Contoh Soal TKB (Tes Kompetensi Bidang)

Sunday, March 05, 2017
Lolos dari TKD, kita akan lanjut ke TKB (Tes Kompetensi Bidang). Sesuai dengan namanya, tes ini akan berbeda satu sama lain sesuai dengan formasi masing-masing. Jadi, soal untuk dokter akan sangat berbeda dengan soal untuk guru.

Tak seperti TKD, contoh soal untuk TKB akan sangat susah ditemukan di internet, apalagi untuk mereka yang mengambil formasi Programmer Web. Duh! Aku searching sana sini tak menemukan hasil yang berarti. Akhirnya aku pasrah dan hanya belajar seadanya.

Jika ditanya apakah perlu belajar? Semua tergantung pada pribadi masing-masing. Aku termasuk orang yang malas belajar, apalagi untuk hapalan. Tapi semalas-malasnya aku, setidakseriusnya aku dalam belajar, aku akan tetap membaca materi. Semua itu semata-mata bukan agar aku menguasai materi, tapi untuk meyakinkan diriku sendiri bahwa aku sudah belajar sehingga apapun hasilnya, aku akan menerimanya.

Akan tetapi, belajar yang tidak serius terkadang akan membuat sakit hati. Contohnya saat aku mengikuti TKB kemarin. Materi yang ku pelajari ternyata keluar. Tapi karena aku tak menghapalkan setiap materi, maka akupun kebingungan dalam menjawab.

Nah, demi membantu teman-teman yang bingung mencari referensi contoh soal TKB, khususnya untuk formasi Programmer Web, berikut gambaran soal yang ku kerjakan waktu itu:

1. Topologi jaringan, contoh : Star, Ring, dll
2. Komponen komputer, contoh : RAM, CPU, dll
3. Tag HTML, contoh : a, img, dll
4. Konversi bilangan, contoh : bilangan biner ke decimal, dll
5. Sintaks pemrograman, contoh : include, print, dll
6. Sejarah komputer, contoh : komputer generasi pertama, kedua, dst.
7. Algoritma (pseudo code)

Dari sekian itu, yang paling banyak keluar dalam soal adalah algoritma. Jadi ada psedo code dan kita disuruh menentukan hasil yang akan keluar, apakah result keluar berupa angka, atau justru pesan error.

Ada 30 soal yang harus kita kerjakan dan masing-masing bernilai 5 jika dijawab dengan benar. FYI, aku mendapat nilai 80 dari 150 saat ikut TKB waktu itu.

Semoga gambaran soal tersebut dapat membantu ya. Untuk selebihnya, silahkan explore sendiri, banyak-banyak latihan :)

1 comment:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.