Boarding Pass Kereta Api

Saturday, September 03, 2016
Beberapa waktu yang lalu ada yang tanya padaku "mia, emang tiket kereta api bisanya dicetak H-12jam dari tanggal keberangkatan ya?"
"Haa? Masak sih? Kemaren pas aku pulang tanggal 11 Juli, tiketnya aku cetak di bulan Mei." kataku.

Di lain hari, aku bertanya pada temanku yang orang tuanya akan bepergian menggunakan kereta, "Mbak, kemarin bisa cetak tiket di stasiun Bekasi?"
"Enggak bisa. Harus di stasiun keberangkatan."
"Haa? Masak sih?"

Hmm. Sepertinya aku ketinggalan info seputar per-kereta-api-an. Aku pun mencari tahu dengan menghubungi customer service PT. KAI di 121. Info yang ku dapat, per 26 Juli 2016 sudah diberlakukan Boarding Pass untuk kereta api. 

Info itu benar adanya setelah aku membuktikannya sendiri, saat pulang kampung Agustus lalu. Beginilah penampakan boarding pass yang berlaku sebagai tiket masuk kereta api.
Boarding Pass
Sebelumnya boarding pass ini hanya berlaku di Stasiun Gambir. Namun sekarang, setiap stasiun telah menerapkan penggunaan boarding pass tersebut. 

Boarding pass dicetak di stasiun keberangkatan, minimal 12 jam sebelum keberangkatan. Tujuan diberlakukannya boarding pass ini untuk menghindari kehilangan tiket yang dicetak jauh-jauh hari.

Jika biasanya aku selalu cetak tiket di statiun Bekasi, kini aku tak bisa lagi. Aku harus mencetaknya di stasiun Pasar Senen. Ku lihat, mesin cetak tiket mandiri sudah diperbanyak di stasiun Pasar Senen. Jadi, kita tak perlu khawatir harus mengantri lama dan ketinggalan kereta. Hanya satu hal yang aku sayangkan, lokasi cetak tiket mandiri di stasiun Pasar Senen kurang terjangkau. Letaknya di belakang. Kita harus melewati depan peron masuk terlebih dahulu untuk mencetak boarding pass dan ini sangat tidak efektif.

Jika kita seorang diri, bawa barang banyak, maka akan sangat kerepotan. Menenteng barang bawaan ke belakang menuju mesin cetak tiket mandiri, dan kembali menuju pintu masuk peron yang sudah dilewati.

Di stasiun Jenar (stasiun kedatangan) ku lihat mesin cetak tiket mandiri berdiri gagah di depan peron. Jadi tak perlu jalan jauh untuk mencetak boarding pass. Sementara itu, di Stasiun Wates, untuk mendapatkan boarding pass harus melalui petugas yang ada di loket karena belum tersedia mesin cetak tiket mandiri.

Bagaimana pengalaman berkeretamu?

5 comments:

  1. Sistemnya cepet banget ganti ya... Semoga makin baik aja deh yaaa perkeretaan Indonesia...

    ReplyDelete
  2. mba keberangkatan ku kan dari st bekasi bisa kan aku boarding pass di st bekasi juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya, boarding pass dicetak di stasiun keberangkatan. jadi klo keberangkatan dari bekasi, ya seharusnya bisa.

      kalau boleh tau, kereta apa ya? soalnya saya jarang naik yang dari st. bekasi

      Delete
  3. Hai mba, klo boleh tau mesin cetak tiket untuk di stasiun Bekasi ada di sebelah mana ya? Kebetulan aku mau ke bandung, dan berangkat dari stasiun bekasi.

    ReplyDelete
  4. One of the fundamental parts of a board is to be proactive about setting the drawn out bearing for the association. discountskateboardsonline

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.