Wednesday, July 11, 2012

Persamaan & Perbedaan SMA dengan Kuliah


Hai kawan-kawan,, apa kabar kalian semua?
Waktu berjalan tanpa terasa. Sepertinya masih teringat jelas saat kita masih SD, saat ibu guru membawa penggaris panjang dan memeriksa kuku murid-muridnya. Bagi kalian yang berkuku panjang dan hitam, bersiap-siaplah penggaris kayu 1 meter itu mendarat di tangan kalian. Di lanjutkan dengan masa-masa SMP, saat merasakan kehidupan yang lebih luas, menemukan cinta monyetnya masing-masing. Masa-masa yang begitu ababil. Setelah itu, beranjak ke SMA, menjalani MOS dengan persyaratan yang aneh-aneh, membawa air putih rasa keju, tas kantung gandum, hingga cerita-cerita yang lebih aneh dari itu semua. Masih ingatkah dengan masa-masa itu?
Waktu memang tak kan pernah berhenti, bahkan satu detik pun. Dan semua yang terlewati akan menjadi suatu kenangan yang indah jika diingat kembali. Seperti saat ini. Aku tengah mengingat masa-masa abu-abuku. Teringat pertama kali aku mendaftar di SMA, terkagum-kagum dengan lapangannya yang luas, bangunannya yang khas, dan gedungnya yang indah. Aku ingat ketika pagi-pagi jam setengah 6 aku harus sudah dipinggir jalan menunggu angkot karena saking takutnya dengan kata telat. Aku ingat ketika pertama kali aku bertemu dengan teman-teman sekelasku dulu. Lucu-lucu dan aku begitu culun. Namun, karena waktulah semua itu kini hanya menjadi sebuah kenangan. 
Saat ini aku tercatat sebagai seorang mahasiswa, sama halnya dengan kalian, atau mereka yang sudah melewati masa-masa SMAnya. Menjadi seorang mahasiswa yang tugas utamanya adalah 'kuliah' akan terasa berbeda jika dibandingkan saat menjadi seorang pelajar di SMA. Kalau ada di antara kalian yang bertanya "lebih menyenangkan mana saat-saat bersekolah di SMA atau masa-masa menikmati bangku kuliah?" tentu jawaban dan alasannya beragam, beraneka rasa, dan berwarna-warni. Pasti ada yang menjawab "jauh menyenangkan saat SMA lah, temannya asik-asik, kompak, seru." Tapi, mungkin pula ada yang menjawab "asyik kuliah, banyak cowok ganteng, ceweknya cantik-cantik." Apapun itu jawabannya, pasti sangat tergantung dengan kondisi masing-masing saat ini. Dan bagaimana dengan jawabanku?
Bagiku kedua masa itu (masa SMA dan saat kuliah) sama-sama menyenangkan. Banyak kesamaan pada keduanya sehingga membuatku berpikiran seperti itu. Masa-masa menjadi murid di SMA N 7 Purworejo dan saat-saat kuliah sebagai mahasiswa Manajement Informatika(MI) POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA. Ada beberapa persamaan yang menarik di antara keduanya. Dan berikut penjelasannya.
Smansev: Batu bertuliskan SMA 7 Purworejo
Polman Astra: sebelum direnovasi. Kini sudah cantik ^^