Wednesday, May 31, 2017

Dua Bulan yang Lalu

Waktu berjalan dengan cepat ya. Tak ku sangka sudah dua bulan sejak aku meninggalkan kota itu. Untuk pertama kalinya kepulanganku ke kampung halaman diantar* oleh seseorang, bahkan beberapa orang. Biasanya aku pulang sendiri, tak ada orang yang membuatku harus berbalik badan, melambaikan tangan untuk sekedar berkata,"daa-daa".

Berbeda dengan malam itu, seseorang tiba-tiba ingin menemuiku di hari terakhirku di kota itu. Sebut saja dia Arif. Padahal kalau dipikir-pikir, kami jarang ngobrol dan bertemu. Bahkan beberapa bulan sebelumnya, aku sempat bete karena sikapnya. Tetapi malam itu, dia berniat mencariku. Aku pun langsung mengiyakan tanpa mencegah, mengingat sifatnya yang sesuka hati dan kadang tidak bisa dipegang kata-katanya. Aku pun tak yakin dia benar akan datang, semacam basa-basi yang biasanya kita dengar.

Daily Talk

#Hari pertama puasa di kantor
Seperti biasa, Mr. B menyetel musik untuk menghidupkan suasana. Dibukalah YouTube dan terdengarlah lagu dari Geisha (kalau tidak salah). Tetiba ada yang komentar;
Mr. A : Ramadhan gini mbok nyetelnya qasidahan. Jangan lagu kayak gitu.
Mr. B : Yo nggak pa pa lah, buat rame-rame aja. Yowis sini tak cari qasidahan.
Tiba-tiba terdengar dari komputer Mr. B suara musik qasidahan rasa dangdut dengan lirik pertamanya.
"Aduh senangnya pengantin baru, duduk bersanding bersenda gurau"
ALL : Hahahaha (tertawa)
Mr. B : Katanya minta lagu qasidahan.
Mrs. C : Lha kamu nyarinya qasidahan pernikahan.
Mr. A : (mesam-mesem) mungkin dalam hati, kapan bisa jadi pengantin baru

Tuesday, May 30, 2017

Saat yang Tepat

Hari ini aku ikut menjenguk orang yang sakit, salah satu karyawan rumah sakit. Kemarin dia baru saja melakukan kuret. Aku tak tahu persis kenapa, entah itu karena bayinya tak berkembang, virus, kista, aku tak tahu. Yang ku tahu, ini bukan pertama kali baginya. Ini kuret yang ketiga.  (((KETIGA)))

Kuret adalah istilah populer yang dikenal masyarakat. Sedangkan dalam istilah medis, kepanjangan kuret adalah Dilatasi dan Kuretase (D&C), yaitu prosedur bedah pembukaan serviks (dilatasi) dan pemotongan jaringan yang berada di sekitar rahim (kuretase) untuk menangani penyakit pada sistem reproduksi wanita.
Sumber : https://www.docdoc.com/id/info/procedure/dilation-and-curettage

Friday, May 26, 2017

[Review] Death Note: Light Up The New World

Hai para pecinta Death Note dimanapun kalian berada. Sudah nonton film Death Note terbaru yang berjudul Death Note: Light Up The New World ? Wih, tak ada henti-hentinya ya Death Note kembali diceritakan dalam bentuk movie setelah sebelumnya di tahun 2015 sudah pernah dibuatkan dramanya.

Eits, tapi tenang, film Death Note: Light Up The New World yang rilis di tahun 2016 ini bukan remake dari versi sebelumnya. Jadi ceritanya benar-benar fresh from the oven, kita tak bisa menebak apa yang akan terjadi. Tak ada lagi Watari, Raye Penber, dan tokoh lainnya. 
Death Note: Light Up The New World ini merupakan kelanjutan kisah dari dua film Death Note yang tayang pada tahun 2006;
1) Death Note
2) Death Note: The Last Name
dengan pemeran utama Tatsuya Fujiwara sebagai Light Yagami / Kira dan Kenichi Matsuyama sebagai L.

Wednesday, May 24, 2017

Yuk Beli Aksesoris Handphone di www.duahari.com

Enak ya hidup di jaman sekarang ini, semuanya serba praktis. Hanya bermodal koneksi internet, kita bisa melakukan apa saja. Mengikuti berita terkini, pesan tiket pesawat/kereta api, pesan kamar hotel, beli pulsa, bayar token listrik, semuanya bisa kita lakukan secara online. Cukup satu gadget, banyak hal yang bisa kita kerjakan tanpa harus berpindah tempat.

Gadget sudah punya. Aksesorisnya sudah punya belum? Kalau belum, yuk belanja di www.duahari.com, online shop yang menjual berbagai macam aksesoris handphone dan tablet untuk semua merk.

Kenapa sih harus di www.duahari.com ?

Duahari

Dia Tak Lagi Junior

Tak seperti di tempat sebelumnya, kali ini aku tak menemukan seseorang yang membuatku penasaran sehingga aku ingin sekali mengenalnya dan menjadi temannya. Tak ada. Semuanya terlalu normal atau mungkin karena memang personilnya yang lebih sedikit sehingga tak ada yang terlihat mencolok.

Akan tetapi, dari sekian mereka, aku ingin cerita tentang dia. Dia yang paling junior sebelum aku datang. Dia yang 'nriman' ketika para seniornya menyuruhnya melakukan sesuatu.

Umurnya sudah memasuki kepala tiga, masih single belum berkeluarga. Setiap pagi dia pergi ke koperasi membeli dua buah nasi bungkus, satu untuk dirinya dan satu lagi untuk seniornya yang juga masih single. Jika aku, dia, dan senior itu disandingkan jadi satu, genaplah kami menjadi single tiga generasi, umur 20-an, 30-an, 40-an. Duh!

Monday, May 22, 2017

Rendah Diri

Sering kali aku mencoba untuk bersikap rendah diri. Tapi apa daya, aku memang bukan siapa-siapa. Tak ada yang menginginkan kecuali orang tuaku. Tak ada yang peduli padaku. Aku seperti tak diharapkan. Kehadiranku hanya dianggap sebagai angin lalu. Ada tidaknya aku tak terlalu berpengaruh. Aku membenci diriku sendiri.

Akan tetapi, ketika memikirkan itu semua, rasanya aku begitu kufur atas apa yang sudah diberikan Tuhan untukku. Aku seakan menutup mata atas apa yang ada di sekelilingku. Padahal aku dikelilingi oleh orang-orang padaku dan aku sadar akan hal itu ketika aku sudah meninggalkan mereka.

Host to Host

Purworejo, 22 Mei 2017

Apel hari ini begitu terngiang-ngiang di kepalaku. Amanah yang disampaikan oleh Pak Direktur (baca : Pak Dir) menusuk pikiran dan mendebarkan dada. Biasanya saat apel tiba, pesan yang disampaikan tak jauh-jauh dari rumah sakit; infeksi, cuci tangan, IGD, sampah flabot, linen, dan sebagainya. Kali ini, Pak Dir sebagai pimpinan apel menyebut kata PDE dalam amanahnya. Wih, tumben IT nya rumah sakit kena senggol. Hehe.

Berawal dari persiapan menyambut bulan Ramadhan, kita harus tetap memberikan pelayanan yang maksimal. Kita juga harus terus memperbaiki diri, jangan sampai kalah dengan rumah sakit di kota-kota lain. Beliau pun menyebutkan bahwa rumah sakit ini sedang berkembang, khususnya dalam keterbukaan informasi, karena berkaitan pula dengan rencana Purworejo sebagai smart city, dimana seluruh data dan informasi dari instansi pemerintah akan disampaikan secara terbuka untuk publik. Nantinya ketersediaan kamar di rumah sakit pun akan ditampilkan. Masih banyak lagi yang bisa dikembangkan. 

Dan untuk sekarang ini, Pak Dir meminta bagian keuangan dan PDE untuk segera mengintegrasikan pembayaran rumah sakit ke Bank Jateng menggunakan sistem host to host. 

Friday, May 19, 2017

[Review] Shigatsu wa Kimi no Uso - Your Lie in April

Beberapa waktu yang lalu dunia animasi sempat heboh dengan adanya anime berjudul "Shigatsu Kimi no Uso" yang berakhir menyedihkan dan menguras air mata. Semakin heboh ketika tahu bahwa anime itu akan segera dibuatkan Live Action dengan pemeran utama Yamazaki Kento dan Suzu Hirose. Penyuka film/drama Jepang siapa yang tak tahu mereka, aktor dan aktris muda dari Jepang yang terkenal karena wajahnya yang enak dilihat, pun memiliki kemampuan akting yang tak perlu diragukan. 
Cover

Wednesday, May 17, 2017

Dijodohkan

Konsekuensi menjadi single adalah siap untuk dijodoh-jodohkan dengan mereka yang single pula. Entah itu hanya untuk bahan bercandaan atau memang berniat untuk menjodohkannya. 

Bagaimana denganku? Sejak kuliah, kerja, hingga sekarang di kerjaan baru, aku pun dijadikan sasaran empuk untuk dijodoh-jodohkan. 

Huft. Belum genap dua bulan, kok ya sudah kena. Tapi waktu itu ada rasa geli yang kalau ku ingat rasanya membuatku ingin tertawa.

Kami guyon seperti biasa, hingga akhirnya momen jodoh-jodohan datang. "Itu sama Mia aja."

Dan tiba-tiba ada yang komentar,"Weh, jangan dulu, SIMRS harus launching tahun ini."

Tuesday, May 16, 2017

Cara Membuat Donat Kentang

Tinggal di rumah sendiri membuatku merasa bebas untuk menggunakan dapur. Dan berhubung aku sedang bersemangat untuk belajar memasak, jadilah aku mencoba beberapa kreasi masakan yang resepnya ku peroleh dari aplikasi Cookpad.

Salah satu resep yang ku coba adalah resep Donat kentang simple dari dyanrizkie. Setelah dicoba, hasilnya Enak bangeeettsss...

Yuk, yang mau nyobain resepnya, ini diaa... (resep sudah disesuaikan dengan yang ku praktekkan ya)


Thursday, May 11, 2017

Tentang Profesi

Aku tidak suka ketika seseorang memandang rendah suatu profesi hanya karena profesi itu tidak terlihat baik di matanya. Bukan soal gaji, tapi lebih kepada kesan buruk yang melekat pada profesi tersebut. Pernahkah dengar orang yang bertanya, "Ngapain sih pengen jadi profesi A? Profesi A kan bla... bla... bla..."

Sebagai contoh, "Kenapa pengen jadi PNS? Kerjaannya kelayapan doang, suka mangkir dari kerjaan, tapi tetap digaji.
pns udah di gaji banyak.. bisa banyak tidur.. bisa banyak libur.. bisa bareng keluarga.. tapi kok banyak ngeluh.. mana kerjaan gak beres.
Orang yang bekerja di instansi milik pemerintahan itu PNS ya. Jadi, guru, tenaga medis seperti bidan, perawat, dan sebagainya bisa disebut PNS juga lho. 

Wednesday, May 10, 2017

Penghubung

... jika jarak memisahkan yang berarti lama-kelamaan bisa juga mengurangi komunikasi walaupun dalam hati kami tidak terpisahkan ...
Mataku berkaca-kaca ketika membaca salah satu tulisan temanku, si Zuu, tentang Online Shop Ontita yang menurut dia, itu adalah media bagi kami untuk saling berkomunikasi.

Oleh karena itu, dengan adanya Ontita aku berharap komunikasi diantara kami akan tetap terjalin. Seengaknya jika sudah tidak ada topik yang ingin kami bahas, Ontita membuat kami saling menghubungi ketika ada pembeli menanyakan baju.

Monday, May 08, 2017

Coding Rekam Medis

Beberapa waktu yang lalu aku diajak keliling rumah sakit untuk mengetahui alur kerja yang berjalan disini. Mulai dari pendaftaran, poli, farmasi, hemodialisa, dan yang terakhir, bagian rekam medis. Meski masih berbayang, sudah ada gambaran dalam benakku bagaimana sistem berjalan di rumah sakit ini.

Akan tetapi, saat di rekam medis, aku merasa sedikit kebingungan. 

"Sekarang ini yang ngoding ada dua orang, jadinya kadang beda." kata salah satu staff rekam medis.

Sebentar. Sebentar. "Ngoding? Itu kan kerjaannya orang IT." batinku. "Ngoding versi mereka seperti apa?"

Berseragam Keki

Setelah dua kali berturut-turut libur, akhirnya hari Senin datang kembali. Sejujurnya aku begitu menantikannya karena aku akan mengenakan seragam baruku yang selesai dijahit dua minggu yang lalu. Saking senangnya, aku pun berfoto-foto dan mengirimkannya ke ketiga orang sahabatku.
seragam baru
Yups, seragam keki!

Saturday, May 06, 2017

Kehidupan Baru

Ketika kita memulai suatu kehidupan baru, tentunya kita memiliki angan-angan bagaimana kita akan menata kehidupan kita dengan susunan yang lebih baik. Pun demikian pula denganku.

Beberapa waktu yang lalu, aku memantapkan hati untuk Konsisten Ngeblog dengan Sistem "Daily Theme Schedule". Aku pikir, setelah aku pindah, aku bisa menjalankannya secara rutin karena sekarang ini aku punya lebih banyak waktu luang. 

Setiap hari aku pulang kerja, tiba di rumah pukul 14.30 WIB, kalau hari Jumat lebih awal lagi, pukul 12.00 WIB. Seharusnya di malam hari aku punya banyak waktu dengan pikiran yang lebih fresh untuk menulis dan mengupdate postingan di blog ini. Namun, ada rasa enggan --mungkin semacam rasa malas-- untuk sekedar membuka laptop.