Wednesday, August 30, 2017

Menjahit : Teman Kursus

Aku mengambil kursus menjahit di LKP Fenti Purworejo. Ada 2 kelas yang disediakan, Kelas Pagi (09.00 - 12.00 WIB) dan Kelas Siang (13.00 - 16.00 WIB). Seminggu masuk empat kali sesuai dengan hari yang sudah ditetapkan, yaitu Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat. Kebanyakan orang yang kursus disini mengambil Kelas Pagi. Sementara aku, karena aku bekerja, aku ikut Kelas Siang, itu pun mulainya dari jam 14.00 WIB. Jadilah Kelas Siang ini terasa sepi, hanya segelintir orang.

Ada Mbak Yuni. Aku bertemu dia baru tiga kali, selebihnya beliau tidak masuk, mungkin karena anaknya tidak ada yang momong.

Ada Anida, yang dulu satu SMA denganku. Awal ketemu di tempat kursus, kami cuma bisa saling membatin 'kayak pernah liat orang ini'. Secara dulu juga cuma sebatas tahu, kadang ketemu di angkot, dan selebihnya jarang berinteraksi. Nah, selama aku kursus, aku baru bertemu dengannya 2 kali.

Tuesday, August 29, 2017

Nostalgia dari Sebuah Lagu + MINI GIVEAWAY

Aktivitas tanpa diiringi suara musik rasanya hampa ya, semacam krik-krik, jadi kurang semangat dalam melakukan pekerjaan. Tentunya kita punya playlist lagu kesukaan masing-masing.

Setelah beberapa waktu yang lalu aku sempat kecantol dengan lagu dangdut, nyatanya sekarang sudah bosan dan dalam keadaan bingung mau dengerin lagu apa.


Dan entah darimana awal mula ceritanya, tetiba aku mencari lagu Kangen Band di YouTube. Ternyata saat mendengarkan lagu mereka, ingatanku seakan ditarik ke jaman SMP, 10 tahun yang lalu.

Tumbang

24 Agustus 2017, Kamis pagi, tubuhku lemas tak ingin beranjak dari tempat tidur. Mungkin semalam tak bisa tidur nyenyak karena suara nyamuk yang berdengung kencang dan mengganggu tidurku, mungkin juga karena aku memang sedang sakit, tidak enak badan.

Ku paksakan untuk bangun karena memang sudah waktunya sholat shubuh. Beruntungnya hari itu tak sedang repot di dapur sehingga aku bisa santai-santai.

Waktu sarapan tiba, kok aku tak selera makan. Mulutku terasa asam, perutku sedikit mual, dan badanku masih lemas. Berhubung aku orangnya sok kuat, yang kalau sakit tak pernah dirasakan (padahal ya terasa), aku memutuskan untuk tetap berangkat kerja. 'Pelan-pelan saja' batinku.

Saturday, August 26, 2017

Surat Terbuka untuk Hacker RSUD

Dear kamu,

Terima kasih ya sudah memberikan hiburan bagi kami, tim IPDE. Tiga hari yang lalu kami baru menyadari kalau ada yang aneh saat kami membuka web. Selesai loading, tetiba terdengar lagu,

"Yen taksawang sorote mripatmu..."

Awalnya kami kira, musik itu berasal dari YouTube yang kami buka, tak tahunya dari web kami. Seketika kami saling pandang dan tertawa, "BUAHAHAHAH". Dari sekian banyak lagu di dunia ini, kok ya yang dipasang lagunya Nella Kharisma - Konco Mesra.

Kami pun berspekulasi, ada dua kemungkinan;
1. Kamu adalah Nella Lovers Sedunia
2. Kamu tahu kalau kami ini Nella Lovers Sedunia

Hahaha. Bisa request ganti lagu nggak? Jaran Goyang, misalnya.

Wkwkwk. Kok ngakak ya! 

Sunday, August 20, 2017

Menjahit (Bagian 2)

Keputusanku untuk mengambil kursus jahit mungkin saja menimbulkan pertanyaan 'kok bisa', sama seperti saat aku pindah dari ASTRA ke RSUD.

Baca : Kok Bisa?

Bagaimanapun juga, aku yang setiap harinya memegang mesin ketik (baca: komputer) kemudian dihadapkan dengan mesin jahit. Kagok, itu sudah pasti ya. Tapi, selama ada niat dan kemauan, semua bisa dipelajari.

Baca : Menjahit

Kunci dari menjahit hanya satu; TELATEN. Menjahit tidak hanya sebatas bisa menjalankan mesin. Namun, kita dituntut bisa membuat pola baju sesuai dengan ukuran badan seseorang. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, bukan hanya dari bahan (kain), asal potong, jahit. Tidak, tidak seperti itu.

Friday, August 18, 2017

Tempat Duduk 2017

Dulu aku suka menuliskan denah tempat duduk di lingkungan kerjaku karena lingkungan itulah yang nantinya bisa mempengaruhi kepribadianmu, bagaimana cara berpikirmu, cara guyonanmu, dan sebagainya.


Terakhir aku menuliskannya di pertengahan tahun 2015. Di tahun 2016, meski ada perubahan (rotasi) dan tetap ada people in and out, aku tak mendokumentasikan. Mungkin karena posisiku yang tak berubah sehingga aku merasa tak terpengaruh oleh rotasi tempat duduk tersebut. Selain itu, aku sedang sibuk skripsi, jadi ya yasudahlah ya, mau berubah seperti apa, aku juga masih disitu.

Tuesday, August 15, 2017

Menjahit

Awalnya aku hanya menuruti keinginan ibuku sampai pada akhirnya aku menyukai kegiatan ini. Menjahit. Sebelumnya mana kepikiran aku untuk ikut kursus menjahit. Aku yang tak suka berkreasi diminta untuk melakukan sesuatu yang menuntut ketrampilan dan kreativitas, yang sebenarnya 'nggak-aku-banget'. 

Aku sudah disuruh sejak aku kembali ke rumah ini. Motivasinya apa, aku sendiri kurang tahu. Yang pasti bukan sesuatu yang sifatnya materi. Ku rasa lebih karena ibuku tak ingin melihatku bengong tanpa kerjaan. Ibuku beranggapan jika aku hanya diam tanpa melakukan sesuatu, aku bisa stress karena sudah terbiasa beraktivitas. Perubahan jam kerja dari 16.30 menjadi 13.30 tentunya membuatku memiliki lebih banyak waktu kosong. Dan daripada digunakan untuk tidur, alangkah baiknya diisi dengan sesuatu yang lebih produktif, mumpung masih muda, tenaganya masih banyak.

Sunday, August 13, 2017

Terharu

Kok aku terharu ya baca pesan itu di grup WhatsApp :')

Sebagai anak baru, aku selalu berkecil hati, apakah aku bisa diterima disini. Mengingat aku yang tak mudah beradaptasi, cenderung diam, apalagi dengan raut muka yang dari-sana-nya selalu terlihat menyedihkan. Hiks.

Akan tetapi, membaca pesan diatas, rasanya aku tak perlu mengkhawatirkan banyak hal. Aku merasa diterima. Keberadaanku dianggap. Aku bagian dari mereka.

Saturday, August 12, 2017

Cuci Motor

Ada pemandangan yang berbeda di sekitaran masjid hari ini. Beberapa orang tengah mencuci sepeda motor ditempat wudhu. Percakapan pun terjadi diantara kami.

"Kalau Mbak Mia, yang nyuciin siapa? Bapaknya pasti ya?" tanya salah satu temanku.
"Nyuci sendiri saya Pak." Jawabku.
"Nyuci baju."
"Motor kan? Saya nyuci sendiri."
"Rajin ya?!"
"Ya kalau lagi rajin. Kalau lagi enggak ya saya ke tempat cuci motor."

***

Aku Mengerti


"Aaahhh... Aku gila!" teriaknya sembari meninggalkan meja kerjanya.
Rupanya dia belum menyerah setelah kembali menginstall ulang printernya. Dia masih mencari cara dan berujung pada teriakan putus asanya.

Keesokan harinya, saat hari sudah siang, dia menyerahkan hasil cetakan label ke teman sebelahnya. "Nih, coba scan barcodenya. Harusnya muncul angka 19, kode resep."

'Wih, udah selesai nih.' batinku.

Friday, August 11, 2017

Merasa Bodoh


Pada akhirnya kedua printer yang bermasalah itu masih pada tempatnya, tidak bergeser sedikit pun, apalagi pindah ke mejaku. Tetapi, demi menebus rasa bersalahku, aku ikut mencari cara agar printer tersebut bisa mencetak seperti yang kami dia harapkan.

Mengubah pengaturan printer rasa-rasanya bukan cara yang tepat, karena bagaimanapun pengaturan printernya, hasilnya akan tetap sama (Fonts tidak berubah sama sekali).

Aku pun melihat script kodingan untuk mencetak. Rupanya dia menggunakan metode berikut.

Thursday, August 10, 2017

[Review] Isshukan Furenzu - One Week Friends

Cover
Siswa SMA Yuki Hase (Kento Yamazaki) ingin menjadi dekat dengan teman sekelas Kaori Fujimiya (Haruna Kawaguchi) yang selalu sendirian. Kaori Fujimiya menolak untuk dekat dengan Yuki Hase, karena dia melupakan teman-temannya setiap hari Senin. Meski Kaori bilang pada Yuki kenapa dia tidak mau jadi temannya, Yuki tetap ingin mendekatinya.
Sumber : Asianwiki.com

Wednesday, August 09, 2017

Merasa Bersalah

Akhir-akhir ini aku bingung mau mengerjakan apa. Secara fungsi, aplikasi yang ku buat sudah selesai. Trial untuk beberapa data juga sudah ku lakukan. Kesalahan dan kerancuan data rasanya sudah tidak ada. Seharusnya langkah selanjutnya adalah menunjukkan ke user apakah ada yang perlu ditambahkan/direvisi/diperbaiki. Namun, itu belum ada di agenda kami. Kami akan menunjukkannya secara serentak ketika keseluruhan sistem siap digunakan. Perkara nanti tidak sesuai dengan kehendak user, ya nanti kami cari solusinya. Tentunya ada pertimbangan khusus kenapa kami mengambil langkah ini.

Ada satu yang membuat kami belum bisa mengatakan aplikasi ini telah selesai, PRINT. Ini menjadi masalah ketika kami tidak bisa mencetak sesuai dengan yang kami inginkan.

***

Dalam seminggu terakhir (atau mungkin sudah dua minggu), salah satu temanku tengah berusaha sekuat tenaga mencari cara bagaimana aplikasi berbasis web ini bisa menjalankan perintah PRINT. Aku? Aku cukup menunggu dia berhasil menemukan caranya, nanti aku tinggal lihat kodingannya, ubah query-nya, selesai. Yeay.

Monday, August 07, 2017

[Review] Kiseki Ano Hi no Sobito - Kiseki: Sobito of That Day

cover
Kyaa~ setelah 6 bulan menanti, akhirnya bisa nonton film ini. Terima kasih untuk ten79ryuu.blogspot.co.id yang sudah membuatkan subtitle dan menguploadnya sehingga kita bisa menikmati jalan cerita film ini :D

Film Kiseki Ano Hi no Sobito ini, berdasarkan kisah nyata 4 anggota grup pop Jepang "GreeeeN." Jin (Tori Matsuzaka) adalah produser "GreeeeN" dan adiknya Hide adalah anggota utama grup tersebut. Lagu mereka "Kiseki" dirilis sebagai tanggal 7 Single, menjadi hit besar. Hide dan 3 anggota lainnya memiliki pekerjaan lain termasuk bekerja sebagai dokter gigi. 
Sumber : Asianwiki 

Wednesday, August 02, 2017

Dinginnya Purworejo

Sudah baca postingan sebelumnya? Yang mana setelah empat bulan disini aku tak lagi baper akut. Aku sudah mulai terbiasa dengan keadaan disini, hingga lupa rasanya libur hari Sabtu.


Akan tetapi, ada satu hal yang aku belum bisa beradaptasi karenanya; udara dingin. Padahal ya tidak di dataran tinggi, malahan rumahku dekat pantai. Tapi dinginnya luar biasa. Bahkan setelah wudhu saja, aku bisa menggigil kedinginan. Apalagi pas bangun subuh-subuh, duh, rasanya tak ingin beranjak dari balutan selimut yang hangat.

Usut punya usut, Purworejo sedang kecipratan angin dari Benua Australia. Kok bisa? Berikut informasi yang ku peroleh dari IG : Info Purworejo

Tuesday, August 01, 2017

Bulan Keempat

Empat bulan sudah aku berada disini. Aku sudah terbiasa dengan keadaanku saat ini. Dan yang lebih penting lagi, aku tak lagi baper dengan hal-hal yang mengingatkanku pada masa-masa sebelum empat bulan yang lalu.

Baca :  Tiga Bulan

Bukan berarti aku melupakan mereka semua lho ya. Aku masih kangen Mbak Pudji dan ingin memeluknya, kangen Mas Eka dengan bercandaannya yang anti mainstream dan keles banget, kangen Mas Ade dan Mbak Wari yang suka godain Mas Eka, kangen Mas Luthfi dengan ke-baper-annya yang tinggi 'Mbak-kok-aku-nggak-diajakin-Mbak', kangen mie rebus buatan Pak Yatno, kangen Kenshin, kangen teh hangat buatan budhe, kangen hang out bareng si Zuu (dan Acit), kangen makan bareng Baperjo.

Eeh... masih banyak kangennya ya ternyata. Ya iyalah, mereka kan tak terlupakan.