Tuesday, May 10, 2011

Sendiri Malam Ini

Dan di kesendirianku seperti inilah aku menulis. Menulis kata-kata yang justru keluar dari diriku yang lain. Entah aku ada berapa. Tapi yang ku rasa, aku tak banyak. Aku cukup jelas dalam memasang muka, mengekspresikan keadaan diriku yang sesungguhnya. Saat aku senang maka aku akan tertawa lebar menampakkan muka yang penuh keceriaan. Dan ketika aku sedih, marah, tidak suka, maka aku akan diam diri, menampakkan muka kusam dan orang bilang aku seperti hendak makan orang. Biarlah. Aku bukan tipe-tipe orang yang bisa sembunyi di balik senyuman. Senyuman yang bahkan orang tak tahu apakah aku senang atau justru sedih. Terkadang aku berpikir, perlu juga muka seperti itu. Aku tak perlu orang tahu kalau aku sedang marah, sedih atau kesal. Buat apa itu semua diperlihatkan pada orang lain? Namun, aku kembali ke diriku sekarang. Terlalu susah bagiku untuk merubah aku yang tercetak seperti ini sejak dulu. Dan aku kurang lihai untuk belajar bermuka dua.

Sunday, May 08, 2011

Mawar

Aku tumbuh dari sebuah biji kecil yang rapuh dan tak bernyawa. Hingga suatu hari datanglah seorang petani bersama istrinya. Mereka terlihat begitu keletihan. Dengan berbekal air botol yang tinggal setengah, sang petani tak letih mencangkul ladangnya yang saat ini musim kemarau. Sementara itu sang istri tengah sibuk mencabuti gulma yang mengganggu tanaman jagung yang mereka tanam sebulan yang lalu. Di tengah kesibukan sang suami, sang istri sejenak istirahat dipinggir ladang. Sambil memperhatikan banyaknya gulma dan rerumputan yang harus ia cabut, ia melirik ke arahku. Ia tertarik dan mengambilku pelan. Aku yang saat itu lemah tak berdaya hanya bisa tersenyum simpul.
Melihatku sang istri petani itu merasa iba. Ia membawaku ke bagian ladang yang paling subur dan menanamku disana. Aku pun diberi sedikit air minum pasangan petani itu. Padahal aku yakin benar, mereka begitu kehausan.

Saturday, May 07, 2011

Kata Ajaib

Ada tiga kata yang sangat ajaib
Yang bisa mengubah hidup kita
Caranya mudah saja
Dengarkanlah dan ikuti aku
Yang pertama, katakan tolong
Setiap kau minta bantuan
Yang kedua, terima kasih
Saat ada yang datang membantu
Lalu ketiga, ucapkanlah maaf
Jika kau sakiti siapa pun
Katakan semua setulus hati
Dan keajaiban akan terjadi

Pernah dengar lagu di atas belum? Sebuah lagu ciptaan Tere yang dinyanyikan oleh Dara yang saat ini usianya sekitar 10 tahun. Tiga Kata Ajaib, sebuah lagu sederhana namun memiliki makna yang luar biasa, selalu ada keajaiban dibalik 3 kata tersebut.
Coba kita sadari, di usia kita sekarang ini, seberapa seringkah kita menerapkan 3 kata ajaib itu? Tolong, Terima Kasih, Maaf. Begitu sederhana namun tanpa kita sadari jarang sekali kita menggunakan kata itu.