Wednesday, December 13, 2017

Mengatasi Error Code: 1062. Duplicate Entry

Peringatan : Tulisan ini bersifat teknis IT!

Seseorang pernah bertanya padaku, “Apa yang membuatmu bahagia?”
“Apa ya?” jawabku.

Entah mengapa aku kesulitan menjawab pertanyaan mudah seperti itu. Apa yang sebenarnya membuatku bahagia? Makan enak? Mobil mewah? Rumah megah? Keliling dunia?

Ah, rasanya tanpa itu, aku masih bisa bahagia.

Dan ternyata, salah satu yang bisa membuatku bahagia adalah ...

Tuesday, December 12, 2017

Mudahnya Mengubah .blogspot.co.id Menjadi .com

Hwa, ada yang baru lho dari blog ini!
Lihat deh URL blog nya, berubah menjadi;
www.wamubutabi.com

Aku pikir mengubah domain blog ini bakal ribet dan mahal. Harus beli domain dan hosting yang kemudian dilanjutkan prosesi pindahan yang bisa saja crash mengakibatkan tulisan lama akan hilang. Belum lagi ada bayangan setelah pindah rumah akan susah bikin tulisan baru. Ternyata itu semua hanya ketakutanku belaka. Ternyata, mudah dan murah. Lagian akunya nggak mau nanya-nanya ya. Hahaha.

Cukup Beli Domain
Tak perlu beli hosting saudara-saudara. Mindsetnya programmer gini nih, untuk menerbitkan web perlu Cpanel yang bisa diperoleh saat beli hosting. Padahal blogspot sendiri bisa jadi hosting gratis buat para blogger. Jadi, cukup beli domain saja.

Sunday, December 10, 2017

Lirik Lagu You're Not Alone | Owl City feat. Britt Nicole

via genius.com
 Some days I barely hold on
Ada hari-hari dimana aku hampir tak sanggup bertahan
When life drags me down
Saat hidup menyeretku dalam keputusasaan
I wanna let go
Kuingin menyerah
But when my spirit is weak
Tapi saat jiwaku lemah
You come to my aid
Kau datang membantuku
And strengthen my soul
Dan kuatkan jiwaku

Saturday, December 09, 2017

Apakah Kemunduran Jika Menerima Pekerjaan dengan Gaji Lebih Kecil?

Ketika orang memutuskan untuk resign dan pindah kerja, hal pertama yang dipikirkan adalah apakah tempat kerja baru akan lebih baik dari tempat kerja sekarang? Indikator "Lebih baik" atau tidaknya biasanya diukur dengan berapa gaji yang akan diterima. Orang akan berpikir seribu kali jika ternyata gaji di tempat baru lebih kecil. Benar demikian?

Selepas lulus S1, aku dan teman-temanku berharap ada perubahan yang bisa kami rasakan. Kenaikan pangkat, misalnya. Kalaupun itu tidak memungkinkan, kami berharap bisa mendapatkan pekerjaan baru menggunakan ijasah S1 dan berharap gaji yang diterima bisa lebih banyak. 
Sebagian dari kami bisa mewujudkan keinginan itu. Sebagian yang lain masih di posisi yang sama. Aku? Aku mendapatkan pekerjaan baru dengan ijasah S1, namun gaji yang ku terima di tempat baru jauh jauh lebih kecil.

Apakah aku dapat uang makan? Tidak.
Apakah aku dapat uang transportasi? Tidak.
Apakah aku dapat uang obat? Tidak. Hanya BPJS.
Apakah ada jatah kacamata / lensa? Tidak.

Wednesday, December 06, 2017

[Review] Saki - Saki


cover via manga.tokyo
Film ini menceritakan seorang siswa SMA, Saki Miyanaga (Minami Hamabe) bersama teman sekelasnya yang larut dalam permainan mahjong. Mereka menargetkan kompetisi nasional yang akan datang.

Monday, December 04, 2017

Tiga Hari ke Bekasi, Pergi Kemana Saja?

Delapan bulan bukan waktu yang sebentar untuk menahan rindu. Setelah beberapa kali dikompori untuk pergi jalan-jalan di saat ada tanggal merah, nyatanya aku masih belum berani mengajukan ijin meski hanya satu hari. 

Enam hari kerja membuat waktu liburanku terasa sangat terbatas. Status 'karyawan baru' pun membuatku sungkan, tak enak hati, merasa tak bertanggung jawab, jika harus ijin disaat masa kerjaku masih terhitung bulan.

Akan tetapi, pada akhirnya aku memberanikan diri. Ku lihat kalender. Ada libur di hari Jumat, 1 Desember 2017. Satu yang dipikiranku, si Zuu tidak pulang kampung karena dia closing. Setelah ku konfirmasi, si Zuu free di tanggal 1 dan masuk kerja di tanggal 2. Ku tanyai temanku yang lain, mereka belum ada acara. Jadilah aku cari-cari tiket kereta api.