Tuesday, April 17, 2012

STEVE JOBS VS BILL GATES


STEVE JOBS VS BILL GATES

1.     STEVE JOBS
Steven Paul Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955 adalah pemimpin perusahaan Apple Computer bersama Steve Wozniak dan tokoh utama di industri komputer. Sebagai pendiri (dengan Steve Wozniak) Apple Computer di tahun 1976, ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan Apple II. Kemudian, ia merupakan salah satu orang yang pertama kali menyadari potensi untuk mengomersialkan antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center perusahaan Xerox, dan kemudian teknologi ini diterapkannya ke dalam Apple Macintosh.
Jobs juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan komputer animasi terkemuka di dunia layar lebar. telah menjadi multi-jutawan sebelum berumur 30 tahun. Dimulai dengan perusahaan NeXT untuk membuat sistem pendidikan dengan harga yang terjangkau, menemukan bahwa menjual software lebih baik dari pada menjual hardware.
Dilahirkan di San Fransisco oleh ibunya Joanne Simpson dan ayahnya Abdulfattah Jandali mahasiswa tamu dari Syria yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Sejak bayi beliau diadopsi Paul dan Clara Jobs dari Mountain View,Santa Clara County California. Orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steven Jobs. Orang tua biologisnya kelak menikah dan memberinya adik perempuan bernama Mona Simpson yang kini terkenal sebagai novelis.
Beliau melewati masa SMP dan SMU di Curpetino, Califonia, seringkali setelah jam sekolah mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California. Maka tak heran segera setelah itu ia dan Steve Wozniak segera menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan ini. Di tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan/ drop out setelah satu semester. Tapi ia segera mendaftar ke Reed College, salah satu hal yang dipelajari di sini kaligrafi. "Jika saya tak pernah dikeluarkan dari tempat belajar hanya satu semester mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proposional," katanya.

Thursday, April 12, 2012

Studi Kasus Volkswagen


Analisis Volkswagen

A. Sejarah
Volkswagen awalnya didirikan pada tahun 1937 oleh serikat dagang Nazi, yaitu Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront). Sampai pada awal 1930-an pabrikan otomotif Jerman masih banyak terdiri dari pabrikan mobil mewah, dan rata-rata orang Jerman tidak bisa membeli lebih daripada sebuah motor.
Melihat sebuah pasar potensial, beberapa pabrikan mobil membuat proyek mereka sendiri-sendiri untuk “mobil rakyat” seperti Mercedes 170H, Adler AutoBahn, Steyr 55, Hanomag 1.3L, dan lainnya.
Adolf Hitler menyatakan akan membuat sebuah “mobil rakyat” (Volkswagen). Hitler menginginkan sebuah mobil standar berkapasitas 2 dewasa dan 3 anak dan berkecepatan 100 km/jam (62 mil/jam). Mobil rakyat ini nantinya akan tersedia bagi rakyat Nazi dengan harga 990 Reichsmark, seharga sebuah motor kecil pada saat itu (pendapatan rata-rata penduduk saat itu sekitar 32 Reichsmark per minggu).
Insinyur yang terpilih untuk mengembangkan projek mobil ini adalah Ferdinand Porsche. 22 Juni 1934, Dr. Ferdinand Porsche setuju untuk membuatkan mobil rakyat tersebut untuk Hitler.
Maka, perubahan pun dimulai dengan diusahakannya perbaikan pada efisiensi bahan bakar, daya tahan, penggunaan mudah, dan suku cadang yang murah dan efisien. Pada skema bantuan yang diberikan pemerintah pada rakyat Jerman, terdapat kata-kata ("Fünf Mark die Woche musst Du sparen, willst Du im eigenen Wagen fahren" – "Lima marks per minggu harus kamu simpan, jika kamu mau mengendarai mobil milikmu sendiri").Prototipe mobil tersebut muncul tahun 1936 dengan nama “KdF-Wagen” yang dibuat di Stuttgart.
Selama Perang Dunia, pabrik mobil ini menjadi target utama tentara sekutu. Tentara Inggris termasuk pihak yang sangat bersemangat untuk menguasainya. Mereka memerlukan mobil transportasi yang ringan, dan sifat ini dmiliki Kdf Wagen. Saat proses perebutan terjadi, sebagian pabrik mobil ini pun hancur digempur bom. Hasilnya, saat Perang Dunia berakhir, pabrik mobil ini berhasil diambil alih oleh pasukan Inggris.
Di awal tahun 1945, pasukan Inggris menunjuk Mayor Ivan Hirst untuk memimpin pabrik mobil tersbeut. Di akhir tahun tersebut, KdF wagen mampu membuat 2.000 mobil dari sisa-sisa suku cadang yang masih tertinggal di pabrik. Di tahun itu pula, nama KdF oleh tentara Inggris diganti menjadi Volkswagen. Dari sinilah kemudian mobil VW terus berkembang hingga saat ini.

Studi Kasus Amazon.com


Analisis Amazon.com

A. Sejarah

Amazon.com merupakan situs perdagangan retail terbesar di dunia, yang memulai roda usahanya dengan hanya menjual buku secara online namun sekarang menjamah keberbagai hal mulai dari DVD, pakaian, hingga web hosting CDN (Content Delivery Networks).
Amazon.com, Inc. didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan di online-kan pada juni 1995. Jeff Bezos menulis sendiri bussiness plan / rencana bisnis perusahaan impiannya ini dan memilih seattle sebagai tempat memulai usaha karena lebih mudah untuk mencari staff IT pada masa itu.
Perusahaan ini awalnya diberi nama Cadabra, Inc, namun orang sering salah mendengarnya sebagai ‘Cadaver’ (mayat/bangkai). Nama Amazon dipilih karena sungai Amazon adalah sungai terbesar didunia yang melambangkan ukuran yang besar dan juga karena nama ini di awali dengan hruf “A” yang muncul di awal urutan alfabet.
Pada masa awal amazon.com, perusahaan ini dikerjakan dari garasi rumah Jeff Bezos di Seattle dengan meja yang di buat dari pintu rumah bekas. Amazon saat itu tidak menyetok buku  namun mereka bekerja sama  dengan penerbit yang akan mengirimkan buku ketika ada permintaan ke amazon kemudian amazon akan mengirimkan kembali buku tersebut ke pemesan.
Pada bulan pertama diluncurkannya situs amazon.com, amazon melayani permintaan dari 50 negara bagian Amerika dan 48 negara dan saat itu buku adalah satu-satunya produk amazon.com.
Nick Hanauer adalah investor pertama yang percaya dengan ide Jeff Bezos dan menginvestasikan uang sebesar $40.000 sebagai modal. Dan ketika amazon.com pertama kali online, tampilan situs ini tidak semenarik sekarang. Situsnya terlihat sangat polos dan tidak menarik bagi kebanyakan orang, dan ketika Tom Alburg tertarik mengivestasikan $100.000 ke amazon.com sangat membantu perusahaan untuk menciptakan situs yang lebih menarik dan kemampuan hosting yang lebih baik. Pada tahun 1997 amazon menjadi perusahaan publik yang pertama kali dibuka dengan harga saham $18 dan melonjak menjadi $24 dalam sehari.
Salah inovasi dari amazon adalah kindle alat pembaca ebook yang memudahkan kita untuk membaca ebook. Selain itu sepanjang perjalanan bisnis amazon telah mengakuisisi berbagai perusahaan, salah satunya adalah alexa yang merupakan perusahaan pengumpul data di internet yang sistem ratingnya menjadi acuan para web master di seluruh dunia.

Studi Kasus Ford Vs Dell



FORD VS DELL
1.    Sejarah
1.1  Perusahaan Ford
Ford Motor Company, pertama kali merambah dunia otomotif pada tanggal 16 Juni 1903, saat Henry Ford dan 11 rekanan bisnisnya menandatangani perjanjian kerja sama. Ford Motor Company merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika yang berbasis di Dearborn, Michigan, pinggiran Detroit.. Dengan modal 28,000 USD, mereka merupakan pendiri perusahaan yang kini menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Hanya sedikit perusahaan yang tumbuh bersama berkembangnya industri otomotif pada abad ke-20 ini seperti Ford Motor Company.
Henry ford merakit mobil pertamanya “Quadricycle” pada musim panas di tahun 1989. Mobil bertenaga 4 kuda yang bisa mencapai 200 mill per jam dengan harga $200 untuk membiayai mobil keduanya yang berhasil dirakit diawal tahun 1989. Pada Pada juni 1903 ford mendirikan Ford Motor Company dengan modal $100.000 yang terdiri dari 12 pemegang saham. Pada tahun awal berdirinya Ford, mereka memproduksi 1708 mobil. Saat ini ford adalah perusahaan terbesar kedua di dunia dengan penghasilan sebesar $140 Milyar, memiliki 370.000 pegawai di lebih dari 200 negara. Ford memiliki dan memproduksi 8 merek mobil ternama: Ford, Lincoln, mercury, mazda, jaguar, Land Rover, Aston martin dan Volvo.
Seperti halnya perusahaan besar lainnya, Ford Motor Company memulai bisnisnya dari skala yang kecil. Salah satu kontribusi Ford Motor Company terhadap industri otomotif adalah "moving assembly line". Pertama kali diimplementasikan di pabrik Highland Park di Michigan, di tahun 1913. Tehnik baru ini memperbolehkan tiap pekerja untuk menetap di satu tempat dan melakukan perakitan yang sama berulang kali, terhadap kendaraan yang hendak dirakit yang melewatinya. Menurutnya, masa depan perusahaan terletak pada produksi kendaraan yang terjangkau bagi masyarakat banyak. Ford Motor Company terus berkembang menjadi perusahaan global yang senantiasa berorientasi pada memproduksi mobil untuk menjawab kebutuhan konsumen yang senantiasa berubah. 
Ford memliki visi serta misi yang kuat dan fokus untuk dijalankan, guna mencapai kesuksesan yang ingin mereka raih. Visi dari Ford Motor Company ini adalah Untuk menjadi perusahaan konsumen terkemuka di dunia untuk produk otomotif dan jasa. Sedangkan misi nya adalah berkomitmen untuk menyediakan mobilitas pribadi bagi orang di seluruh dunia serta memberikan produk dan jasa yang luar biasa yang  dapat meningkatkan kehidupan masyarakat. Ford juga selalu memperbaiki jaringan network mereka guna memperlancar informasi untuk kebutuhan konsumen mereka, sehingga para konsumen akan merasa puas dengan layanan yang cepat dan informasi mengenai produk dari ford yang mereka gunakan.
Pada www.ford.com, ford memperlihatkan jenis-jenis kendaraan yang dijual beserta harganya seperti Cars, Crossovers & SUVs, Trucks, Hybrids & EVs, serta jenis Commercial. Pada website Ford juga menyediakan informasi-informasi mengenai ford dan segala aspek yang berhubungan dengan pelanggan, misalnya pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).