2

Be Strong Single

Menjadi seorang single itu butuh mental yang kuat, apalagi jika berada di lingkungan yang kebanyakan sudah berkeluarga. Sehari-hari hanya bisa dengar tumbuh kembang sang anak. Ketika merasa suntuk dan ingin hang out tak ada yang bisa diajak karena semuanya memikirkan anak dan keluarga mereka masing-masing. Hmm, baiklah.

Aku mulai kerja di usia 21 tahun. Di tempat kerja aku mendapat seorang teman baik yang usianya 6 bulan lebih tua dariku. Dia sudah menikah. Satu tahun kami berteman, dia melahirkan anak pertamanya di usia 23 tahun. Saat dia sudah memasuki kehidupan baru sebagai ibu, aku justru tengah asyik menikmati hidup dengan jalan-jalan keluar kota. Kini, saat usia temanku belum genap 26 tahun, dia akan memiliki anak keduanya. Sedangkan aku, masih gini-gini aja, belum ada perubahan. 
2

#SingleStory Dimulai!

Bulan April 2017 akan segera datang. Selamat berumur seperempat abad untuk diriku.
(((SEPEREMPAT ABAD)))

Terus, kapan nikah?
Ah, itu pertanyaan paling mainstream. Nggak ada pertanyaan lebih sulit kah?

***

Akhir tahun lalu, saat pendakian Gunung Gede, aku tergabung dalam satu rombongan yang kebanyakan dari mereka usianya lebih muda dariku. Tak pelak, percakapan soal ‘kapan nikah’ pun tak bisa dihindari.
“Kok cuma berdua aja kak?” mereka bertanya pada aku dan Anggun, partner in climbing.
“Temen-temennya udah pada nikah ya?” timpal yang lain.
“Iya, udah punya anak malahan.” Kata Anggun.
“Terus kenapa kalian masih naik gunung? Kapan naik pelaminan?”
2

Sholat Saat Berkendara

Buat kamu yang suka pergi jalan-jalan ke luar kota pakai kereta atau bis, pernah nggak sih kalian memperhatikan orang-orang di sekeliling kalian menjalankan ibadah sholat subuh saat waktunya tiba?

Bukannya aku berburuk sangka, tapi dari sekian banyak orang yang terlihat, hanya segelintir orang yang menjalankannya. Mungkin aku tertidur saat mereka sholat, atau mungkin mereka sedang haid (bagi wanita), atau mungkin memang mereka tidak menjalankannya karena non muslim. Semoga saja demikian. Karena rasanya sedih kalau lihat sesama muslim tidak menjalankan kewajibannya dengan benar dan aku tidak punya keberanian untuk mengingatkan.
0

Pemain Drama Jepang Tak Kusukai

Wahai para pecinta drama, pernah nggak sih kalian nggak mau nonton drama gegara nggak suka sama pemainnya? Dan apa sih yang membuat kalian nggak suka aktor/aktris tersebut?

Aku sendiri punya daftar pemain drama Jepang yang tak sukai dan biasanya aku tak akan menonton drama terbaru mereka (kecuali dramanya memang hits dimana-mana). Dan alasanku tidak menyukai para pemain itu bukan karena aktingnya kurang bagus atau mereka kurang tampan/cantik, tapi lebih karena karakter yang mereka mainkan. Ya bukan salah mereka sih ya dapat peran seperti itu. Tapi bawaannya jadi kesal kalau lihat mereka. Hahaha.
0

Cara Menambahkan Lagu/Songbook ke Smule

Sekarang ini siapa sih yang tak tahu Smule, aplikasi untuk karaokean secara online, sangat cocok untuk kita-kita yang suka menyanyi. Tapi, pernah nggak sih, saat kita ingin menyanyikan sebuah lagu, ternyata lagu tersebut tidak ada. Aku sih sering.

Terus gimana dong? 
Daripada nunggu orang lain memasukkan lagu kesukaan kita ke Songbook Smule, kenapa nggak kita sendiri aja.

Caranya gampang kok. Yuk ikuti langkah-langkah berikut.
1. Buka www.smule.com di desktop (PC/Laptop), jangan lewat HP yaa
2. Login dan masuk ke Profile
3. Klik tombol Upload yang ada di sebelah kiri tanda lonceng Notifikasi
Tekan tombol Upload
4

Konsisten Ngeblog dengan Sistem "Daily Theme Schedule"

Segala sesuatunya harus diawali dengan niat. Tapi niat yang kuat tanpa diikuti usaha takkan ada hasilnya. Misalnya saja aku yang di awal tahun membuat resolusi;
- blogwalking minimal dengan meninggalkan 1 komentar per hari
- update blog minimal seminggu sekali

Niatnya sudah bagus ya. Diawal-awal komitmen juga sudah terlaksanakan dengan baik. Sayangnya lama kelamaan menjadi tidak konsisten, males-malesan, dan tidak mau berusaha untuk mengejar ketinggalan. Hmm.. kenapa bisa demikian ya? Maybe it will be bored when doing routinity

Baiklah, sepertinya butuh kreativitas dan inovasi agar kita bisa terus konsisten dalam hal-hal yang positif termasuk urusan update blog.
0

[Review] Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu - We Married as Job

Ah, rasanya sudah lama aku tidak menonton drama Jepang, mungkin karena web tempat biasa aku download, ainodorama.web.id, berjalan begitu lambat, jarang update. Ada beberapa alasan yang menjadi penyebabnnya;
  1. Subtitle Inggris nya memang belum ada
  2. Translatornya sedang sibuk
Meski demikian, aku tetap setia menanti update drama di web tersebut karena sudah bisa dipastikan drama yang didownload ada subtitle bahasa Indonesianya. Jika asal download di tempat lain, pastikan sudah ada subtitlenya atau tidak. Yang biasa terjadi, lihat cover dramanya bagus, sinopsisnya oke, pemainnya keren-keren, setelah didownload videonya, ternyata belum ada yang nge-sub sama sekali. 
0

Contoh Soal TKB (Tes Kompetensi Bidang)

Lolos dari TKD, kita akan lanjut ke TKB (Tes Kompetensi Bidang). Sesuai dengan namanya, tes ini akan berbeda satu sama lain sesuai dengan formasi masing-masing. Jadi, soal untuk dokter akan sangat berbeda dengan soal untuk guru.

Tak seperti TKD, contoh soal untuk TKB akan sangat susah ditemukan di internet, apalagi untuk mereka yang mengambil formasi Programmer Web. Duh! Aku searching sana sini tak menemukan hasil yang berarti. Akhirnya aku pasrah dan hanya belajar seadanya.

Jika ditanya apakah perlu belajar? Semua tergantung pada pribadi masing-masing. Aku termasuk orang yang malas belajar, apalagi untuk hapalan. Tapi semalas-malasnya aku, setidakseriusnya aku dalam belajar, aku akan tetap membaca materi. Semua itu semata-mata bukan agar aku menguasai materi, tapi untuk meyakinkan diriku sendiri bahwa aku sudah belajar sehingga apapun hasilnya, aku akan menerimanya.

Tes Kompetensi Dasar (TKD) Menggunakan Sistem CAT (Computer Assisted Test)

Salah satu kebijakan Bapak Jokowi di awal jabatannya sebagai Presiden RI adalah adanya moratorium PNS yaitu penundaan/penghentian perekrutan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan alasan biaya belanja pegawai semakin membengkak dan membuat APBN dan APBD kewalahan.

Jujur aku kecewa dengan kebijakan tersebut karena sedari awal aku ingin mendaftar CPNS setelah selesai kuliah S1. Sayangnya sebelum aku lulus, moratorium itu telah berlaku dan akan tetap berlaku hingga tahun 2019. Padahal aku ingin merasakan euforia dalam memperebutkan kursi PNS.

Seiring berjalannya waktu, karena lowongan PNS memang tidak dibuka, akhirnya aku memasukkan curriculum vitae (CV) ke portal-portal lowongan kerja seperti http://jobstreet.co.id/, http://www.jobs.id/, hingga menjadi anggota di http://ecc.ft.ugm.ac.id/. Beberapa kali aku mendapat undangan untuk mengikuti tes kerja. Tiga diantaranya aku ikuti prosesnya, namun karena masih belum jodohnya, maka selalu ada alasan untuk berhenti dan terhenti ke proses berikutnya.
Powered by Blogger.
Back to Top