dan membenci hal-hal tertentu.

Baiklah, saat ini aku ingin membicarakan orang-orang yang ku benci. Ups, bukan benci, hanya saja kurang suka dengan perangainya. Ya. Ya. Ya. Semua orang pasti setuju jika karakter itu bawaan dari lahir dan akan sangat sulit sekali untuk diubah sehingga bukan salah mereka jika mereka kebetulan mendapat 'jatah' sifat yang kurang baik. Akan tetapi, semua kan ada tingkatannya. Kalau tingkatannya sudah dalam level 'kebangeten', tak jadi masalah bukan jika orang-orang di sekitarnya meninggalkannya.

Wednesday, February 27, 2013

Syntax Highlighter

Hari ini belajar ilmu baru dalam dunia per-blog-an, yaitu Syntax Highlighter.
Apa itu Syntax Highlighter?
Syntax Highlighter merupakan fungsi yang digunakan untuk mempermudah dan memperjelas kode JS atau CSS pada postingan blog.

Bagaimana langkah-langkah untuk menambahkan Syntax Highlighter?
1. Login blog - Rancangan - Edit HTML
2. cari kode  ]]></b:skin> kemudian copy paste kode ini diatasnya :
.dp-highlighter
{
font-family: "Consolas", "Monaco", "Courier New", Courier, monospace;
font-size: 12px;
background-color: #E7E5DC;
width: 99%;
overflow: auto;
margin: 18px 0 18px 0 !important;
padding-top: 1px; /* adds a little border on top when controls are hidden */
}

/* clear styles */
.dp-highlighter ol,
.dp-highlighter ol li,
.dp-highlighter ol li span
{
margin: 0;
padding: 0;
border: none;
}

Tuesday, February 26, 2013

OTRS: Status Tiket

OTRS memungkinkan untuk mengubah status standar dari tiket dan tipenya, atau bahkan menambahkan status baru. Dua atribut yang penting untuk sebuah status: nama status dan tipe status. Default status dari OTRS: ‘closed successful’, ‘closed unsuccessful’, ‘merged’, ‘new’, ‘open’, ‘pending auto close+’, ‘pending auto close-‘, ‘pending reminder’, dan ‘removed’.

OTRS: Cara Menyaring (Filter) Email yang Masuk

OTRS mempunyai kemampuan untuk menyaring (filter) email yang masuk. Sebagai contoh, OTRS memungkinkan untuk meletakan email yang masuk ke dalam queue tertentu, mengatur status atau tipe tiket untuk beberapa email. Filter ini berlaku untuk semua email yang masuk. Jika ingin menggunakan filter, maka gunakan link “PostMaster Filter” pada halaman admin.


Filter terdiri dari satu atau lebih kriteria yang harus cocok untuk mendefinisikan aksi yang akan dijalankan pada email. Kriteria filter bisa berdasarkan header atau body email, misalnya pada header seperti alamat pengirim, atau string yang ada pada body email. Bahkan regular expression bisa digunakan sebagai pola untuk filter. Jika filter cocok, maka kolom dapat diatur menggunakan X-OTRS header di GUI. Nilai inilah yang akan digunakan saat membuat tiket atau menindaklanjuti email di OTRS.

Friday, February 22, 2013

PHP Sabahat .NET

Sesaat setelah membaca tulisan berjudul WELCOME PHP, I am not afraid of you!!! yang ditulis Oma, jiwaku merasa terpanggil untuk menulis sebuah tulisan serupa sekaligus menjawab pertanyaan yang disampaikannya. Mengapa ada orang yang berkata PHP lebih enak dari .NET? Karena aku termasuk golongan orang tersebut, maka aku akan mencoba menjawab mengapa aku tergila-gila dengan PHP.
Walaupun tak secanggih .NET, PHP juga memberikan fasilitas ctrl+spasi, hanya saja untuk perintah-perintah tertentu seperti mysql_query, mysql_fecth_array, dan lain-lain. Autopost back di .NET juga bisa diatasi dengan menambahkan javascript di PHP.
Yah, kedua hal tersebut cuma sebagai tanggapan dari apa yang dia tulis. Lalu, apa yang jadi alasan mengapa PHP itu lebih menyenangkan?
  1. Open source PHP itu banyak banget. Jadi, mau nambah fitur apapun bisa di search di google. Tinggal masukin keyword, "cara membuat forum dengan php", "cara membuat shopping cart dengan php", maka puluhan source code bisa diambil dengan mudah. Apalagi biasanya di sumber-sumber tersebut ada Demo nya. Jadi, lihat dulu demo aplikasinya, kalau cocok ambil source code nya, dan pasang di aplikasi kita. Mudah bukan?
  2. Lebih kreatif dan inovatif. Dengan menggunakan bahasa PHP, kita bisa dengan mudahnya mengganti tampilan aplikasi menjadi lebih menarik. Menarik bukan berarti alay. Kita tinggal pasang template css yang keren, ubah-ubah dikit css-nya dan tinggal masukin source code PHP nya. Dan bagi yang terlampau kreatif biasanya bikin template sendiri. Mantep pokoknya, ngga kaku.

OTRS: Sending/Receiving Email

Mengirim Email

Via Sendmail (default)
OTRS dapat mengirimkan email melalui Sendmail [http://www.sendmail.org/], Postfix [http://www.postfix.org/], Qmail [http://www.qmail.org] atau Exim [http://www.exim.org]. Konfigursi default adalah menggunakan Sendmail dan harus bekerja out-of-the-box.

Pengaturan Sendmail dapat dilakukan melalui konfigurasi interface grafis (Framework::Core::Sendmail).

Via SMTP Server atau smarthost
OTRS dapat mengirim email melalui SMTP (Simple Mail Transfer Protocol/RFC 821) atau Secure SMTP. Pengaturan ini digunakan jika menggunakan platform non-UNIX (misalnya Windows). Pengaturan server SMTP dapat dikonfigurasi melalui SysConfig (Framework::Core::Sendmail).

Jika pilihan SMTPS tidak tersedia, berarti modul Perl yang dibutuhkan hilang. Dalam hal ini, lihat “Instalasi modul Perl yang dibutuhkan untuk OTRS” sebagai petunjuk.

Menerima Email

Konfigurasi Mail accounts melalui GUI OTRSOTRS dapat menerima email dari POP3, POP3S, IMAP, dan IMAPS mail accounts. Konfigurasi mail account melalui link PostMaster Mail Account pada halaman Admin.

Jika mail account baru akan dibuat, maka nama mail server, nama login, dan password harus ditentukan. Selain itu, tipe mail server (POP3, POP3S, IMAP, dan IMAPS)  juga harus dipilih. Jika pilihan tipe mail server yang diinginkan tidak tersedia, berarti modul Perl yang dibutuhkan hilang. Dalam hal ini, lihat “Instalasi modul Perl yang dibutuhkan untuk OTRS” sebagai petunjuk.

Jika memilih “Yes” pada pilihan Trusted, setiap X-OTRS header yang dilampirkan pada pesan yang masuk akan dievaluasi dan dieksekusi. Karena X-OTRS header dapat menjalankan beberapa aksi dalam sistem ticket, maka pilihan Trusted dipilih “Yes” hanya untuk pengirim yang dikenal. X-OTRS header digunakan untuk modul filter di OTRS. Setiap aturan Postmaster filter yang dibuat dapat dijalankan, terlepas dari pengaturan pilihan Trusted.

OTRS: System Configuration

OTRS config files

Semua file konfigurasi OTRS disimpan di direktori Kernel dan subdirektorinya. Tak perlu mengubah secara manual file apapun selain Kernel/Config.pm karena file yang lain akan berubah ketika sistem di-upgrade. Untuk melakukan konfigurasi, cukup salin parameter konfigurasi dari file lain ke Kernel/Config.pm dan ubah sesuai dengan kebutuhan. Selama proses upgrade, file ini tidak berubah sehingga pengaturan secara manual akan aman.

File Kernel/Config/Defaults.pm berisi parameter framework pusat OTRS yang mendefinisikan semua pengaturan dasar seperti konfigurasi email, koneksi database, default charset, dan bahasa standar. File Kernel/Config/Files/Ticket.pm berisi semua parameter konfigurasi untuk sistem trouble ticket.

Dalam direktori Kernel/Config/Files ada beberapa file lain yang diurai ketika halaman login OTRS diakses. Jika aplikasi tambahan seperti FAQ dan File Manager diinstal, file konfigurasi untuk aplikasi tambahan tersebut dapat ditemukan.

Jika interface web OTRS diakses, maka semua file .xml di direktori Kernel/Config/Files akan diurai sesuai urutan abjad, pengaturan framework pusat dan aplikasi tambahan akan dimuat (load). Setelah itu pengaturan pada dua file di Kernel/Config/Files/ZZZAAuto.pm dan Kernel/Config/Files/ZZZAuto.pm akan dievaluasi. Kedua file digunakan oleh interface grafis untuk konfigurasi sistem dan tidak boleh diubah secara manual. Terakhir, file Kernel/Config.pm yang berisi pengaturan pribadi dan parameter konfigurasi yang diubah secara manual akan diurai. Dengan membaca file konfigurasi dalam urutan ini, akan dipastikan bahwa pengaturan konfigurasi khusus digunakan oleh sistem.

Konfigurasi Sistem melalui Interface Web

Sejak OTRS 2.0, hampir semua parameter konfigurasi dari framework pusat atau aplikasi tambahan yang diinstal dapat diubah dengan mudah melalui interface grafis untuk konfigurasi sistem. Login sebagai administrator OTRS dan ikuti link SysConfig pada halaman Admin untuk menjalankan alat konfigurasi baru.

Cerita tentang OTRS

via brunoizidorio.com.br
Max adalah seorang produsen video recorder. Ia menerima banyak pesan dari pelanggan yang membutuhkan bantuan dengan peralatan tersebut. Suatu hari, dia tidak dapat menanggapi secara cepat dan bahkan tidak menjawab pesan. Beberapa pelanggan tidak sabar dan menulis pertanyaan kedua dengan pertanyaan yang sama. Semua pesan yang berisi permintaan disimpan dalam file inbox tunggal. Permintaan tersebut tidak diurutkan dan Max menjawab pesan menggunakan program email biasa.

Sejak Max tidak dapat menjawab dengan cepat untuk semua pesan, ia dibantu oleh Joe dan Yohanes sebagai developer. Joe dan Yohanes menggunakan sistem email yang sama, mengakses file inbox yang sama. Mereka tidak tahu bahwa Max sering mendapat dua permintaan yang sama dari pelanggan yang putus asa. Kadang-kadang mereka berdua akhirnya menanggapi secara terpisah dengan permintaan yang sama, dan pelanggan menerima dua jawaban yang berbeda. Selanjutnya, Max tidak menyadari rincian tanggapan mereka. Dia juga tidak menyadari rincian masalah pelanggan dan solusinya, seperti permasalahan dengan frekuensi tinggi, atau berapa banyak waktu dan uang yang dihabiskan untuk mengatasi permasalahan pelanggan.

Thursday, February 21, 2013

Mahasiswa Magang bersama OTRS

Hei kalian yang tahun ini mau mengubah status dari siswa menjadi mahasiswa, apa kabar? Sudah siapkah kalian dengan perubahan status kalian? Dan sudahkah kalian menentukan dimana perubahan status itu akan dilakukan? Universitas negeri kah? Swasta kah? Politeknik kah? Institusi kah? Dimana kah? Dimana pun kalian, semoga ketika status kalian berubah menjadi mahasiswa, disanalah kebahagiaan dan keberuntungan akan didapat.

Jika para siswa begitu bahagia menjadi mahasiswa, lantas bagaimanakah kabar para mahasiswa yang akan meninggalkan status mahasiswanya? Senang kah? Sedih kah? Bahagia kah? Mengenaskan kah? Mungkin untuk pertanyaan tersebut bisa dijawab oleh para mahasiswa magang, salah satunya aku.

Magang merupakan masa transisi antara dunia perkuliahan dengan dunia kerja.  Melalui magang, sedikit banyak kita mempelajari dunia kerja. Apa yang akan kita lakukan selama bekerja? Apa yang menjadi tanggung jawab kita? Itu hal-hal yang menjadi perhatian utama. Namun, disamping itu kita juga harus memikirkan hal-hal lain, seperti bagaimana kita bersikap di lingkungan kerja? Bagaimana cara berpakaian? Bagaimana cara berkomunikasi dengan rekan kerja?

Selama 6 minggu aku magang, aku pun mulai belajar tentang dunia kerja dan jika saat ini ditanya bagaimana perasaan saat akan meninggalkan status mahasiswa, maka jawabku saat ini, “Sedih banget.”
Ada beberapa hal yang membuatku rindu masa-masa kuliah dan berikut ini beberapa perbedaan antara magang dan kuliah yang membuat diri ini ingin kembali ke masa perkuliahan. Walaupun terdapat plus-minus nya, menjadi mahasiswa tetaplah menyenangkan.

Monday, February 18, 2013

Ibu

Kau nyata dan kau berbeda
Kau kuat dan kau hebat
Kau indah dan kau menawan
Kau segalanya dalam kehidupan

Aku rindu
Aku ingin memelukmu
Aku ingin mencium kedua pipimu
Aku kan ucapkan aku sayang padamu

Namun, lidah selalu kelu
Bibir tak berani berucap
Tangan tak mampu menggapai
Dan mata hanya bisa menatap

Saturday, February 16, 2013

Japan in Anime

Sebagai warga suatu negara, kita tidak serta merta menutup mata dari negara lain. Artinya kita tidak hanya berkutat memikirkan apa yang ada di negara sendiri, namun juga melihat perkembangan negara lain, entah perkembangan teknologinya, maupun pemerintahaannya. Demikian pula tentang dunia per-film-an.
Berbicara tentang film, pasti masing-masing dari kita memiliki film favorit dan tentu saja film favorit kita tidak hanya film dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Ada yang menyukai film dari Amerika, Inggris, Thailand, Korea, dan sebagainya. Film dari negara-negara tersebut pasti memiliki ciri khas yang membedakan film negara ini dengan film negara lain, mulai dari nama tokohnya, cara berpakaian, makanan yang disantap, dan seterusnya. Secara tidak langsung, dengan menonton film kita belajar budaya negara asal film tersebut.
Dan demikianlah aku saat ini. Akhir-akhir ini, aku lebih sering menghabiskan waktu luangku untuk menonton anime. [ Anime : adalah suatu kata yang digunakan untuk menyebut film animasi, dalam hal ini animasi buatan Jepang. Anime bisa dikatakan mirip dengan kartun, tapi gayanya berbeda. Karakter-karakter dalam anime kebanyakan mempunyai mata yang besar, kecuali karakter yang sudah dewasa, mempunyai mata yang sedikit kecil. Rambut dalam anime, diwarnai dengan berbagai macam warna. Bahkan untuk warna yang paling mustahil dipakai dalam dunia nyata sekalipun, seperti merah muda, hijau, dll. Untuk targetnya, tidak seperti kartun yang kebanyakan ditujukan untuk anak-anak dan remaja laki-laki, anime ditujukan untuk anak-anak, remaja, dewasa, pria atau wanita. ]
Dari beberapa anime yang aku tonton, aku belajar dan mengetahui budaya-budaya yang ada di Jepang, antara lain:
#Perbedaan kimono dengan yukata
Seperti yang kita ketahui, kimono merupakan pakaian tradisional Jepang. Dalam anime, biasanya tokoh akan mengenakan pakaian yang mirip kimono dalam acara tertentu. Kebanyakan dari kita akan menyebutnya sebagai kimono, padahal pakaian yang saat itu dikenakan adalah yukata.
Yukata
Lantas, apakah yang membedakan yukata dengan kimono?

Kedudukan lsa a.s.


Surat Az-Zukhruf (The Ornaments of Gold) - سورة الزخرف

NABI ISA A.S. MENGAJAK KAUMNYA UNTUK BERIMAN KEPADA ALLAH




57. And when the son of Mary was presented as an example, immediately your people laughed aloud.

57. Dan tatkala putra Maryam (Isa) dijadikan perumpamnaan tiba-tiba kaummu (Quraisy) bersorak karenanya.







58. And they said, "Are our gods better, or is he?" They did not present the comparison except for [mere] argument. But, [in fact], they are a people prone to dispute.

58. Dan mereka berkata: "Manakah yang lebih baik tuhan-tuhan kami atau dia (Isa)?" Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja, sebenarnya mereka adalah kaum yang suka bertengkar[1362].





59. Jesus was not but a servant upon whom We bestowed favor, and We made him an example for the Children of Israel.
 
59. Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan kepadanya nikmat (kenabian) dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani lsrail[1363]



[1362]. Ayat 57 dan 58 di atas menceritakan kembali kejadian sewaktu Rasulullah membacakan di hadapan orang Quraisy Surat Al-Anbiya ayat 98 yang artinya Sesungguhnya kamu dan yang kamu sembah selain Allah adalah kayu bakar Jahannam. Maka seorang Quraisy bernama Abdullah bin Az Zab'ari menanyakan kepada Rasulullah s.a.w. tentang keadaan Isa yang disembah orang Nasrani apakah beliau juga menjadi kayu bakar neraka Jahannam seperti halnya sembahan-sembahan mereka. Rasulullah terdiam dan merekapun mentertawakannya; lalu mereka menanyakan lagi mengenai mana yang lebih baik antara sembahan-sembahan mereka dengan Isa a.s. Pertanyaan-pertanyan mereka ini hanyalah mencari perbantahan saja, bukanlah mencari kebenaran. Jalan pikiran mereka itu adalah kesalahan yang besar. Isa a.s. bahwa beliau disembah dan tidak pula rela dijadikan sembahan. 

[1363]. Ayat ini menegaskan pandangan Islam terhadap kedudukan lsa a.s.

Undangan "Menikah" Online

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz Dzariyaat (51) : 49)
 “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur (24) : 32)
Luar biasa sekali ketika kita mengetahui bahwasanya kita hidup di dunia ini tidaklah sendirian. Namun, Alloh SWT telah menciptakan diri kita dengan pasangan kita masing-masing. Kaya, miskin, rupawan, buruk rupa, semua sudah ditentukan pasangannya masing-masing. Sempurna sekali.
Segala sesuatunya pun telah diatur sedemikian rupa sehingga kita memiliki cerita masing-masing tentang siapa pasangan kita, kapan kita bertemu dengan pasangan kita, dan dimana kita menghalalkan hubungan kita dengan pasangan kita, yakni dengan jalan menikah.
Menikah bukan hanya suatu keinginan, namun juga suatu anjuran, karena dengan menikah seseorang jauh lebih merasa tentram dan tumbuh rasa kasih sayang sehingga menghasilkan keturunan untuk generasi berikutnya.
Suatu pernikahan dianggap kurang sah jika tidak diumumkan atau menyebarkan pernikahan ke masyarakat setempat. Hal ini sering disebut I’lan nikah atau mengumumkan pernikahan yang bertujuan memberitahukan bahwa si fulan telah menikah dengan si fulan, sekaligus berbagi kebahagian antara kedua mempelai dengan masyarakat.
Dari Abdullah bin Zubair bahwasannya Rasulullah saw bersabda: "Umumkanlah pernikahan itu" (HR. Ahmad).
Salah satu bentuk dari pengumuman pernikahan yaitu walimah atau resepsi pernikahan dan salah satu media yang digunakan untuk menggelar suatu acara resepsi pernikahan yaitu undangan.
Ketika kita membicarakan undangan pernikahan, maka dalam benak kita terbayang kartu undangan yang di halaman depan bertuliskan indah nama kedua mempelai dengan ditemani dua ekor merpati yang sedang memadu kasih. Bentuk dari kartu undangan pernikahan pun beraneka ragam dan hampir semua dari kita menginginkan kartu undangan yang unik dan menarik sehingga menimbulkan kesan tersendiri bagi orang yang diundang. Namun, biasanya keinginan tersebut terhalang oleh biaya yang tidak sedikit karena kualitas sebanding dengan harga.
Contoh Kartu Undangan Pernikahan
(Sumber: google.com)


Akan tetapi, seiring perkembangan jaman, maka hadirlah suatu alternatif baru untuk mendapatkan kartu undangan pernikahan yang unik dan menarik dengan harga yang relatif murah, yakni undangan online. Undangan pernikahan online merupakan suatu undangan berbentuk website yang sangat tepat kita kirimkan bagi kerabat dekat yang jauh di mata. Biasanya, ketika mengundang kerabat kita yang berada di luar kota, jauh, dan tidak memungkinkan untuk mengirimi kartu undangan, kita memilih telpon dan SMS sebagai pengganti kartu undangan.

Friday, February 15, 2013

Ia Tertawa

Ia tertawa, begitu bahagia
Seakan tak memiliki beban
Bebas, lepas, terbang

Tawanya indah
Menghiasi sepinya ruangan tak bersekat
Tawanya merdu
Menarik perhatian setiap insan

Di kala ia diam
Tawanya merindukan
Di kala ia tak ada
Tawanya mengingatkan

It's Time to Work

Manusia itu tumbuh dan berkembang. Kita akan menjalani masa-masa dimana usia kita 3 tahun, beranjak menjadi 5 tahun, 12 tahun, 17 tahun, hingga puluhan tahun. Itu artinya kita sudah dan akan melewati masa-masa anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, dan manula. Dan jika dilihat dari jenjang pendidikan, maka kita akan merasakan bagaimana duduk di bangku SD, SMP, SMA, dan bagi yang beruntung akan menikmati bangku kuliah, mendapatkan gelar D3, D4, S1, S2, bahkan S3. Dan ujung dari semua ini adalah saat dimana kita berumur 20 tahunan, saat kita beranjak menjadi dewasa, dan merasakan dunia kerja. Itu normalnya karena ada kalanya kita melihat anak-anak yang harusnya menikmati bangku Sekolah Dasar namun sudah harus merasakan jatuh dan bangunnya bekerja.
 
Berbicara soal pekerjaan, apakah kalian sudah punya bayangan tentang pekerjaan kelak? Menjadi dokter kah? Dosen kah? Bidan kah? Apapun itu, semoga menjadi kenyataan. Dan bagi aku pribadi, dimanakah aku akan bekerja? 
 
Awal masuk Polman Astra, aku berkeinginan untuk bisa bekerja di salah satu anak perusahaan Astra Internasional selama beberapa tahun, kemudian menghabiskan waktu bertahun-tahun bekerja di Astra Internasional.
 
Awal magang di Polman Astra, aku berkeinginan untuk bisa bekerja di Polman Astra yang saat itu juga tengah mencari seorang tenaga pendidik (instruktur). Namun, karena ada suatu hal, maka keinginan itu sudah tak nampak lagi.
 
Dan saat ini, aku berkeinginan untuk bisa bekerja di Asuransi Astra Buana (AAB) dan setelah menyelesaikan kuliah S1, aku ingin bekerja di HSO Yogyakarta di Jalan Magelang KM. 7,2. Mengapa disana? Karena disanalah ceritaku dengan Astra bermula, tempat dimana aku menjalani psikotest dan wawancara untuk mendapatkan Beasiswa Polman Astra. Selain itu, menurutku, Yogyakarta adalah tempat yang strategis dimana aku tak akan merasa jauh dengan kedua orang tuaku. Aku berharap, Yogyakarta menjadi kota untukku melanjutkan kehidupan, kehidupan karierku dan kehidupan rumah tanggaku.#curcol.
Kembali ke masalah pekerjaan, berikut ini ada Tips n Trik dalam Bekerja, sedikit ilmu yang ku dapatkan di Ruang Rapat 2, Politeknik Manufaktur Astra, 14 Februari 2013, 08.00 - 10.45. Semoga bermanfaat.

Apa yang perlu kita siapkan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan?
Perusahaan, khususnya Astra, bukan hanya mencari SDM-SDM yang berkualitas dengan competence yang luar biasa. Fokus perusahaan adalah mencari sumber daya yang memiliki caracter yang kuat. Orang yang memiliki caracter kuat dengan competence biasa jauh lebih dipertimbangkan daripada mereka yang memiliki competence luar biasa namun caracter-nya null.

Wednesday, February 13, 2013

Narsisme si Tanggal Merah

Ada banyak hal yang diinginkan oleh banyak orang dari masing-masing kalangan. Seorang guru menginginkan agar murid-muridnya menjadi pandai. Seorang presiden menginginkan agar para rakyatnya aman dan sejahtera. Seorang rentenir menginginkan agar piutangnya segera kembali. Semua itu berjalan begitu normal. 
Akan tetapi, ada satu hal yang diinginkan atau tidak, kehadirannya selalu membawa kebahagiaan. Siapakah dia? Dia adalah tanggal merah. Tanggal dimana semua aktivitas sehari-hari terhenti. Kantor-kantor sepi. Sekolah-sekolah kosong. Bank tutup. Semua menikmati hari libur.
Hari libur akan terasa menjemukan bila hanya dihabiskan di dalam rumah (apalagi di sebuah kamar kosan). Oleh karena itu, pergi-ke-suatu-tempat lah cara yang tepat untuk menikmati Si Tanggal Merah dan disinilah ke-narsisme-an berperan untuk mengabadikan setiap kejadian yaitu bagian yang sering dinamakan 'sesi foto-foto'.
Dan berikut ini adalah secuil 'sesi foto-foto' ku dengan dibalut sentuhan lembut si narsisme..
@Taman Pintar - Yogyakarta

Friday, February 08, 2013

Menikah Muda? Ya atau Tidak? ^^

Jika seseorang berkata, "Aku ingin menikah muda." Bagaimana pendapat kita?
"ngapain cepet-cepet nikah!?"
"kerja dulu lah, nyenengin orang tua."
"masih belum siap."
Ada yang punya pendapat lain? Apapun pendapat kalian, tak ada yang salah dengan menikah muda. Mungkin sebagian orang berpikir menikah muda berarti menghilangkan kecerian masa remaja menuju dewasa mereka. Namun, sebagian yang lain berpendapat bahwa dengan menikah muda, diri akan lebih terjaga.
M.E.N.I.K.A.H. Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk menikah. Namun, di usia-ke-berapa-kah itulah yang membedakan. Ada yang ingin menikah di usia ke-23-nya, 24, 25, 27, dan sebagainya. Dan tanpa melihat usia-ke-berapa kita akan nikah, menikah merupakan ladang pahala, khususnya bagi para wanita muslimah.
Rasulullah saw bersabda : “sampaikanlah kepada perempuan-perempuan yang kamu jumpai bahwasanya :
  •  Taat kepada suami dengan penuh kesadaran, maka pahalanya seimbang dengan pahala para pembela agama Allah swt, tetapi sedikit sekali dari kamu sekalian yang mau menjalankannya.
  • Seorang wanita shalehah adalah lebih baik daripada 70 orang wali.
  • Sungguh memintakan ampun untuk seorang istri yang berbakti kepada suaminya yaitu : burung di udara, malaikat dilangit, selama ia senantiasa dalam keridhaan suaminya.
  • Siapa saja istri yang meninggal dunia sedang suaminya ridha terhadap kepergiannya, maka ia akan masuk ke surga.
  • Bila seorang suami pulang ke rumah dengan perasaan gelisah dan istrinya menghiburnya, maka istri mendapatkan 10 pahala jihad.
  • Bila seorang wanita mengerjakan dan menjaga shalatnya, berpuasa pada bulan Ramadhan, menjaga amanah suaminya dan mentaati suaminya, Allah swt akan memberikan izin padanya untuk memasuki surga dari pintu mana saja yang dia sukai.
  • Bila seorang suami memandang istrinya dengan perasan kasih sayang dan istrinya memandang dengan pandangan kasih sayang, maka Allah swt akan memandang mereka berdua dengan pandangan rahmat.
  • Bila seorang wanita hamil, shalatnya 2 rakaat adalah lebih baik daripada 80 rakaat shalatnya wanita yang tidak hamil.

Wednesday, February 06, 2013

Gingsul itu Menggemaskan :D

Gigi bagi sebagian orang merupakan hal yang sensitif. Mulai dari gigi berlubang, gigi kuning, hingga permasalahan gigi yang lain. Lebih sensitif lagi bagi mereka yang memiliki gigi tidak rata atau lebih dikenal sebagai 'gingsul'. Sebagian dari mereka kurang memiliki rasa percaya diri karena gigi gingsul mereka. Senyum mereka menjadi mahal hingga mereka pun malas untuk berbicara karena orang sekitar sering menertawakan gigi mereka yang mungkin terlihat lucu (bahkan mungkin aneh). Sebagian dari mereka yang memiliki gigi gingsul memilih gawat gigi sebagai solusi yang tepat dengan harapan gigi mereka menjadi rata seperti gigi normal. Namun, sebagian yang lain lebih memilih untuk tetap berdiam diri membiarkan semuanya tumbuh alami. Tak ada yang salah dengan keputusan mereka karena semua sangat tergantung pada pribadi mereka masing-masing.
Akan tetapi, melihat tren yang berkembang di masyarakat, gigi rata tidak lagi identik dengan cantik dan gigi gingsul justru memberikan senyum yang lebih manis. Tren ini begitu berkembang, khususnya di negara Jepang. Di Jepang, ada istilah 'Yaeba' atau tren gigi gingsul atau ada yang menyebutnya pemanjangan gigi taring. Masyarakat Jepang sedang berlomba-lomba mengubah tatanan giginya agar gigi terlihat lebih bertaring agar senyum mereka terlihat lebih manis dan menggemaskan.
Senyum gigi Yaeba
Kusakabe Misao from the Lucky Star with Yaeba (Circled in red)

Tuesday, February 05, 2013

Shiawase Hiyori

Beberapa waktu silam, aku sudah pernah membahas genre anime. Kini aku akan menuliskan sebuah lirik lagu salah satu soundtrack (OST) dari anime K-ON yang berjudul Shiawase Hiyori. Mungkin kalau diartikan ke dalam bahasa sehari-hari memiliki arti "Musim Kebahagiaan".
Aku begitu menyukai lagu ini. Awalnya hanya karena aku menemukan satu lirik ini: inu wa inu hito wa hito watashi wa watashi (anjing adalah anjing, orang adalah orang, aku adalah aku). Namun, setelah aku cari tahu keseluruhan lirik dari lagu ini, ternyata maknanya begitu menarik. Mari kita lihat :)
Houkago Tea Time _ K-ON

Uraraka osanpo hiyori mune ippai shinkokyuu hiyori
Ichi jikan hayaku natta mezamashi ga kureta chiisai odekake taimu

Glorious, perfect weather for a stroll, perfect weather to fill your lungs with air
The alarm clock went off an hour early so there's a little time to go out

Fukufuku koinu fuwafuwa na kumo purantaa no hana ni mo ne
Egao ga koborechau yo doushite ka na?
Wakannai demo ne... ufufu

Sniffing puppy, fluffy clouds, and the flowers in the pot
I can't stop smiling, I wonder why?
I don't know but... tehehe

Nikkori to ne "ohayou" shiranai hito ni mo "ohayou"
Ikiterutte ii na hayaokitte ii na ohirune mo ii kedo ne
Ranra

I say "Good morning" with a happy smile, say "Good morning" to a person I don't know
It's nice to be alive, it's nice to be up early, though afternoon naps are nice too
Lanla