Friday, June 30, 2017

[Review] Eien no Bokura Sea Side Blue

credit
Tak biasanya film yang dibintangi oleh Yamazaki Kento sepi dibicarakan, seperti film yang berjudul "Eien no Bokura Sea Side Blue" ini. Entah aku yang ketinggalan info atau memang tak banyak orang yang menontonnya. Tapi di film ini, Yamaken memang hanya kebagian peran pendamping dari artis cantik Kasumi Arimura.

Thursday, June 29, 2017

[Review] Boku wa Ashita, Kinou no Kimi to Date Suru - Tomorrow I Will Date With Yesterday's You

credit
Kyaa~ akhirnya Babang Sota kembali muncul di layar kaca setelah terakhir kali aku menonton film dia yang berjudul Montage dimana episode 2 nya tidak ada yang ngesub. Sedih.

Kali ini dia menjadi pemeran utama di film "Boku wa Ashita, Kinou no Kimi to Date Suru / Tomorrow I Will Date With Yesterday's You / My Tomorrow, Your Yesterday" bersama dengan Nana Komatsu.

Saturday, June 24, 2017

Selamat Mudik

"Tahun depan ga usah ada acara mudik2 lagi ya"

Demikianlah harapanku tahun lalu dan alhamdulillah dikabulkan Alloh SWT.
Tahun ini puasaku full di rumah bersama kedua orang tuaku. Aku pun tak perlu begadangan berburu tiket jam 00.00 tengah malam dan tak lagi merasakan euforia mudik.

Friday, June 23, 2017

Listrik Naik, Ini Solusinya

Akhir-akhir ini sering terdengar keluhan listrik naik. Iya nggak sih? Tidak hanya satu dua, tapi banyak. Di keluargaku pun demikian.

Saat ditinggal Bapak ke Bandung, akulah yang membeli Token listrik. Dalam waktu 40hari, aku sudah dua kali membeli token listrik senilai 100.000,- Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi ibuku,"kok listriknya boros banget ya? Padahal pemakaian juga biasa-biasa aja." Ganti hari aku mendengarkan curhatan temanku yang merasa tagihan listriknya membengkak. Diiring pula status-status di Facebook yang menyuarakan hal yang sama.

Keseimbangan Peran

Pernahkah kamu menemukan sebuah keluarga yang selalu diisi dengan pertengkaran? Salah penyebabnya mungkin karena tidak ada keseimbangan peran suami dan istri. Suami selalu menuntut untuk dilayani. Istri, meskipun tugasnya memang melayani suami, pasti dia akan lelah ketika melakukannya sendirian tanpa dukungan dari suami. Istri bukanlah pembantu yang bisa disuruh ini dan itu seenaknya. Apalagi jika melihat suami yang malas-malasan dan duduk santai, makin uring-uringanlah sang istri menjalankan semuanya.

Aku melihat keseimbangan peran suami dan istri pada keluarga Bapak & Ibu kosan di Bekasi. Mereka tak pernah mengeluh mengenai tugas dan kewajiban mereka masing-masing. Pertengkaran mereka terjadi ketika apa yang dikatakan Ibu tak didengarkan dan tak digubris oleh Bapak, itupun karena pendengar Bapak yang sudah mulai berkurang. Selebihnya, mereka baik-baik saja. 

Tuesday, June 20, 2017

Perubahan Selera Musik

Akhir-akhir ini aku merasa ada yang aneh dengan selera musik yang ku dengarkan. Awal tahun 2017 aku sedang suka-sukanya mendengarkan lagu dari GReeeeN, apalagi setelah lagu terbaru mereka, "Akatsuki no Kimi ni", muncul full version-nya. 


Seiring berjalannya waktu, aku mulai mendengarkan radio. Dari sana aku suka lagu-lagu Barat yang sering diputar, seperti lagu dari The Chainsmokers, Alan Walker, Ed Sheeran, Phoebe Ryan, dsb. Pokoknya merasa hits banget karena mengikuti lagu kekinian.

Setelah pindah kerja, aku kehilangan channel radio kesukaanku. Aku pun membuka YouTube sebagai pengganti radio. Disana aku menemukan Shawn Mendes dengan lagu-lagunya yang enak didengar. Plus, tampang Shawn yang juga sedap dipandang. Jadilah hari-hariku diisi dengan lagu-lagu macam Imagination, Aftertaste, Never be Alone, dan masih banyak lagu Shawn yang lain. Salah satu yang recommended: There's Nothing Holding me Back.

PNS Bandel

Bermain media sosial tak sepenuhnya membuang waktu karena kita juga bisa update informasi dan berita melalui sosial media, salah satunya Instagram.

Baru saja aku menemukan sebuah berita yang diposting oleh akun sorotpurworejo, media informasi untuk wilayah kabupaten Purworejo; Lebaran Menjelang, PNS Mulai Berkeliaran di Pusat Perbelanjaan Saat Jam Kerja.

Saturday, June 17, 2017

#7DaysKF : Hari 7 - Surat untuk Diriku

Purworejo, 17 Juni 2017

Dear aku yang berumur 60 tahun,
Ya ampun, lihatlah rambutmu yang sudah berubah menjadi putih dan kulitmu yang berkeriput sana sini. Ah, hal seperti itu normal bukan? Kau tak perlu mengkhawatirkan hal itu. 

Bagaimana kehidupanmu selama ini? Sudahkah kamu bahagia? Seharusnya melihat anak cucumu yang sehat dan terus bersinar sudah bisa jadi alasan untukmu bahagia.

Mungkin sekarang kau sedang mengingat bagaimana dulu di usia ke-25 kamu belum juga menemukan pasangan hidup. Tapi kini kau pasti sadar bahwa segala sesuatunya sudah diatur oleh-Nya, termasuk pertemuanmu dengan suamimu.

Sekarang, tengoklah ke arah suamimu. Dia adalah orang yang terpilih untuk membahagiakanmu. Tak ada alasan untuk berhenti mencintainya. 

Kini diusiamu yang tinggal berapa tahun lagi, sudahkah kamu mempersiapkan kematianmu? Apakah kamu sudah punya bekal yang cukup? Jika belum, maka segeralah perbaiki amal perbuatanmu dan persiapkan dirimu menuju kehidupan yang lebih abadi.

Tertanda,
Dirimu

Friday, June 16, 2017

#7DaysKF : Hari 6 - Pasangan Hidup yang Baik

Berikan setidaknya tiga alasan bahwa kamu pantas memiliki pasangan hidup yang baik. 

Siapa sih di dunia ini yang mengharapkan pasangan hidup yang tidak baik? Jadi ya sebenarnya tak ada alasan khusus kenapa kita pantas memiliki pasangan yang baik. Satu-satunya alasan yang tepat karena diri kita juga baik. Pun demikian denganku, aku termasuk orang yang baik;
1. Aku tidak merokok
2. Aku tidak minum minuman keras
3. Aku tidak memakai narkoba

Meski di hari Minggu males mandi, aku masih termasuk orang yang baik bukan? Pantas dong kalau aku mendapatkan pasangan hidup yang baik. Hehehe.

Thursday, June 15, 2017

#7DaysKF : Hari 5 - Kamu

Jika ada seseorang yang sangat ingin ku temui dalam waktu dekat ini, maka jawabannya adalah kamu. 

Kamu, apa kabar? Semoga dimanapun kamu berada, selalu dalam perlindungan-Nya. 

Ah~ aku penasaran, apa yang sedang kamu lakukan sekarang? Apakah kau sedang memilin doa agar Tuhan segera mempertemukan kita, sama seperti yang ku lakukan saat ini. Terlalu lama terpisah membuatku sangat ingin sekali bertemu denganmu. 

Aku berharap kau tak tersesat menemukanku. Aku tak pergi kemana. Jangan terlalu lama mencariku karena ku tak sembunyi. Cepatlah kemari, ku tak sabar menanti.

Wednesday, June 14, 2017

#7DaysKF : Hari 4 - Kejadian Memalukan

Aku tipe orang yang bertahan di comfort zone. Aku selalu menghindari hal-hal yang sifatnya memalukan dan menggundang gelak tawa. Mungkin itu sebabnya aku lebih suka di balik layar daripada memainkan peran utama.

Tapi, sebisa mungkin untuk tidak mempermalukan diri di depan umum, ada aja hal-hal yang terjadi di luar kekuasaan kita yang pada akhirnya membuat kita malu sendiri jika mengingatnya.

Kejadian ini terjadi sekitar tahun 2012 / 2013. Saat itu aku sedang pergi ke Carrefour bersama dengan teman sekosan, Intan. 


Sudah sering kali Intan ini memperingatkan dan menasehati agar aku, kalau berjalan kakinya diangkat, karena selama ini aku selalu menyeret kaki, tidak terlalu diangkat. Hasilnya, aku sering hampir jatuh tersandung meskipun didepan tidak ada batu atau sesuatu yang besar menghalangi. 

Meski sudah diperingatkan, tetap saja aku tak bisa mengubah kebiasaanku. Selama ini baru sebatas nyaris terjatuh, belum sampai terjatuh beneran. Hingga hari itu saat di Carrfour.

Kebetulan sandal yang ku pakai memang sudah halus/tipis dan kebetulan pula lantainya baru saja dipel. Aku tak terlalu memperhatikan. Aku berjalan biasa saja hingga tiba-tiba saja aku terpeleset ke belakang. Aku pegangan Intan yang ada disebelahku, namun terlambat. Aku sudah jatuh duluan. Tapi, dibandingkan rasa sakit yang ku terima, malu nya itu lhooo.. Untungnya malam itu tidak terlalu ramai dan tak banyak yang lihat.

Tuesday, June 13, 2017

#7DaysKF : Hari 3 - Kehilangan

Pernahkah kamu merasa kehilangan? Benda kesayangan? Binatang peliharaan? Atau orang yang tercinta?

Jika definisi kehilangan adalah dari yang dulu ada, sekarang tidak ada, maka aku pernah mengalaminya. Aku kehilangan setiap momen yang ku habiskan bersama dengan teman dan kerabat yang ada di Bekasi. Keputusan untuk kembali ke kampung halaman awal April lalu membuatku terpisah dengan mereka semua.

Sebulan pertama rasanya berat. Berat sekali. Semua masih terbayang. Jalanannya, suasananya, senyum orang-orangnya, kebiasaannya. Ah~ sungguh merindukan.

Monday, June 12, 2017

Tak Menyesal Ambil Jurusan IT Saat Kuliah

Adek-adek yang baru lulus SMA, pasti mau lanjut kuliah dong?! Mau ambil jurusan apa? Kedokteran? Pendidikan? Pertanian? Kehutanan? Kenapa nggak ambil jurusan IT saja, kayak saya, hehehe

Meski dulu di pertengahan kuliah aku sempat merasa salah jurusan, frustasi dengan materi perkuliahan, lelah dengan segala macam proyek, tapi sekarang aku merasa bangga, feel so blessed, dan sangat bersyukur mengapa dulu aku kuliah ambil jurusan IT. Mengapa? Karena IT dibutuhkan dimana-mana. 

Saat kuliah D3, aku magang di Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra), kampusku sendiri. Disini aku belajar bagaimana IT 'bekerja' di organisasi yang bergerak di bidang pendidikan. Banyak hal yang membutuhkan sentuhan IT, misalnya sistem untuk perpustakaan, pendaftaran mahasiswa, pengelolaan alumni, dan sebagainya. Aku pun dikenalkan dengan istilah host to host dimana nantinya pihak kampus akan bekerja sama dengan Bank Permata untuk pembayaran uang pendaftaran mahasiswa baru. 

#7DaysKF : Hari 2 - Binatang Peliharaan

Aku bukan orang yang suka memelihara binatang. Jadi, meski diberi kesempatan bebas memelihara seluruh binatang yang ada di dunia ini, rasanya susah meski hanya disuruh memilih 5 binatang yang ingin dipelihara di rumah.

Akan tetapi, terlepas dari bagaimana nanti meliharanya, apa makanannya, kebersihan kandangnya, dan segala urusan lainnya, maka berikut lima binatang yang ingin ku pelihara.

1. Ikan Hias
Memandang ikan, apalagi saat galau, rasanya begitu menenangkan. Selain itu, ikan adalah hewan yang tak pernah mengeluh. Sesakit apapun dia, dia tak akan merintih, merengek, ataupun menangis. Rasanya begitu damai saat melihat ikan yang berenang kesana kemari.

Sunday, June 11, 2017

#7DaysKF : Hari 1 - Perkenalan

Namaku Zaitun Hakimiah NS. Banyak orang salah mengeja namaku menjadi Zaitun Hakimah, tanpa I. Oleh karena itu, banyak yang bingung ketika aku menyebut MIA sebagai nama panggilanku. MIA? Kok bisa? Diambil dari mana? Aku tak suka dipanggil Atun karena memang bukan itu namaku. Jika nama panggilan diharuskan dari nama depan, maka sebaiknya panggil aku Zai atau Itun, bukan Atun.

Aku tinggal di Purworejo selama 18 tahun, di Jakarta Utara 3 tahun, di Bekasi 3 tahun, dan sekarang berdomisili di kota kelahiran, Purworejo.

Aku suka pergi ke tempat baru, di kota-kota yang belum pernah aku kunjungi sebelumnya. Setidaknya aku pernah menjejakkan kaki di salah satu kota di semua provinsi yang ada di Pulau Jawa;

Saturday, June 10, 2017

Belajar Web Service Aplikasi E-Klaim INA-CBG

Sudah pernah periksa menggunakan BPJS? 
Apakah kita benar-benar gratis jika menggunakan BPJS?
Lantas apakah rumah sakit mendapatkan penghasilan jika pasien tidak membayar?
Bagaimana rumah sakit melakukan klaim pembayaran pasien ke BPJS?

Ah~ meski aku bekerja di rumah sakit, tak lantas membuatku mengerti banyak hal tentang semua prosedur yang ada di rumah sakit. Sebagian aku hanya tahu garis besarnya, sebagian lagi aku belum tahu. Seperti halnya proses klaim pembayaran pasien ke BPJS ini, aku tak terlalu paham. Setahuku, pemerintah menyediakan Aplikasi E-Klaim INA-CBG agar rumah sakit bisa melakukan klaim untuk pembayaran pasien-pasien yang ikut dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikeluarkan oleh BPJS. Teknisnya seperti apa, aku tak tahu.

Nah, saat ini, rumah sakit tempatku bekerja, sudah menggunakan aplikasi E-Klaim tersebut. Namun, aplikasi tersebut belum terintegrasi dengan SIMRS karena sampai sekarang SIMRS memang masih dalam tahap pengembangan. SIMRS yang digunakan sekarang ini tidak memungkinkan untuk dilakukan integrasi dengan aplikasi E-Klaim.

Ramadhan Tahun Ini

Ramadhan tahun ini terasa sangat spesial bagiku karena sebulan penuh aku bisa menjalankan ibadah puasa bersama kedua orang tuaku, setelah enam tahun lamanya aku berpuasa di perantauan, jauh dari keluarga. Tentu ada perbedaan diantara keduanya. Enak mana? Masing-masing punya cerita tersendiri.

Awal puasa di rumah, aku merindukan puasa di perantauan. RINDU! Teramat rindu!

Sebelumnya, aku tinggal di Bekasi. Berkat seorang teman, aku menemukan sebuah keluarga yang menyewakan satu kamar kosong di rumahnya. Ya, aku tinggal disana, bersama keluarga itu, keluarga Bapak Ngadio. Karena kebaikan hati mereka, aku sudah dianggap seperti anak mereka sendiri. Perlakuan mereka kepadaku sama seperti mereka memperlakukan kelima anak mereka. Hal tersebut membuatku betah. Tak terasa tiga tahun sudah aku tinggal bersama mereka. Segala sesuatu yang terjadi disana membentuk suatu kenangan, termasuk apa yang ku makan dan apa yang ku lakukan saat Ramadhan tiba.

Tuesday, June 06, 2017

Tak Sekedar Programmer

Direkrut sebagai Programmer Web tak membuatku berkutat hanya pada kodingan dan script untuk membangun sebuah aplikasi web. Namun, karena aku bagian dari Instalasi PDE, maka aku juga ditekankan untuk bisa mengatasi segala permasalahan mengenai komputer, entah itu masalah pada hardware, jaringan, internet, dan lain sebagainya. Kalaupun tidak bisa memberikan solusi, minimal memberikan analisa yang bisa disampaikan ke orang yang nantinya bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Awal aku disini, aku selalu diajak menemui user yang menelpon meminta bantuan. Mas Rudi, Mbak Desi, Mas Andi, semua pernah mengajakku. Mulai dari masalah yang remeh seperti monitor tidak nyala karena kabelnya kurang 'nyolok', printer yang tidak bisa di-sharing karena kabel LAN nya tidak terpasang, hingga masalah yang cukup serius ketika kabel LAN putus digigit tikus, dan sebagainya.

Friday, June 02, 2017

[Review] Oboreru Knife - Drowning Love

cover
Melihat Nana Komatsu dan Masaki Suda di cover film berjudul Oboreru Knife, membuatku tertarik untuk menontonnya. Sayangnya, aku gagal paham dengan keseluruhan ceritanya. T.T