Tuesday, October 31, 2017

[Review] Aishite tatte, Himitsu wa Aru - I Love You, But I Have a Secret

100 kebohongan tidak akan pernah bisa menutupi 1 kebenaran

Quote yang bagus dari dorama berjudul Aishite tatte, Himitsu wa Aru; Aku Mencintaimu, Tapi Aku Punya Rahasia.
via asianwiki.com

Saturday, October 28, 2017

Jenuh

Kemarin aku dikirimi sebuah video #TRUSTED dari seorang teman di kantor lama. Menonton video tersebut, mataku berkaca-kaca. Aku merindukan suasana disana. Kegiatan pagi seperti morning talk, makan siang di kantin, bersama mereka yang tiap hari ku habiskan waktu dengannya.

Akan tetapi, sebelum air mata itu jatuh, tiba-tiba seseorang memanggilku, "Mia... bla bla bla..." dia bertanya soal kerjaan. Tak biasanya dia mengajakku diskusi. Seperti orang yang sedang melamun, tiba-tiba dikagetkan orang lain, seperti itulah yang ku rasakan. Keadaan itu seolah mengatakan padaku,

"WOIII,, FOKUS. Kamu yang memutuskan untuk pindah kesini, TANPA PENYESALAN. Tapi, kenapa masih saja ingat-ingat semua yang disana. FOKUS. Kamu sudah punya keluarga baru disini. Katamu mereka baik. Jangan sia-siakan itu."

Tuesday, October 24, 2017

Perlukah Membalas Setiap Pesan yang Masuk?

Ahh~ rasanya kok udah lama nggak ngeblog, padahal ya baru 4 hari dari postingan terakhir. Tapi akhir-akhir ini rasanya lelah, terlalu fokus pada pekerjaan. Pagi-pagi komputer menyala langsung buka Notepad++ demi menuliskan kodingan yang sudah dipikirkan seharian, takut menguap begitu saja. Iya benar-benar seharian karena semua itu muter-muter di kepala, bahkan saat di rumah. Ketika menyapu halaman, saat di kamar mandi, mau tidur, hingga terbawa mimpi. 

Gimana cara membuat query yang efektif untuk mengelompokkan alat kesehatan, obat generik& nongenerik, query untuk menampilkan obat-obat yang diresepkan dokter dalam rentang waktu tertentu. Aakk... membuatku gila. Kelihatannya diam, tapi pikiran terus aktif berpikir.

Friday, October 20, 2017

Full-time Programmer

Rasanya gini ya jadi full-time programmer. Ada seru-serunya gitu.
Dulu di kantor lama, aku hanya sebagai part-time programmer, yang kalau tidak sibuk dengan kerjaan utama sebagai admin, maka 'diharapkan' aku bisa membuat dan mengembangkan aplikasi yang sudah ada. Karena kondisi yang tidak kondusif ditambah tidak ada teman sesama programmer, biasanya aku berdalih sedang sibuk agar terbebas dari kegiatan ngoding. Toh, itu memang bukan jobdeskku, jadi aku merasa sah-sah saja melakukannya. Kalau mood-ku sedang bagus, aku baru meluangkan waktu sejenak menjadi programmer. 

Sekarang aku benar-benar menjadi full-time programmer yang pekerjaan utamanya ngoding membuat aplikasi. Dan rasanya seru, apalagi sekarang berada dalam sebuah tim. Masing-masing fokus pada komputer sendiri, berkutat pada kode-kode script yang ada di hadapan kami. 

Tuesday, October 17, 2017

Penangguhan

Tahun Baru 2017

Tak biasanya pukul 00.00 di tanggal 1 Januari aku berada di luar rumah demi ikut merasakan euforia pergantian tahun. Ahh... mungkin Tuhan tahu jika tahun ini aku harus meninggalkan mereka.

Malam itu kami bertiga berada di Sausalito Cafe & Bistro Harapan Indah yang mengadakan acara terbang lampion. Lampion tersebut ditempeli dengan resolusi kita di tahun 2017. 

Monday, October 16, 2017

[Review] San gatsu no Lion Zenpen - March Comes in Like a Lion

credit
Film San gatsu no Lion Zenpen ini menceritakan Rei Kiriyama, seorang pemain shogi (catur). Ia tidak punya keluarga, saat kecil kedua orang tua dan adik perempuannya meninggal saat kecelakaan lalu lintas. Semenjak itu, ia ditawari untuk tinggal bersama keluarga Koda (entah saudara atau bukan). Demi bisa tinggal bersama keluarga tersebut, Rei mengaku bahwa dia menyukai shogi, padahal saat itu dia hanya berbohong. Dia tak suka bermain shogi.

Sunday, October 15, 2017

Misteri Ilahi #2

"Mi, Sabtu kamu bisa ikut ke Jogja? Jenguk kakaknya Pak Tono." kata Mbak Ema.
"Yang kemarin kita jenguk itu kan Mbak?" aku memastikan bahwa beberapa hari yang lalu kami sudah menjenguknya di ruang Paviliun.
"Iya, sekarang dirujuk ke Jogja."
"Oh, Yo ayo kalau mau jenguk ke Jogja!"
"Kok yo ayo?! Aku nggak bisa ikut, masih mual-mual." Mbak Ema sedang hamil muda, kondisinya memang tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan. "Diah anaknya dua masih kecil-kecil. Nggak bisa ditinggal."
"Lha terus aku cewek e sama siapa?"
"Itu ada Desi. Tapi dia bisa nggak ya?"
"Heee... opo? opo?" tiba-tiba Mbak Desi muncul dari ruang sebelah.

Saturday, October 14, 2017

Pendaftaran Online?

Kemarin malam di salah satu grup WhatsApp ada yang menshare berita mengenai antrian panjang di loket pendaftaran rumah sakit.

Saturday, October 07, 2017

Misteri Ilahi

Sekarang aku sedang di bengkel, service rutin Bita, motorku. Berada di bengkel resmi ini mengingatkanku pada kisah lama yang kalau pikir-pikir, "kok bisa ya?" Mungkin inilah yang disebut 'misteri ilahi'.
Bita on bengkel

Inspirasi dari Manunggal Fair 2017 Kulon Progo

Hari Kamis (05/10) kemarin aku mengajak ibuku menyaksikan Manunggal Fair 2017 di Lapangan UNY Kampus Wates. Acara ini diadakan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-66 Kabupaten Kulon Progo.
credit
Dengan aku mengajak ibuku, berarti tiga kali sudah ibuku pergi kesana. Pertama menemani Bapak. Kedua menemani murid-muridnya. Dan yang ketiga menemani diriku ini. Maklum aja ya Buk, anakmu ini belum punya teman yang bisa diajak kemana-mana. Lah malah curhat :f 

Friday, October 06, 2017

Sekecil Apapun, Yuk Hijrah!

...semoga sahabatku di sana membaca ini dan mau bersama – sama denganku untuk mengubah penampilan menjadi lebih syar’i. Karena sesungguhnya aku sudah melewati masa masa mendewasa bersama kamu. Dan akan sangat menyenangkan jika kita kembali menjalani masa masa ber Hijrah bersama (lagi). 

Untuk sahabatku “Tak perlu merasa ribet pakai gamis saat naik motor. Aku pun merasakannya, duduk dengan gamis di motor, rada susah ya dibandingkan pakai celana. Namun semua itu mungkin karena kita belum terbiasa. Dan itu berarti kita harus membiasakannya. Orang-orang di sana saja bisa, kita juga kan pastinya”

Membaca dua paragraf ini, aku merasa tersentil. Entah itu memang ditujukan untukku atau aku terlalu percaya diri hingga merasa kalimat-kalimat itu memang untukku.

Baca tentang : Yuk Hijrah di Meja Duniaku

Norak : Hotel yang Pernah Disinggahi

Norak menurut KBBI memiliki definisi sebagai berikut;

norak/no·rak/ a cak 1 merasa heran atau takjub melihat sesuatu; 2 sangat berlebih-lebihan; kurang serasi (tentang dandanan dan sebagainya); kampungan: pakaianmu -- , pantas saja banyak orang tertawa

Kenapa norak itu diartikan kampungan? atau bisa disebut juga dengan kata ndeso? Ya karena anak kampung/desa sering kali merasa takjub saat melihat sesuatu dan mengekspresikannya dengan sangat berlebihan. Naik mobil, rasanya waaahhhh. Lihat gedung-gedung tinggi, wiiiiiihhhhhh. Makan makanan enak, wooooooh, dan seterusnya. Kenapa bisa begitu? Ya karena di desa memang jarang banget menemukan, melihat, dan merasakan semua fenomena seperti itu. Sehari-hari naik angkot, makan seadanya. Gedung tinggi? Ngapain gedung dibuat tinggi kalau lahan kosong masih banyak? Jadi maklumlah kalau orang-orang desa ini selalu norak.

Tuesday, October 03, 2017

Edelweis

Edelweis
Bunga edelweis dikenal sebagai everlasting folwer atau bunga abadi karena dapat mekar sampai 10 tahun lamanya. Bunga ini hanya dapat ditemukan di tempat dengan ketinggian sekitar 2000 mpdl ke atas. Tentunya untuk dapat melihat dan menyentuh bunga tersebut, kita harus melakukan pendakian yang membutuhkan cukup tenaga dan perbekalan yang memadai.

Ahh, beruntung sekali aku pernah berjumpa dengan bunga Edelweis ini. Dua kali malah! Pertama saat di Tegal Alun Papandayan. Kedua saat di Surya Kencana Gunung Gede. Haha. Norak!

Cerbung "PERGI" (sekuel Novel "PULANG") - Tere Liye

Bagi penggemar Tere Liye, tentu kita tahu bahwa beberapa bulan yang lalu, Tere Liye mengeluarkan pernyataan bahwa dia tidak akan mem-buku-kan tulisan-tulisannya dikarenakan permasalahan pajak. Meski demikian, dia tidak akan berhenti menulis dan tetap akan menyebarkan tulisannya, walau bukan dalam bentuk buku fisik.

Nah, dua bulan terakhir ternyata dia sudah menulis cerita bersambung (cerbung) yang berjudul "PERGI" dan membagikannya di facebook. Cerbung tersebut merupakan sekuel Novel "PULANG" yang terdiri dari 23 bab.

Ada yang ketinggalan cerbung ini? Sama, aku juga!!! 
Meski aku mengikuti fanspage Facebook Tere Liye, aku tak pernah menemukan postingan cerbung "PERGI" di timeline-ku. Hingga dua hari yang lalu, aku melihat postingan tersebut namun sudah di Bab 23 dan di akhir tulisan ada kata TAMAT. Lahh...

Sunday, October 01, 2017

Bulan Baru

Selamat datang, Oktober!
Apa kabar dunia? LUAR BIASA!!!

Biasanya setiap awal bulan aku menuliskan tentang apa yang aku rasakan sejak kepindahanku di akhir bulan Maret. Sebulan pertama aku begitu terkesima dengan pekerjaan baru, teman baru, dan segala aktivitas yang belum pernah aku lakukan.


Dua bulan berlalu, rasanya masih teringat jelas bagaimana perpisahanku dengan teman-teman disana, bagaimana rasanya menginjakkan kaki di stasiun Pasar Senen untuk terakhir kalinya. Huhu... jadi sedih.