Friday, December 28, 2018

2018 Year in Review


Tinggal menghitung hari menuju pergantian tahun. Banyak hal yang sudah ku lewati sepanjang tahun  dan biasanya ku abadikan semuanya lewat tulisan di blog. Di awal tahun aku cukup yakin, akan ada banyak cerita yang bisa ku bagikan di tahun 2018 ini. Berbicara soal kuantitas, jumlah postingan minimal bisa lah sama jumlahnya dengan tahun lalu.

Wednesday, December 19, 2018

Target Blogging Tahun 2019


Sebentar lagi 2018 akan meninggalkan kita semua. Saatnya membuat target-target baru untuk diwujudkan di tahun mendatang, 2019, termasuk urusan blogging. 

Puji syukur saat tulisan ini dipublish, genap sudah 100 blogpost yang ada di tahun ini, itupun terbantu dengan aku mengikuti #BPN30dayChallenge2018. Kalau tidak, paling mentok di angka 70an. Huhu.

Nah, agar tahun depan lebih semangat lagi ngeblognya, memang ada baiknya dibuatkan target. Ini dia target blogging ku di tahun 2019;

1. Jumlah Blogpost 100/tahun
Rasanya akan susah kalau menargetkan tulisan dalam satuan minggu, misal 3 tulisan/minggu. Sekalinya terlewat, akan gampang terlena. Berat, euy. Pernah menargetkan hal semacam itu, bahkan sudah merumuskan strategi untuk mencapainya. Sayangnya masih belum bisa konsisten.


2. Page View 1.000.000
Target ini bagai mimpi. Kenapa? Karena aku mencapai angka 700an itu setelah ngeblog selama waktu 8 tahun. Tapi aku melihat pergerakan angka itu, jadi mari optimis saja bahwa blog ini mampu mencapai angka itu. Nggak ada yang nggak mungkin kan?

3. Selalu Pakai Gambar Ilustrasi
Sejauh ini aku membiasakan diri untuk selalu menyisipkan gambar ilustrasi di setiap postingan. Apalagi setelah ganti template, jadi kelihatan kurang ciamik kalau dalam satu postingan tidak ada gambar.
contoh postingan tanpa gambar ilustrasi
Akan tetapi, biasanya aku asal comot aja gambar yang relevan di situs penyedia gambar gratis. Pengen banget bisa telaten edit-edit foto, ditambahi tulisan pendukung. Untuk gambar/foto dari dokumen pribadi, ditambahi watermark dan sebagainya. Sayangnya kok nggak telaten, selalu mikir 'bisa posting tulisan aja udah syukur'. Mindset seperti ini sih yang perlu diubah.

4. Aktif Share di Media Sosial
Salah satu alasan mengapa page view berjalan merangkak ya karena aku jarang membagi tulisan lewat media sosial. Selama ini aku hanya mengandalkan para pembaca yang terdampar dan tak sengaja menemukan blog ini. Aku kurang aktif menebar jaring yang bisa menarik orang untuk membaca blogku. Semoga di tahun 2019 besok, aku semakin konsisten menulis, sehingga bisa lebih aktif dalam membagikannya di media sosial, minimal 1 kali/minggu lah ya.

...

Itu dia target bloggingku di tahun 2019. Semoga bukan hanya jadi wacana yaa. Semangat!

# Day 30

Tuesday, December 18, 2018

5 Situs yang Sering Dikunjungi Saat Menulis

Setiap pagi, begitu sampai kantor, komputer sudah menyala, hal pertama yang ku lakukan adalah buka browser Mozilla. Selanjutnya, wajib buka dua link yang harus standby setiap saat;

1) SIMRS
Aplikasi rumah sakit berbasis web yang hanya bisa diakses internal. Aku yang dulu menjadi bagian dari pengembangan aplikasi ini, kini cukup memantau apakah ada masalah (error) atau tidak.

2) WhatsApp Web
Aplikasi WhatsApp (WA) bisa dinikmati di layar komputer sehingga memudahkan untuk mengecek pesan WA. Selain telepon, para pengguna SIMRS melaporkan error via pesan WA, jadi mesti dicek setiap saat.

Monday, December 17, 2018

Surat untuk Dokter

Purworejo, 17 Desember 2018

Dear Pak Dokter,
Terima kasih telah meresepiku di tanggal 11 Desember kemarin. Tapi mohon maaf, sampai saat ini obatnya belum ku minum, mungkin karena itu sampai saat ini gigiku masih sakit. 

Pak Dokter,
Sejujurnya, aku berharap banyak pada Bapak, tapi Pak Dokter mematahkan rasa percayaku ke Bapak. Aku sedikit kecewa. Biarkan aku sedikit cerita apa yang ku rasakan ya Pak.

Sunday, December 16, 2018

Sederhana, Tapi Bisa Melelehkan Hati

Kehidupan berumah tangga, khususnya bagi pasangan suami istri baru, itu banyak pasang surutnya. Kadang bisa nangis hanya karena hal-hal sepele, tapi tak jarang bisa begitu bahagia dengan tingkah laku sederhana yang dilakukan pasangan.


Kalau di kehidupanku sendiri, ada beberapa hal sederhana yang dilakukan suami, tapi bisa membuat hatiku berbunga-bunga, meleleh tak karuan.

Saturday, December 15, 2018

Pakai Produk Kecantikan Ini Sebelum Berangkat Kerja

Waktu menikah aku mendapat beberapa seserahan, salah satunya seperangkat make up bermerk Wardah. Masih basic make up yang isinya pelembab, pembersih, bedak, dan lipstik. Cocoklah buatku yang nggak suka ribet.

Friday, December 14, 2018

Kenangan Masa Kecil

Sebagai generasi 90-an, rasanya nggak akan habis jika menceritakan kenangan masa kecil. Berbeda dengan anak jaman sekarang yang dari kecil sudah pegang gadget, dulu televisi aja masih hitam putih (masih mending daripada tidak punya), alhasil kami lebih sering main di luar rumah. Selain memainkan berbagai macam jenis permainan tradisional, ini dia beberapa kenangan di masa kecilku:

1. Makan Ganyong dan Garut Rebus
Waktu masih kecil, belum sekolah, aku dititipkan di rumah bulek (dan keluarganya) selama ditinggal ibuku kerja. Mertua bulek yang ku panggil simbah sering sekali masak hasil kebun sendiri, salah satunya ganyong dan garut yang direbus. Garut kalau ditempatku disebut erut. Masaknya pun masih pakai tungku kayu. Kalau paklek kebetulan pulang dari sawah dan membawa belut, jadilah kami makan belut bakar.

Thursday, December 13, 2018

5 Keinginan yang Belum Tercapai

Di akhir tahun 2017 lalu, aku tak membuat resolusi untuk tahun 2018 ini karena ku pikir di tahun ini aku akan disibukkan dengan mewujudkan resolusi tahun 2017 yang belum tercapai. Ada tiga impian besarku di tahun 2017;
  1. Menikah
  2. Mendapat Pekerjaan Baru  -- April 2017
  3. Mendaftar Haji 

Akhir tahun lalu, puji syukur, impian "menikah" bukan lagi jadi wacana, tapi benar-benar direncanakan. Dengan proses yang cukup singkat, akhirnya bisa terwujud di pertengahan tahun 2018. Mungkin karena saking senengnya menyambut hal itu, aku jadi tak kepikiran mendaftar semua keinginan menjadi sebuah resolusi yang tertulis. Biarlah ngalir gitu aja.

Wednesday, December 12, 2018

Jangan Mengeluh, Nanti Menyesal

Aku berusaha mengendalikan diri untuk tidak pernah menyesal atas keputusan yang sudah ku ambil karena apapun yang terjadi dalam hidupku selalu ada campur tangan Tuhan yang sudah sedemikian rupa mengatur kehidupanku.
Hidup itu sawang sinawang. Entah siapa orang pertama yang memopulerkan istilah itu, tapi disadari atau tidak, diakui atau tidak, kita pasti pernah merasakannya. Sama-sama punya rumput di halaman, tapi selalu memandang rumput tetangga jauh lebih hijau. Terlalu fokus melihat dan memperhatikan kehidupan orang lain sampai kadang lupa mengurus kehidupan diri sendiri.

Tuesday, December 11, 2018

Yakin Mau Jadi Full Time Blogger?

Pernah kepikiran nggak sih jadi full time blogger?
NGGAK. Nggak pernah sama sekali. Gimana mau jadi full time blogger kalau dapat tantangan nulis 30 hari non-stop aja masih keteteran. Awalnya menggebu-gebu, di pertengahan semangatnya mulai menurun, menjelang akhir sudah kehabisan ide; dengan tema seperti ini mau bahas apa dengan 300 kata?

Monday, December 10, 2018

Ciptakan Kondisi Agar Pekerjaan Rumah Tangga Terasa Menyenangkan

Apa pekerjaan rumah tangga yang disukai? NGGAK ADA. lol


Aku nggak suka melakukan pekerjaan rumah tangga. Tapi meski nggak suka, ya harus tetap dikerjakan. Ya kali mau makan pakai daun? Pergi ke kantor pakai baju kusut? Nggak apa-apa juga sih sebenarnya tapi kalau emang mampu, bisa pakai jasa ART (Asisten Rumah Tangga) atau pakai jasa yang ditawarkan lewat aplikasi. Mau makan tinggal GO-FOOD, mau bersih-bersih panggil GO-CLEAN. Lah kok jadi ngiklan ya?

Sunday, December 09, 2018

Hari Minggu di Awal Bulan

Ku awali hariku mulai pukul 09.00 WIB. Hari Minggu memang pas sekali untuk bermalas-malasan dan bangun siang. Beranjak dari kasur, aku menuju dapur, membuatkan secangkir kopi, dilanjut cuci piring dan masak nasi.

Rutinitas hari Minggu selanjutnya mencuci baju. Beruntung mesin cuci tak lagi kumat 'sakit'nya sehingga ku bisa menghemat tenaga. Tapi tetap saja ada satu baju yang ku cuci manual; seragam putih milik suami.

Sebenarnya aku dan keluargaku termasuk orang yang nggak mau ribet, tak merasa perlu memisahkan baju putih dengan baju lainnya. Beda dengan keluarga suami, ibu mertua sangat perhatian masalah baju. Menjaga apa yang sudah terjaga selama ini, aku pun mengikuti saran mertua, agak ribet sedikit tak apa.

Ku rendam baju putih suami. Kenapa hanya punya suami? Karena baju putihku, putih gading, jadi nggak papalah ikut mesin cuci. Setelah direndam, kucek seperti biasa. Lihat bagian kerah atau bagian yang kotor. Kalau ada coklat bekas keringat gitu, gunakan sabun mandi, insyaAllah noda membandel akan hilang. Kalau sedari awal beli baju putih diperlakukan seperti ini, percaya deh putihnya bakal awet bertahun-tahun.

Selesai mencuci, aku kembali ke kamar. Mager, main instagram, dan buka YouTube. Jam 12 aku mandi, sholat, makan siang, lanjut MAGEEERRR sampai sore!!!!

Sebenarnya hari ini aku ada undangan nikahan teman di Magelang. Tapi aku memutuskan untuk tidak datang karena ada beberapa hal, salah satunya ada kumpulan dasa wisma (dawis) sore ini. Padahal kalau jadwal dawis tidak jatuh di minggu ini, kemungkinan besar aku akan datang kondangan yang dilanjutkan dengan nonton atau jalan-jalan di area Magelang.

Kayaknya kumpulan dawis ini penting banget ya? Hahaha. Kebetulan aku dipercaya merekap pengumpulan uang K3 tiap bulannya dan juga, di bulan ini aku dapat jatah tugas baca 10 Program Pokok PKK.

Sekitar pukul 15.40 WIB aku sudah siap. Bersama mertua, aku berangkat ke rumah tetangga yang menjadi tuan rumah kumpulan dawis.

Acara berjalan lancar seperti biasanya. Tapi kali ini durasinya lebih lama karena kedatangan petugas puskesmas yang memberikan penyuluhan tentang pencegahan demam berdarah.

Selesai pemaparan dari petugas puskesmas, dilanjut lagi promosi kompor gas dari salah satu merk yang menawarkan barang dengan sistem kredit/cicilan. Pukul 17.45 WIB acara selesai dan aku pulang ke rumah.

Seperti itulah hari Minggu ku di setiap awal bulan; kumpulan dawis. Tapi hari ini sedikit berbeda dari minggu-minggu biasanya. Selepas magrib suami mengajak pergi keluar, pengen ngadem, cari angin, dan tentu saja tak ku tolak. Bingung mau kemana akhirnya pilihan kami jatuh ke jagung bakar. Yey! Ku senang!

# Day 20

Saturday, December 08, 2018

TOP 10 OST Fairy Tail

Aku sungguh sangat senang begitu mengetahui anime kesukaanku jaman kuliah ternyata ada season terbarunya. Wohohoho... langsung deh tiap minggu tak sabar nunggu update terbarunya. Meskipun umur sudah bertambah banyak, tapi kesukaanku menonton anime masih ada. Tapi sekarang sudah berkurang intensitas menontonnya, paling jika ada season terbaru, seperti anime yang satu ini: FAIRY TAIL.
via anigmatech.com

Friday, December 07, 2018

5 Channel YouTube yang Sering Ditonton

Hidup tanpa televisi itu lebih mudah daripada hidup tanpa handphone ya, secara apa yang ditayangkan di televisi bisa ditampilkan melalui layar handphone, salah satunya menggunakan aplikasi YouTube. Nah, justru apa yang ada di YouTube ini, belum tentu ada di televisi. Nonton di YouTube dapet bonus pula; komentar para netizen. Hihi.

Aku sendiri setiap harinya buka YouTube, meski hanya untuk melihat apa yang sedang trending saat ini atau mengecek apakah channel yang aku subscribe ada update terbaru apa tidak.

Thursday, December 06, 2018

5 Hal yang Ingin Dilakukan di Tahun 2019

Desember di depan mata. Tapi masih banyak keinginan yang belum terwujud di tahun ini, salah satunya menjadi PNS. Ada banyak harapan jika keinginan tersebut bisa terwujud, tapi apa daya, belum rejekinya. Berharap tahun depan bisa terwujud? Rasanya pesimis jika akan ada tes seleksi lagi.

Akan tetapi, life must go on. Mari kita fokus ke depan, menyongsong tahun 2019 yang sebentar lagi menyapa.

Wednesday, December 05, 2018

Sebelum dan Sesudah Menikah, Baca 10 Blog Ini!

Dari sekian banyak blog yang bertebaran di jagad dunia maya ini, kok aku bingung ya menentukan 10 blog favorit. Pasalnya aku tak rajin blogwalking. Ampun! Kalaupun berkunjung ke blog orang, pasti jadi silent reader, tak meninggalkan jejak sedikitpun. Jika cara penyampaiannya enak, ceritanya menarik, aku bisa baca semua blogpostnya. Nggak tanggung-tanggung, bisa follow tanpa berharap di follback. Tapi kalau gaya bahasanya ga sreg di hati, paling hanya bertahan di satu postingan dan bye!

Dan soal blogwalking ini, aku orangnya terlalu pilih-pilih. Maunya main ke blog yang temanya ku sukai. Apalagi yang isinya murni curhatan, aku pasti semangat membacanya, dengan catatan; penulisannya enak ku terima. Karena kadang, meski blog isinya curhatan semua, aku kurang nyaman membacanya. Bukan berarti blog dan tulisannya gak bagus, tapi menurutku, ini cocok-cocokan aja sih. Seperti misalnya, aku suka baca novel Tere Liye, nyatanya ada juga orang yang gak suka bacanya. Ya, semacam itulah.

Menyesal Kenapa Tidak Pilih IDwebhost

Aku dulu kuliah ambil jurusan Manajemen Informatika. Awal perkuliahan kami diajari cara membuat blog. Selanjutnya materi yang didapatkan adalah bagaimana cara membuat website dengan berbagai macam bahasa pemrograman, ada PHP, Java, C#, dan sebagainya. Kami tidak menggunakan Sistem Manajemen Konten (CMS), tapi murni koding, yakni merangkai kode-kode menjadi sebuah sintaks yang nantinya bisa diterjemahkan menjadi tampilan web.

Tahap selanjutnya kami diharuskan bisa meng-online-kan web yang kami buat. Agar website yang dibuat bisa diakses lewat jaringan internet, maka perlu menyewa hosting dan membeli nama domain. Saat itu kami menggunakan hosting gratisan, tentunya tak berharap dapat nama domain yang lazim pada umumnya.

Perkuliahan Tahun 2010

Tuesday, December 04, 2018

Week 22 : Skrining Antenatal di Puskesmas

Bulan ini aku berencana memeriksakan kehamilanku di Puskesmas untuk melakukan skrining antenatal. Di trimester pertama aku melewatkannya karena tak tahu dan masih bertanya-tanya, "emang bisanya cuma di Puskesmas aja?" Sementara kalau ke Puskesmas berarti harus ijin setengah hari untuk meninggalkan pekerjaan.

Waktu kunjungan terakhir dengan dokter kandungan bulan lalu, aku menanyakan perihal ini. Kata beliau, skrining itu penting, meski demikian beliau tidak memberikan rujukan untuk melakukannya di laboratorium rumah sakit. 

Okelah, daripada penasaran, mending dicoba saja. Tapi bingung, mau di puskesmas mana? Puskesmas dekat rumah mertua, kok ya kartu identitas masih ikut alamat orang tua. Takutnya ditanya 'ini harusnya periksa di puskesmas area sana!' Mau ke puskesmas dekat rumah orang tua, kok ya jauh.

10 Akun Instagram Favorit

Instagram menjadi media sosial yang paling sering aku buka dan tentu saja paling banyak makan kuota. Huhu. Tapi nggak papa, yang penting bahagia, bisa ketawa, dan ada sedikit 'nilai moral' yang bisa ku ambil dari aktivitas bermain instagram.
via pixabay.com
Setahun belakangan aku memang jarang update dan pasang foto di instagram karena kebetulan disini dapat teman-teman yang nggak hobi foto. Mau narsis sendirian kok ya nggak mentolo. Malu. Btw, kata 'mentolo' ada di kbbi loh. Meskipun demikian, aku tetap membuka instagram untuk lihat update-an terbaru dari akun-akun favoritku. 

Ini dia 10 Akun Instagram Favorit;

Monday, December 03, 2018

Seperti Apakah Karakter Seorang Aries?

Di 2018, diperkirakan karier Anda akan meningkat dengan adanya promosi. Disarankan Anda mengikuti segala prosedur yang ada dengan tulus untuk mencapai tujuan Anda. Perhatikan baik-baik tindakan Anda selama berkarier karena akan menentukan masa depan Anda. Akan ada perubahan di tempat Anda bekerja yang membawa keberuntungan. -- www.liputan6.com

Duh jadi inget masa remaja yang kalau beli majalah pasti yang dicari ramalan zodiaknya. Waktu itu percaya nggak percaya sih karena apapun yang terjadi, pasti dikait-kaitkan dengan zodiak kita, jadi berasa kalau ramalan itu punya pengaruh di kehidupan kita. Tapi yang pasti, buat seru-seruan aja sih, ketika gelar majalah, semua heboh mencari zodiak masing-masing. Kalau sekarang, nggak perlu lah ya percaya ramalan zodiak seperti itu.

Akan tetapi, ada yang bilang zodiak menentukan kepribadian seseorang. Benarkah? Aku sih nggak yakin soal itu. Aku lebih percaya kalau karakter seseorang itu diperoleh dari lingkungan dimana dia dibesarkan. Meskipun begitu, ada beberapa sifat yang memang bawaan dari lahir. Tapi apakah zodiak ini emang punya pengaruh dalam menentukan kepribadian seseorang. Yuk seru-seruan lagi, nggak usah dipikir jero. Berhubung aku berzodiak Aries, kita bahas karaktek seorang Aries aja yuk.
via reddit.com

Sunday, December 02, 2018

Tempat/Kota/Negara Impian yang Ingin Dikunjungi Bersama Suami

Semenjak menikah, aku dan suami belum pernah melakukan perjalanan jauh yang tujuan utamanya berwisata, pacaran berdua-duaan. Paling jauh ke Jogja, itu pun harus merasakan 'pahitnya' failed honeymoon. Pengen deh ngebolang bareng suami, pasti seneng banget rasanya, dan tentunya bisa meningkatkan cinta kami berdua. Cie.

Aku pun membuat daftar tempat, kota, dan negara yang ingin ku kunjungi bersama suami. Semoga suatu saat nanti bisa kesampaian ya. Ini dia daftarnya;

Saturday, December 01, 2018

5 Tips Hidup Sehat

Puji syukur alhamdulillah aku bukan tipe orang yang gampang sakit. Paling banter pilek dan batuk. Meskipun demikian, aku tiap hari ke rumah sakit. Iya lah, kerja disana.

Akan tetapi, bulan Mei lalu aku didiagnosa kena penyakit maag. Walah, padahal sebelumnya tak pernah ada riwayat sakit maag. Mungkin penyebab utamanya karena aku suka minum kopi saat perut kosong yang mengakibatkan keasaman lambung meningkat. Tapi alhamdulillah obat belum sampai habis, aku sudah sembuh dan maag nya tidak kambuh.

Sehat itu menjadi sesuatu yang sangat berharga ya saat kita merasakan sakit. Untuk itu sebisa mungkin jaga kesehatan. Nah ini dia tips sehat dari ku.